Portal Berita Ekonomi Minggu, 19 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:14 WIB. Kebakaran - Kebakaran Plaza Kalibata sudah dalam penanganan petugas. 
  • 19:13 WIB. Industri - Industri makanan dan minuman siap saji tetap ekpansif di tahun 2019. 
  • 19:12 WIB. Akuntansi - Radana Finance siap implementasikan standar akuntansi PSAK 71.
  • 19:12 WIB. Alumunium - Harga alumunium berpotensi menguat di tengah polemik perang dagang. 
  • 17:23 WIB. Infrastruktur - Menhub cek kesiapan penerapan one way dari Cikarang hingga Brebes. 
  • 17:21 WIB. Finansial - BCA naikkan pencadangan pembiayaan BCA Finance 1,7%.
  • 17:21 WIB. Batubara - PTBA jual batubara kalori tinggi 526.000 ton hingga April 2019.
  • 17:20 WIB. Pajak - Sri Mulyani: Gerakan boikot bayar banyak penolakan.
  • 17:18 WIB. Hijab - Produsen hijab Marbi rilis produk hijab anti tembem baru.

Lebih Penting Mana, Ide dan Strategi atau Pendanaan Awal pada Startup?

Lebih Penting Mana, Ide dan Strategi atau Pendanaan Awal pada Startup? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Awal membangun sebuah startup ternyata yang paling penting bukanlah masalah pendanaan, melainkan ide dan strategi yang tepat. Mengapa demikian?

Tidak ada kelangkaan pikiran kreatif yang mampu memastikan usaha seorang wirausaha yang paling inovatif dan sukses. Tapi ya, pasti ada kelangkaan investor yang dapat membiayai pertumbuhan usaha bisnis pemula. Kurangnya pendanaan benih atau modal awal, yang diperlukan untuk mengipasi pertumbuhan substansial dari bisnis yang baru didirikan, mengarah ke goyah pengusaha muda yang tak terhitung jumlahnya.

Memulai sebuah perusahaan tidak pernah terlalu mudah; perjalanan penuh dengan kesulitan. Meyakinkan para investor bahwa ide besar akan membuahkan hasil menjadi terdengar omong kosong, karena itu bukanlah kata baru bagi pendiri startup. Tapi, kemudian sekitar $ 3,6 miliar telah dilakukan di 411 penawaran startup selama semester pertama tahun 2018 (Sumber: Economic Times). Akun investasi ini hanya merupakan startup berkualitas yang mampu menonjol di tahap benih dan sekarang membuat kemajuan yang patut dipuji dalam ekosistem pasar. Setelah terhubung dengan salah satu investor terkemuka, ini adalah jenis promosi dan iklan lain untuk startup.

Lalu, apakah benar pendanaan adalah satu-satunya kisah sukses atau malah kegagalan untuk sebuah startup? Berikut penjelasannya:

Ide besar berubah menjadi kecil

Ide bisnis adalah hal pertama yang meramalkan masa depan usaha startup. Layanan atau produk apa yang akan diberikan perusahaan startup kepada pelanggan? Bagaimana nilai tambahnya bila dibandingkan dengan ratusan pesaing? Di mana inovasi datang ke dalam gambar? Sektor apa yang akan menjadi penerima manfaat dari penawaran baru? Semua hal ini berarti sesuatu yang besar dan tentu lebih besar dari serangkaian gagasan awal.

Model bisnis inovatif jika tidak unik

Dengan setiap startup diluncurkan, mungkin ada ratusan pendahulunya dan penerusnya yang datang untuk survei. Seberapa unikkah model bisnis startup membuatnya berbeda dan menyertainya ke dalam kesuksesan? Sesuai laporan survei IBM Institute for Business Value yang dilakukan bekerja sama dengan Oxford Economics 2017, kegagalan 90% dari startup yang tergabung dijamin karena kurangnya inovasi adalah salah satu alasan utama.

