Portal Berita Ekonomi Rabu, 12 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:35 WIB. Samsung - Samsung kolaborasi dengan Tesla kembangkan mobil otonom. 
  • 16:32 WIB. Facebook - Facebook akui bertemu dengan kedua Paslon Pilpres 2019.
  • 16:30 WIB. GoPro - GoPro pindahkan pabrik keluar China.
  • 16:29 WIB. Grab - Grab sebar diskon ongkir hingga 80% saat Harbolnas. 
  • 16:00 WIB. IHSG - Penutupan sesi II, HSG menguat 0,64% ke level 6.115,58. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Valuasi Tokopedia naik menjadi US$7 miliar. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Tokopedia dapat suntikan dana US$1,1 miliar dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group.

Lebih Penting Mana, Ide dan Strategi atau Pendanaan Awal pada Startup?

Foto Berita Lebih Penting Mana, Ide dan Strategi atau Pendanaan Awal pada Startup?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Awal membangun sebuah startup ternyata yang paling penting bukanlah masalah pendanaan, melainkan ide dan strategi yang tepat. Mengapa demikian?

Tidak ada kelangkaan pikiran kreatif yang mampu memastikan usaha seorang wirausaha yang paling inovatif dan sukses. Tapi ya, pasti ada kelangkaan investor yang dapat membiayai pertumbuhan usaha bisnis pemula. Kurangnya pendanaan benih atau modal awal, yang diperlukan untuk mengipasi pertumbuhan substansial dari bisnis yang baru didirikan, mengarah ke goyah pengusaha muda yang tak terhitung jumlahnya.

Memulai sebuah perusahaan tidak pernah terlalu mudah; perjalanan penuh dengan kesulitan. Meyakinkan para investor bahwa ide besar akan membuahkan hasil menjadi terdengar omong kosong, karena itu bukanlah kata baru bagi pendiri startup. Tapi, kemudian sekitar $ 3,6 miliar telah dilakukan di 411 penawaran startup selama semester pertama tahun 2018 (Sumber: Economic Times). Akun investasi ini hanya merupakan startup berkualitas yang mampu menonjol di tahap benih dan sekarang membuat kemajuan yang patut dipuji dalam ekosistem pasar. Setelah terhubung dengan salah satu investor terkemuka, ini adalah jenis promosi dan iklan lain untuk startup.

Lalu, apakah benar pendanaan adalah satu-satunya kisah sukses atau malah kegagalan untuk sebuah startup? Berikut penjelasannya:

Ide besar berubah menjadi kecil

Ide bisnis adalah hal pertama yang meramalkan masa depan usaha startup. Layanan atau produk apa yang akan diberikan perusahaan startup kepada pelanggan? Bagaimana nilai tambahnya bila dibandingkan dengan ratusan pesaing? Di mana inovasi datang ke dalam gambar? Sektor apa yang akan menjadi penerima manfaat dari penawaran baru? Semua hal ini berarti sesuatu yang besar dan tentu lebih besar dari serangkaian gagasan awal.

Model bisnis inovatif jika tidak unik

Dengan setiap startup diluncurkan, mungkin ada ratusan pendahulunya dan penerusnya yang datang untuk survei. Seberapa unikkah model bisnis startup membuatnya berbeda dan menyertainya ke dalam kesuksesan? Sesuai laporan survei IBM Institute for Business Value yang dilakukan bekerja sama dengan Oxford Economics 2017, kegagalan 90% dari startup yang tergabung dijamin karena kurangnya inovasi adalah salah satu alasan utama.

Satu, dua atau lebih—ide bisnis serupa datang ke banyak orang di seluruh dunia. Namun, satu model bisnis yang unik tidak pernah datang ke satu dan semua, dan Google adalah contoh nyata dari hal ini. Ketika Google diluncurkan pada tahun 1998, banyak yang menggaruk-garuk kepala mereka untuk mendesain mesin pencari web canggih. Namun, sepertinya tidak ada yang melakukannya seperti Google Search Technology. Awalnya bisnis Google adalah membuat algoritme seperti itu yang membantu pengguna online menemukan jawaban terbaik untuk pertanyaan dari kumpulan konten online yang terus berkembang. Hari ini, Google memperoleh 95% dari pendapatannya melalui iklan mesin pencari dan Adsense.

Kesadaran Merek & Pemasaran meningkat pada kesempatan ini

Di mana kesadaran Merek & Pemasaran penting untuk setiap UKM dan itu memegang signifikansi tektonik untuk startupStartup masuk ke pasar dengan nama yang tidak pernah didengar dan identitas yang tidak pernah diakui—mereka harus sangat berinvestasi dalam upaya kesadaran merek mereka dan strategi pemasaran.

Enam tahun lalu, Dollar Shave Club mengunggah video di mana direktur perusahaan memberi tahu pemirsa mengapa alat cukur mereka sangat bagus di industri. Mengambil topik yang membosankan, mereka menciptakan iklan produk lucu dan paling menghibur yang pernah dilihat lebih dari 22 juta kali hingga sekarang. Ini meraih perhatian dunia dan membuat organisasi sukses besar. Setelah kesuksesan pemasaran video yang luar biasa ini, perusahaan ini menerima 45 karyawan baru, menjadi senilai $ 615 juta pada tahun 2015 dan telah diakuisisi oleh Unilever seharga $ 1 Miliar dalam semua uang tunai.

Startup harus fokus pada peningkatan produk, layanan, dan operasi sambil menggandakan upaya pemasaran mereka. Tentunya, pendanaan adalah salah satu prasyarat penting yang mendorong kemerosotan dan kemajuan startup, tetapi ini bukan satu-satunya.

Tag: Startup

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Helloquence

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6076.587 -34.773 620
2 Agriculture 1506.543 8.473 20
3 Mining 1747.761 9.817 47
4 Basic Industry and Chemicals 820.676 -23.288 71
5 Miscellanous Industry 1382.059 4.150 45
6 Consumer Goods 2483.389 -20.063 49
7 Cons., Property & Real Estate 444.822 -4.105 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1031.916 -11.848 71
9 Finance 1162.012 -1.035 91
10 Trade & Service 790.383 -0.185 153
No Code Prev Close Change %
1 SOTS 280 350 70 25.00
2 DEAL 394 492 98 24.87
3 OASA 246 298 52 21.14
4 TFCO 650 780 130 20.00
5 MERK 6,475 7,725 1,250 19.31
6 KPAS 505 600 95 18.81
7 RODA 388 450 62 15.98
8 PTSN 805 920 115 14.29
9 PDES 1,500 1,700 200 13.33
10 ARTA 406 458 52 12.81
No Code Prev Close Change %
1 TRIO 290 220 -70 -24.14
2 YPAS 725 570 -155 -21.38
3 NUSA 158 136 -22 -13.92
4 RIMO 186 162 -24 -12.90
5 LUCK 705 615 -90 -12.77
6 MPOW 120 105 -15 -12.50
7 KPAL 338 300 -38 -11.24
8 CPIN 7,000 6,300 -700 -10.00
9 SILO 3,850 3,500 -350 -9.09
10 LPIN 950 865 -85 -8.95
No Code Prev Close Change %
1 RIMO 186 162 -24 -12.90
2 SRIL 366 370 4 1.09
3 KPAS 505 600 95 18.81
4 NUSA 158 136 -22 -13.92
5 PTBA 4,020 4,280 260 6.47
6 TLKM 3,680 3,620 -60 -1.63
7 WSKT 1,845 1,795 -50 -2.71
8 BHIT 57 60 3 5.26
9 BBRI 3,610 3,620 10 0.28
10 DEAL 394 492 98 24.87