Portal Berita Ekonomi Rabu, 22 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:01 WIB. IHSG - IHSG ditutup melemah 0,20% ke level 5.939,64. 
  • 15:51 WIB. Akuisisi - Medco resmi mengakuisisi Ophir.
  • 15:50 WIB. Capex - Blue Bird gunakan capex Rp350 miliar di kuartal I 2019. 
  • 15:48 WIB. Dividen - Saratoga akan bagikan dividen Rp298,4 miliar.
  • 15:48 WIB. Saratoga - Meski rugi, Saratoga akan fokus menggeber investasi.
  • 15:47 WIB. AISA - Voting proposal perdamaian ASIA ditunda hingga esok pagi.
  • 15:46 WIB. Whatsapp - Pemerintah batasi akses Whatsapp guna hindari penyebaran hoaks. 
  • 15:45 WIB. Transportasi - Blue Bird bidik tiga kota sebagai wilayah operasional baru di tahun 2019.
  • 15:42 WIB. Bursa - Estika Tata Tiara bukukan laba Rp15,95 miliar di kuartal I 2019.
  • 15:41 WIB. Saratoga - Sandiaga sudah tidak masuk dalam manajemen Saratoga. 
  • 15:40 WIB. Rupiah - Rupiah melemah 0,33% ke level Rp14.528 per dolar AS.
  • 15:07 WIB. BIRD - Blue Bird menebar dividen sebesar Rp73 per saham.
  • 15:07 WIB. Transportasi - Kemenhub berencana menaikkan tarif 30% pada malam hari di lintas penyeberangan Merak—Bakauheni.
  • 15:06 WIB. Jamkrindo - Jamkrindo memproyeksikan akan menambah tiga mitra fintech tahun ini.
  • 15:06 WIB. BTN - BTN menargetkan rasio dana murah dari produk giro dan tabungan CASA akan naik 262 bps menjadi 46,02%.

4 Strategi Guna Tingkatkan Layanan Customer Service

4 Strategi Guna Tingkatkan Layanan Customer Service - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Banyak perusahaan berada di bawah khayalan bahwa mereka menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik padahal sebenarnya tidak. Sebuah laporan dari Layanan Pelanggan benchmark, yang dikutip dari Entrepreneur.com, mengungkapkan bahwa sementara 80 persen dari bisnis yang disurvey percaya bahwa mereka menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik, namun hanya 8 persen dari pelanggan mereka yang setuju bahwa itu benar.

Tentu saja, tidak ada dua perusahaan yang sama. Tetapi perusahaan yang sukses memiliki banyak kesamaan dalam hal memberikan jenis layanan terbaik, dan mereka didasarkan pada empat strategi berikut:

1. Kenali pelanggan Anda.

Dasar dari memberikan layanan pelanggan yang sangat baik adalah mengembangkan hubungan yang erat dengan pelanggan Anda. Mengetahui pelanggan Anda memberi Anda kesempatan untuk memberikan perawatan yang dipersonalisasi kepada mereka.

Untuk mengenal pelanggan Anda, Anda mungkin harus melakukan survei, berhubungan dengan mereka melalui kehadiran media sosial Anda, mengajukan pertanyaan kepada mereka, mendengarkan mereka dan berusaha memahaminya, tapi ingat, jangan membuat asumsi. Ketika Anda melakukan upaya ekstra untuk melayani pelanggan Anda lebih baik, mereka akan kembali.

2. Perbaiki kesalahan Anda.

Kesalahan layanan pelanggan, seperti overpromising dan under-delivery, dapat menjadi kesalahan mahal. Tidak ada yang sempurna, tetapi pada saat Anda atau perwakilan layanan pelanggan Anda melakukan kesalahan, penting untuk membuat perubahan secepat mungkin.

Tujuannya adalah untuk mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi setiap saat. Bahkan ketika Anda bersalah secara tidak langsung, kadang-kadang ada baiknya untuk masuk untuk memperbaiki masalah hanya demi memastikan bahwa pelanggan Anda senang dan reputasi perusahaan Anda dilindungi.

Misalnya, pada tahun 2007,  Amazon masuk untuk membantu pelanggan yang paketnya hilang setelah tetangganya menerima paket atas namanya. Pelanggan telah memesan PlayStation untuk Natal untuk putranya.