Satu, dua atau lebih—ide bisnis serupa datang ke banyak orang di seluruh dunia. Namun, satu model bisnis yang unik tidak pernah datang ke satu dan semua, dan Google adalah contoh nyata dari hal ini. Ketika Google diluncurkan pada tahun 1998, banyak yang menggaruk-garuk kepala mereka untuk mendesain mesin pencari web canggih. Namun, sepertinya tidak ada yang melakukannya seperti Google Search Technology. Awalnya bisnis Google adalah membuat algoritme seperti itu yang membantu pengguna online menemukan jawaban terbaik untuk pertanyaan dari kumpulan konten online yang terus berkembang. Hari ini, Google memperoleh 95% dari pendapatannya melalui iklan mesin pencari dan Adsense.

Kesadaran Merek & Pemasaran meningkat pada kesempatan ini

Di mana kesadaran Merek & Pemasaran penting untuk setiap UKM dan itu memegang signifikansi tektonik untuk startupStartup masuk ke pasar dengan nama yang tidak pernah didengar dan identitas yang tidak pernah diakui—mereka harus sangat berinvestasi dalam upaya kesadaran merek mereka dan strategi pemasaran.

Enam tahun lalu, Dollar Shave Club mengunggah video di mana direktur perusahaan memberi tahu pemirsa mengapa alat cukur mereka sangat bagus di industri. Mengambil topik yang membosankan, mereka menciptakan iklan produk lucu dan paling menghibur yang pernah dilihat lebih dari 22 juta kali hingga sekarang. Ini meraih perhatian dunia dan membuat organisasi sukses besar. Setelah kesuksesan pemasaran video yang luar biasa ini, perusahaan ini menerima 45 karyawan baru, menjadi senilai $ 615 juta pada tahun 2015 dan telah diakuisisi oleh Unilever seharga $ 1 Miliar dalam semua uang tunai.

Startup harus fokus pada peningkatan produk, layanan, dan operasi sambil menggandakan upaya pemasaran mereka. Tentunya, pendanaan adalah salah satu prasyarat penting yang mendorong kemerosotan dan kemajuan startup, tetapi ini bukan satu-satunya.

Tag: Startup

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Helloquence

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,877.91 3,838.59
British Pound GBP 1.00 18,596.48 18,410.88
China Yuan CNY 1.00 2,111.71 2,090.79
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,541.00 14,397.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,030.38 9,923.85
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,852.45 1,834.08
Dolar Singapura SGD 1.00 10,592.99 10,486.56
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,253.93 16,091.53
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,487.05 3,449.21
Yen Jepang JPY 100.00 13,229.92 13,095.32

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5826.868 -68.870 633
2 Agriculture 1361.882 7.481 21
3 Mining 1598.997 5.603 47
4 Basic Industry and Chemicals 690.248 -7.582 71
5 Miscellanous Industry 1172.940 -12.924 46
6 Consumer Goods 2346.553 -28.106 52
7 Cons., Property & Real Estate 429.151 -1.563 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1057.675 -16.951 74
9 Finance 1163.676 -20.827 90
10 Trade & Service 782.534 -2.899 156
No Code Prev Close Change %
1 IIKP 50 65 15 30.00
2 JAST 368 460 92 25.00
3 POSA 370 462 92 24.86
4 APEX 700 840 140 20.00
5 TMPO 156 184 28 17.95
6 SAPX 710 835 125 17.61
7 GOLD 476 555 79 16.60
8 ABMM 1,425 1,650 225 15.79
9 MBTO 121 137 16 13.22
10 AMFG 4,600 5,200 600 13.04
No Code Prev Close Change %
1 SKBM 380 300 -80 -21.05
2 YPAS 660 525 -135 -20.45
3 KKGI 218 185 -33 -15.14
4 GHON 1,400 1,200 -200 -14.29
5 SOCI 226 195 -31 -13.72
6 RDTX 7,000 6,175 -825 -11.79
7 LTLS 675 600 -75 -11.11
8 MYTX 73 65 -8 -10.96
9 TNCA 292 260 -32 -10.96
10 MASA 515 460 -55 -10.68
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,860 3,790 -70 -1.81
2 MNCN 890 920 30 3.37
3 BPTR 92 100 8 8.70
4 POSA 370 462 92 24.86
5 BBCA 26,400 25,900 -500 -1.89
6 TLKM 3,600 3,510 -90 -2.50
7 WAPO 89 83 -6 -6.74
8 BMRI 7,350 7,075 -275 -3.74
9 BBNI 8,175 8,100 -75 -0.92
10 UNTR 24,850 24,825 -25 -0.10