Portal Berita Ekonomi Sabtu, 20 Oktober 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:28 WIB. Huawei - Huawei pastikan kelahiran ponsel 5G layar lipat Juni 2019.
  • 08:27 WIB. NASA - NASA abadikan Albert Einstein jadi nama rasi bintang.
  • 08:24 WIB. WeChat Pay - WeChat Pay asal China rambah pasar Amerika.
  • 08:21 WIB. Tokopedia - Tokopedia bakal ganti TokoCash dengan Ovo.
  • 08:20 WIB. Facebook - Investor Facebook mau tendang Zuckerberg dari posisi chairman.
  • 08:05 WIB. Kashoggi - Pemerintah Arab Saudi mengonfirmasi Jamal Kashoggi meninggal dunia di Konsulat Arab di Turki.
  • 08:01 WIB. Hino - Hino Motors Sales Indonesia menggelar Safety Riding Competition di Surabaya.
  • 06:37 WIB. Ligue 1 Prancis - Lyon 2 vs 0 Nimes
  • 06:35 WIB. Bundesliga Jerman - Eintracht Frankfrut 7 vs 1 Fortuna Duesseldorf
  • 06:33 WIB. La Liga Spanyol - Celta Vigo 0 vs 1 Deportivo Alaves
  • 19:02 WIB. Khashoggi - Otoritas Turki mengatakan belum membagikan audio terkait dengan pembunuhan Khashoggi dengan siapa pun.

4 Strategi Guna Tingkatkan Layanan Customer Service

Foto Berita 4 Strategi Guna Tingkatkan Layanan Customer Service
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Banyak perusahaan berada di bawah khayalan bahwa mereka menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik padahal sebenarnya tidak. Sebuah laporan dari Layanan Pelanggan benchmark, yang dikutip dari Entrepreneur.com, mengungkapkan bahwa sementara 80 persen dari bisnis yang disurvey percaya bahwa mereka menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik, namun hanya 8 persen dari pelanggan mereka yang setuju bahwa itu benar.

Tentu saja, tidak ada dua perusahaan yang sama. Tetapi perusahaan yang sukses memiliki banyak kesamaan dalam hal memberikan jenis layanan terbaik, dan mereka didasarkan pada empat strategi berikut:

1. Kenali pelanggan Anda.

Dasar dari memberikan layanan pelanggan yang sangat baik adalah mengembangkan hubungan yang erat dengan pelanggan Anda. Mengetahui pelanggan Anda memberi Anda kesempatan untuk memberikan perawatan yang dipersonalisasi kepada mereka.

Untuk mengenal pelanggan Anda, Anda mungkin harus melakukan survei, berhubungan dengan mereka melalui kehadiran media sosial Anda, mengajukan pertanyaan kepada mereka, mendengarkan mereka dan berusaha memahaminya, tapi ingat, jangan membuat asumsi. Ketika Anda melakukan upaya ekstra untuk melayani pelanggan Anda lebih baik, mereka akan kembali.

2. Perbaiki kesalahan Anda.

Kesalahan layanan pelanggan, seperti overpromising dan under-delivery, dapat menjadi kesalahan mahal. Tidak ada yang sempurna, tetapi pada saat Anda atau perwakilan layanan pelanggan Anda melakukan kesalahan, penting untuk membuat perubahan secepat mungkin.

Tujuannya adalah untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi setiap saat. Bahkan ketika Anda bersalah secara tidak langsung, kadang-kadang ada baiknya untuk masuk untuk memperbaiki masalah hanya demi memastikan bahwa pelanggan Anda senang dan reputasi perusahaan Anda dilindungi.

Misalnya, pada tahun 2007,  Amazon masuk untuk membantu pelanggan yang paketnya hilang setelah tetangganya menerima paket atas namanya. Pelanggan telah memesan PlayStation untuk Natal untuk putranya.

Orang-orang layanan pelanggan Amazon tidak ada hubungannya dengan hilangnya paket tetapi mengambilnya sendiri untuk memberikan PlayStation baru dan tidak meminta biaya pengiriman tambahan. Sikap itu dapat mengubah si penerima paket menjadi pelanggan tetap, bukannya?

