Portal Berita Ekonomi Rabu, 19 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:07 WIB. IHSG - IHSG dibuka koreksi 0.09% ke level 6.076,3 di awal perdagangan Rabu (19/12/2018).
  • 06:30 WIB. BRI Life -  BRI Life menargetkan perolehan premi senilai Rp8 triliun pada 2019.
  • 06:29 WIB. Mandiri - Mandiri dengan JCB International Indonesia menerbitkan kartu kredit JCB Precious.
  • 06:28 WIB. BTN - BTN bekerja sama dengan Jamkrindo dalam penjaminan kredit maupun ekspansi pembiayaan. 
  • 06:27 WIB. AP I - AP I memproyeksikan capex periode 2019—2023 mencapai Rp76 triliun.
  • 06:25 WIB. Perinus - Perinus menargetkan peningkatan hasil tangkapan sekitar 22,41% untuk tahun depan menjadi 35.127 ton.
  • 06:24 WIB. Pertamina - Pertamina menargetkan pembentukan perusahaan patungan bersama Saudi Aramco untuk proyek Kilang Cilacap dapat terealisasi tahun depan. 
  • 06:21 WIB. Pelindo IV - Pelindo IV akan membangun Car Terminal di Makassar.
  • 06:19 WIB. Jiwasraya - Korban kasus gagal bayar produk saving plan Jiwasraya kini berjumlah 156 pemegang polis.
  • 06:17 WIB. BRI - Kementerian BUMN meminta BRI untuk membantu kasus yang mendera Jiwasraya. 
  • 06:15 WIB. WSKT - Waskita sedang mengkaji investasi di Bandara Palangkaya bersama dengan AP II.
  • 06:14 WIB. WSKT - Waskita akan membidik infastruktur bandara sebagai investasi baru.
  • 06:12 WIB. JSMR - Jasamarga menargetkan akan mengoperasikan sekitar 200 km jalan tol tahun depan.
  • 06:11 WIB. JSMR -  Akhir tahun 2018, Jasa Marga akan mengoperasikan total jalan tol sepanjang 998,4 km.
  • 06:06 WIB. PLN - Apkabel mengatakan kebutuhan dari PLN tahun ini membuat permintaan kabel naik 20%.

5 Tips Pemasaran Online untuk Bisnis Kecil, Hemat Biaya

Foto Berita 5 Tips Pemasaran Online untuk Bisnis Kecil, Hemat Biaya
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Merek memiliki banyak cara untuk memasarkan layanan mereka hari ini, dan metode online adalah yang paling efektif sejauh ini. Tetapi dengan berbagai pilihan yang tersedia, banyak perusahaan yang mengalokasikan anggaran mereka yang terbatas ke arah kampanye yang tidak menghasilkan laba.

Anggaran pemasaran daring kecil adalah hal yang umum di antara layanan yang menyediakan merek, tetapi itu tidak berarti hasilnya harus kecil. Hal-hal kecil seperti mengetahui saluran mana yang terbaik dan apa yang dapat membantu Anda meningkatkan laju konversi jauh.

Berikut adalah lima tips pemasaran online, beberapa di antaranya dapat dilakukan tanpa biaya, yang membantu bisnis Ksenych dan juga dapat membantu Anda berkembang dalam industri yang kompetitif:

1. Sorot ulasan Anda dari semua platform utama.

Sebelum konsumen membuat keputusan pembelian online, mereka akan membaca ulasan.

“Banyak perusahaan menyulitkan konsumen untuk membaca semua ulasan mereka, yang hanya memaksa mereka keluar dari situs web Anda untuk menemukan mereka. Kami mempermudah pelanggan potensial untuk membaca semua ulasan kami dari Google, Yelp, Angie's List, Thumbtack, dan Yellow Pages langsung dari beranda kami,” kata Ksenych.

Dengan mempermudah pelanggan potensial untuk membaca ulasan Anda, itu membuat bisnis Anda tetap berada di pikiran mereka. Jika mereka suka dengan apa yang mereka baca, akan sangat meningkatkan peluang mereka untuk berubah menjadi prospek atau penjualan.

2. Menyediakan beberapa opsi kontak instan.

Seringkali, terutama ketika datang ke penyedia layanan, pelanggan potensial mencari solusi segera. Jika Anda tidak memiliki banyak cara untuk menghubungi bisnis Anda dan langsung berbicara dengan seseorang, Anda akan kehilangan banyak peluang.

Ksenych menjelaskan bahwa pelanggan mereka berasal dari beberapa saluran kontak: “Informasi kontak kami ditampilkan di bagian paling atas setiap halaman di situs web kami. Pelanggan potensial dapat menghubungi kami melalui telepon, mengirim email kepada kami secara langsung, atau mengajukan permintaan penawaran harga yang mendetail. Opsi-opsi ini mengakomodasi semua kebutuhan, dari mereka yang ingin berbicara dengan seseorang secara langsung maupun yang mungkin multi-tasking dan lebih memilih untuk mengirim email rinci.”

Semua opsi kontak di dunia tidak akan membantu kecuali Anda berusaha "menyentuh" setiap prospek dengan segera. Ponsel harus dijawab pada dering pertama dan email harus segera dibalas. Semakin lama Anda menunda merespon semua itu, semakin banyak kesempatan yang Anda berikan kepada prospek untuk menemukan solusi lain.