Orang-orang layanan pelanggan Amazon tidak ada hubungannya dengan hilangnya paket tetapi mengambilnya sendiri untuk memberikan PlayStation baru dan tidak meminta biaya pengiriman tambahan. Sikap itu dapat mengubah si penerima paket menjadi pelanggan tetap, bukannya?

3. Bijaklah.

Orang lebih suka berurusan dengan perusahaan yang lebih manusiawi. Sebuah perusahaan yang menunjukkan kepedulian dan perhatian yang tulus untuk pelanggannya. Konsumen senang merasa istimewa dan menghargai usaha yang dilakukan perusahaan untuk membuat mereka merasa seperti itu.

Isyarat yang bijaksana seperti mengingat nama pelanggan, mengirimkan ucapan terima kasih bersama dengan pesanan atau merayakan ulang tahun pelanggan mungkin tampak sederhana atau bahkan tidak signifikan, tetapi mereka dapat membuat perusahaan Anda disayangi oleh klien Anda.

4. Tanggapi pertanyaan dengan cepat.

Menurut penelitian oleh Frost Consulting, sebuah perusahaan riset, 41 persen konsumen yang disurvei mengatakan bahwa ditahan adalah salah satu frustrasi terbesar mereka. Dan, sejujurnya, statistik itu mungkin hanya menggaruk permukaan karena tidak ada yang suka ditunda.

Bahkan,  menurut statistik yang disediakan di blog Fonolo,  82 persen pelanggan dalam satu survei mengatakan bahwa seberapa cepat perusahaan menyelesaikan masalah mereka, dapat menentukan apakah perusahaan tersebut menyediakan layanan pelanggan yang baik atau tidak. Konsumen menghargai kecepatan pengiriman seperti halnya mereka menghargai memiliki produk atau layanan mereka dalam serangkap.

Tag: customer service, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,882.98 3,843.65
British Pound GBP 1.00 18,520.32 18,331.39
China Yuan CNY 1.00 2,110.39 2,089.52
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,560.00 14,416.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,018.74 9,918.21
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,854.97 1,836.55
Dolar Singapura SGD 1.00 10,569.11 10,463.82
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,256.24 16,089.70
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.51 3,442.63
Yen Jepang JPY 100.00 13,170.51 13,036.72

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5939.636 -11.736 633
2 Agriculture 1361.492 -5.285 21
3 Mining 1632.926 8.116 47
4 Basic Industry and Chemicals 709.884 -2.252 71
5 Miscellanous Industry 1221.755 0.311 46
6 Consumer Goods 2360.716 -10.039 52
7 Cons., Property & Real Estate 441.767 0.269 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1071.135 -9.732 74
9 Finance 1192.856 -1.238 90
10 Trade & Service 791.682 1.496 156
No Code Prev Close Change %
1 POOL 2,280 2,780 500 21.93
2 ARTA 400 486 86 21.50
3 JAYA 116 140 24 20.69
4 SKBM 372 446 74 19.89
5 ALDO 290 346 56 19.31
6 MTSM 166 198 32 19.28
7 INCF 266 312 46 17.29
8 DNAR 224 262 38 16.96
9 MASA 565 660 95 16.81
10 ALKA 338 390 52 15.38
No Code Prev Close Change %
1 POLA 1,250 940 -310 -24.80
2 POSA 398 300 -98 -24.62
3 SAPX 835 665 -170 -20.36
4 BELL 456 386 -70 -15.35
5 HITS 670 570 -100 -14.93
6 BBLD 500 442 -58 -11.60
7 DART 350 312 -38 -10.86
8 DEAL 795 710 -85 -10.69
9 CNTX 590 535 -55 -9.32
10 SOSS 396 360 -36 -9.09
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,750 3,770 20 0.53
2 TLKM 3,600 3,540 -60 -1.67
3 MAMI 132 135 3 2.27
4 NUSA 58 59 1 1.72
5 JAYA 116 140 24 20.69
6 CPIN 4,410 4,460 50 1.13
7 MNCN 945 950 5 0.53
8 TAMU 4,800 4,810 10 0.21
9 BMRI 7,250 7,300 50 0.69
10 BBCA 27,300 27,300 0 0.00