3. Bijaklah.

Orang lebih suka berurusan dengan perusahaan yang lebih manusiawi. Sebuah perusahaan yang menunjukkan kepedulian dan perhatian yang tulus untuk pelanggannya. Konsumen senang merasa istimewa dan menghargai usaha yang dilakukan perusahaan untuk membuat mereka merasa seperti itu.

Isyarat yang bijaksana seperti mengingat nama pelanggan, mengirimkan ucapan terima kasih bersama dengan pesanan atau merayakan ulang tahun pelanggan mungkin tampak sederhana atau bahkan tidak signifikan, tetapi mereka dapat membuat perusahaan Anda disayangi oleh klien Anda.

4. Tanggapi pertanyaan dengan cepat.

Menurut penelitian oleh Frost Consulting, sebuah perusahaan riset, 41 persen konsumen yang disurvei mengatakan bahwa ditahan adalah salah satu frustrasi terbesar mereka. Dan, sejujurnya, statistik itu mungkin hanya menggaruk permukaan karena tidak ada yang suka ditunda.

Bahkan,  menurut statistik yang disediakan di blog Fonolo,  82 persen pelanggan dalam satu survei mengatakan bahwa seberapa cepat perusahaan menyelesaikan masalah mereka, dapat menentukan apakah perusahaan tersebut menyediakan layanan pelanggan yang baik atau tidak. Konsumen menghargai kecepatan pengiriman seperti halnya mereka menghargai memiliki produk atau layanan mereka dalam serangkap.

Tag: customer service, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,077.46 4,036.30
British Pound GBP 1.00 19,921.28 19,721.82
China Yuan CNY 1.00 2,204.59 2,182.69
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 15,297.00 15,145.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,868.52 10,759.01
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,951.30 1,931.74
Dolar Singapura SGD 1.00 11,083.98 10,971.46
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,528.83 17,353.14
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,679.82 3,638.00
Yen Jepang JPY 100.00 13,610.64 13,474.20

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5837.291 -7.951 610
2 Agriculture 1574.400 -2.628 20
3 Mining 1909.966 -6.234 47
4 Basic Industry and Chemicals 757.451 4.747 70
5 Miscellanous Industry 1254.992 40.866 45
6 Consumer Goods 2471.957 -17.927 49
7 Cons., Property & Real Estate 409.115 1.009 71
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1046.955 -0.876 70
9 Finance 1054.067 -5.371 91
10 Trade & Service 792.965 -3.931 147
No Code Prev Close Change %
1 MAYA 6,950 8,150 1,200 17.27
2 NICK 138 159 21 15.22
3 APEX 1,780 2,000 220 12.36
4 HELI 85 94 9 10.59
5 DUCK 1,370 1,515 145 10.58
6 SMDM 133 145 12 9.02
7 RODA 350 378 28 8.00
8 MPRO 236 254 18 7.63
9 ACST 1,495 1,600 105 7.02
10 TBIG 5,050 5,375 325 6.44
No Code Prev Close Change %
1 MFMI 875 730 -145 -16.57
2 JAWA 160 138 -22 -13.75
3 CNTX 545 472 -73 -13.39
4 PNSE 875 770 -105 -12.00
5 RELI 256 228 -28 -10.94
6 LPLI 148 132 -16 -10.81
7 JKSW 68 62 -6 -8.82
8 RMBA 378 348 -30 -7.94
9 BISI 1,520 1,400 -120 -7.89
10 PSDN 208 192 -16 -7.69
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 332 344 12 3.61
2 BHIT 82 81 -1 -1.22
3 KPIG 136 135 -1 -0.74
4 PGAS 2,230 2,270 40 1.79
5 MNCN 790 780 -10 -1.27
6 TLKM 3,760 3,730 -30 -0.80
7 SCMA 1,785 1,725 -60 -3.36
8 ADRO 1,730 1,700 -30 -1.73
9 TARA 890 890 0 0.00
10 INKP 13,675 13,475 -200 -1.46