3. Manfaatkan lencana kepercayaan yang terkenal untuk menanamkan kepercayaan diri.

Kesan pertama adalah segalanya, jadi apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menampilkan reputasi dan kepercayaan Anda harus dimanfaatkan. “Setiap calon pelanggan yang mengunjungi halaman 'Tentang' kami akan melihat semua organisasi profesional yang menjadi anggota kami, seperti Kamar Dagang, serta akreditasi Better Business Bureau (BBB) dan peringkat A kami,” jelas Ksenych.

Untuk merek penyedia layanan, keanggotaan dan penghargaan ini berjalan jauh, lebih daripada situs web e-commerce. Ketika seseorang melakukan pembelian impuls online untuk produk $ 20 atau $ 30, mereka tidak menggali sedalam mereka jika mereka menyewa perusahaan yang bergerak atau kontraktor umum.

4. Asumsikan bahwa 80 persen prospek Anda akan datang melalui perangkat seluler.

Sebagian besar penyedia layanan memiliki situs web yang digunakan untuk tujuan perolehan prospek, jadi penting untuk memastikan bahwa pelanggan mudah menghubungi bisnis Anda atau meminta informasi pada perangkat seluler, karena sumber lalu lintas terus mendominasi tanpa tanda perlambatan.

Ketika Anda membuat proses konversi benar-benar mudah, Anda akan melihat tarif Anda meningkat secara dramatis. Konsumen rata-rata malas dan tidak akan keluar dari cara mereka untuk mencari tahu cara menghubungi bisnis Anda, jadi letakkan langsung di depan wajah mereka saat mendarat di situs web Anda melalui perangkat seluler mereka.

5. Gunakan retargeting untuk menarik prospek kembali saat mereka sedang berbelanja perbandingan.

Jika seorang konsumen mencari penyedia layanan lokal, dia akan melakukan penelitian dan menghubungi beberapa opsi sebelum membuat keputusan. Anda harus tetap berada dalam pikiran mereka saat mereka membandingkan toko, dan penargetan ulang adalah salah satu cara yang paling efektif.

“Ketika seorang pelanggan potensial meninggalkan situs web kami, mereka mungkin akan melihat opsi lain, tetapi karena kami sedang retargeting, kami muncul di feed Facebook mereka dan mengikuti mereka di internet saat mereka menjelajah. Ketika mereka siap untuk membuat keputusan, ada peluang bagus bahwa kita masih dalam pikiran mereka,” kata Ksenych.

Merupakan ide bagus untuk benar-benar mempersonalisasikan penargetan ulang Anda untuk hasil terbaik. Misalnya, seseorang yang hanya mengunjungi situs web Anda perlu ditampilkan pesan pemasaran yang benar-benar berbeda dari seseorang yang telah mengajukan permintaan penawaran. Mereka berada pada tahap yang berbeda dan memerlukan pesan pemasaran yang dirancang khusus untuk mendorong mereka ke langkah berikutnya, apakah itu menyelesaikan permintaan penawaran atau membuat keputusan pembelian akhir.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6081.867 -7.438 621
2 Agriculture 1530.458 0.983 20
3 Mining 1720.067 -20.197 47
4 Basic Industry and Chemicals 829.258 6.156 71
5 Miscellanous Industry 1407.197 10.701 46
6 Consumer Goods 2485.081 -0.352 49
7 Cons., Property & Real Estate 442.497 -5.069 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1050.648 2.298 71
9 Finance 1157.320 -4.652 91
10 Trade & Service 782.748 -0.305 153
No Code Prev Close Change %
1 GLOB 282 352 70 24.82
2 AGRS 230 286 56 24.35
3 TRUS 268 322 54 20.15
4 KICI 270 320 50 18.52
5 KONI 424 500 76 17.92
6 LUCK 655 770 115 17.56
7 ABBA 89 104 15 16.85
8 DUCK 1,435 1,615 180 12.54
9 TFCO 590 660 70 11.86
10 VIVA 117 130 13 11.11
No Code Prev Close Change %
1 SSTM 478 400 -78 -16.32
2 POLL 1,760 1,550 -210 -11.93
3 SDRA 850 750 -100 -11.76
4 TIRA 150 133 -17 -11.33
5 ENRG 63 56 -7 -11.11
6 AHAP 68 61 -7 -10.29
7 SQMI 300 270 -30 -10.00
8 POOL 4,690 4,240 -450 -9.59
9 ETWA 79 72 -7 -8.86
10 HEAL 2,850 2,600 -250 -8.77
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 362 2 0.56
2 BBCA 25,825 25,325 -500 -1.94
3 BBRI 3,600 3,630 30 0.83
4 TLKM 3,710 3,740 30 0.81
5 LPPF 5,825 5,825 0 0.00
6 PTBA 4,390 4,230 -160 -3.64
7 UNTR 28,700 29,125 425 1.48
8 RIMO 140 141 1 0.71
9 ADRO 1,280 1,240 -40 -3.12
10 ITMG 20,150 20,000 -150 -0.74