Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Tanda Produk Bisnis Tidak Mendarat dengan Baik di Tangan Customer

5 Tanda Produk Bisnis Tidak Mendarat dengan Baik di Tangan Customer Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Desain situs web suatu bisnis dirasa perlu untuk membuat pelanggan menjadi jelas mengerti tentang produk yang ditawarkan oleh pebisnis tersebut. Namun, sayangnya tidak semua bisnis membuat itu menjadi jelas.

Beberapa bisnis memiliki kekacauan di beranda mereka, kerap membuat pengunjung menjadi sulit mengerti. Bahkan, 75 persen konsumen yang disurvei dalam penelitian oleh Stanford mengatakan bahwa mereka menilai kredibilitas perusahaan dengan desain situs webnya.

Ketidakjelasan seperti itu tidak hanya berlaku untuk situs web. Ini bisa menjadi masalah di email Anda, proses penjualan Anda, bahkan toko fisik Anda. Dan kurangnya kejelasan itu dapat meresahkan, karena membingungkan pelanggan Anda, dan pelanggan yang bingung akan mengurungkan niatnya untuk membeli produk Anda. Anda perlu memastikan bisnis Anda terfokus untuk memastikan pengalaman positif. Itu berarti memastikan tidak ada pertanyaan pelanggan yang tidak terjawab.

Mulai saat ini, Anda harus terfokus untuk memastikan bisnis Anda memberikan penjelasan dengan rinci, dan semua kebutuhan atau rasa ingin tahu pelanggan dapat Anda penuhi. Beberapa kerugian yang akan Anda dapatkan jika pelanggan Anda tidak menemukan jawaban dari pertanyaan mereka untuk bisnis Anda, berikut ulasannya:

1. Statistik situs web Anda tampak tidak aktif.

Kami cenderung menganggap bahwa kebanyakan orang tahu apa yang harus dilakukan ketika mereka datang ke situs web. Tetapi jika situs web Anda tidak teratur atau berantakan, pelanggan mungkin tidak tahu ke mana harus pergi ketika mereka sampai di sana.

Mungkin pelanggan ingin menghubungi Anda, tetapi informasi kontak Anda tidak tampak. Atau mungkin dia ingin membeli produk langsung dari situs Anda, tetapi proses checkout terlalu terkesan ribet. Jika sesuatu di situs web Anda tidak aktif, statistik Anda akan menunjukkannya. Anda mungkin akan melihat banyak pengunjung, tetapi mereka hanya datang dan tidak pernah kembali, dan jumlah waktu yang mereka habiskan di situs Anda mungkin rendah.

2. Pelanggan ragu-ragu.

Ketika pelanggan berada dalam fase keputusan, Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk menyegel kesepakatan dan mendorong mereka bersama dengan keputusan mereka. Jika mereka bergumam atau tidak bisa membuat keputusan itu, pasti ada yang salah.

Bisa jadi mereka tidak memiliki semua informasi yang mereka butuhkan. Jika mereka bingung tentang sesuatu, itu tugas Anda untuk menenangkan pikiran mereka. Pastikan Anda terbuka dengan pelanggan Anda, dan tawarkan bantuan dengan pertanyaan atau kekhawatiran apa pun yang mungkin mereka miliki. FAQ, opsi obrolan langsung, video, dan halaman sumber daya produk dapat sangat membantu di sini.

3. Pelanggan tidak tahu cara menggunakan produk.

Apakah ada satu pertanyaan yang terus muncul lagi dan lagi dari pelanggan Anda? Jika Anda terus-menerus mendapatkan pertanyaan yang sama tentang produk atau layanan Anda, itu tandanya jawaban Anda harus lebih jelas.

Pelanggan tidak perlu menghubungi tim dukungan Anda untuk masalah sederhana. Anda perlu mempermudah pelanggan untuk menggunakan produk dan layanan Anda. Semakin Anda dapat mempersiapkan pelanggan dan mengantisipasi kebutuhan mereka, semakin puas mereka.

4. Pelanggan mengeluh.

Menurut sebuah survei oleh American Express, tujuh dari sepuluh konsumen di Amerika Serikat telah menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan bisnis dengan perusahaan yang menawarkan layanan hebat. Dukungan pelanggan yang sangat baik adalah kunci keberhasilan bisnis Anda, dan tanpa itu, pelanggan akan merasa tidak senang.

Ketika pelanggan tidak puas dengan tingkat layanan yang mereka terima, Anda akan mendengarnya. Jika Anda mendapatkan banyak keluhan atau melihat banyak pengembalian produk, mungkin ada yang salah.

Untuk menghindari hal itu, Anda harus mendapatkan akar masalah dan mencari tahu penyebab ketidakbahagiaan pelanggan Anda. Apakah tim layanan pelanggan Anda? Waktu pengiriman yang lambat? Atau sesuatu yang lebih dalam? Anda mungkin menyebabkan kebingungan di suatu tempat dalam perjalanan pelanggan. Introspeksi itu penting.

5. Penjualan menurun.

Jika Anda tidak menjual, ada sesuatu yang salah. Sesederhana itu. Jika penjualan secara konsisten menurun, Anda harus kembali dan mencari tahu di mana masalahnya.

Pelanggan ingin tahu apa yang mereka hadapi ketika mereka melakukan pembelian. Anda perlu memperjelas apa yang Anda tawarkan, mengapa pelanggan harus membeli dari Anda dan bagaimana tepatnya mereka dapat membeli.

Kuncinya di sini adalah kejelasan. Pelanggan tidak akan melompat melalui lingkaran untuk membeli produk Anda. Anda perlu membimbing mereka melalui penjualan dengan memastikan pertanyaan mereka dijawab sebelum mereka bertanya kepada Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: