Portal Berita Ekonomi Rabu, 12 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:49 WIB. Facebook - Kantor Facebook di AS dapat ancaman bom. 
  • 16:35 WIB. Samsung - Samsung kolaborasi dengan Tesla kembangkan mobil otonom. 
  • 16:32 WIB. Facebook - Facebook akui bertemu dengan kedua Paslon Pilpres 2019.
  • 16:30 WIB. GoPro - GoPro pindahkan pabrik keluar China.
  • 16:29 WIB. Grab - Grab sebar diskon ongkir hingga 80% saat Harbolnas. 
  • 16:00 WIB. IHSG - Penutupan sesi II, HSG menguat 0,64% ke level 6.115,58. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Valuasi Tokopedia naik menjadi US$7 miliar. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Tokopedia dapat suntikan dana US$1,1 miliar dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group.

Jangan Remehkan Kemasan Produk Anda, Coba 5 Ide Kreatif Ini

Foto Berita Jangan Remehkan Kemasan Produk Anda, Coba 5 Ide Kreatif Ini
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Perusahaan kecil mungkin kekurangan dana pemasaran dan visibilitas merek yang lebih besar, tetapi mereka masih bisa meneruskan usaha dengan kekurangan yang ada.

Sebuah produk yang memerlukan kemasan tentu hal pertama yang dilihat adalah kemasannya, sementara usaha kecil sering melihat kemasan sebagai biaya yang harus mereka minimalkan, mereka mungkin mengabaikan potensinya untuk membantu menjual produk mereka. Kata Rich Cohen, pendiri dan presiden Distant Village Packaging, sebuah perusahaan desain dan produksi kemasan yang berbasis di Chicago, "Lihatlah kemasan bukan hanya karena Anda memegang apa yang Anda hasilkan, tetapi sebagai penjual bisu. Buat kemasan Anda seakan berkomunikasi dengan orang-orang."

Berikut adalah lima tips desain kemasan untuk membantu Anda menarik perhatian pelanggan:

Berikan kesan handmade.

Pelanggan tertarik pada kemasan yang terasa dipersonalisasi — hampir seolah-olah mereka memegang benda buatan tangan. Munculkan perbedaan dengan kemasan yang produk yang lainnya, tonjolkan aksen buatan tangan Anda agar terasa murni, apa adanya, namun elegan.

Ambil pendekatan yang berkelanjutan.

Konsumen ingin merasa senang dengan pembelian mereka. Menggunakan bahan yang berkelanjutan, seperti organik, perdagangan yang adil atau kertas yang dapat didaur ulang, akan mengirimkan pesan yang positif tentang merek Anda, menurut Cohen.

Gunakan bahan dan bentuk yang mengejutkan.

Ketika Robb Turner, pemilik Madava Farms di Duchess County, NY, mulai menjual sirup maple pada tahun 2011, ia menginginkan bentuk botol dan kemasan untuk menciptakan citra sirup bukan hanya sebagai minuman pemanis, tetapi juga sebagai high-end bahan makanan.

Alih-alih menggunakan botol datar berbentuk daun lebar atau daun mapel seperti yang dilakukan sebagian besar produsen sirup, Turner memilih botol bulat yang menyerupai botol minuman keras, membungkus leher dalam kertas matte hitam dan menggunakan label persegi panjang yang elegan.

"Bentuk memiliki pengaruh yang sangat kuat pada nilai yang dirasakan orang," kata Cohen.

Tambahkan fungsi.

Pelanggan menyukai kemasan yang fungsional karena nilai tambahnya, kata Marianne Rosner Klimchuk, profesor dan ketua asosiasi departemen desain kemasan di Fashion Institute of Technology di New York. Buat kemasan yang dapat berguna untuk hal lain adalah suatu keunggulan dari packaging Anda.

Buat seakan-akan menceritakan kisah produk Anda.

Beberapa perusahaan memikirkan cara yang kreatif dan menyenangkan untuk memberi pelanggan petunjuk tentang apa yang ada di dalam kemasan. Misalnya, ketika Wassung mengembangkan kemasan untuk koleksi cokelat anggurnya, dia memilih kotak berbentuk botol anggur dan meletakkannya di dalam kantong botol anggur. Bonbons berisi anggur tampak seperti cokelat rasa lain yang ditawarkan tokonya, tetapi kemasan khasnya telah membantu koleksi ini menonjol dan menjadi salah satu buku terlarisnya.

"Kemasannya perlu dikirim juga," kata Wassung, "kemasan benar-benar segalanya untuk Anda dan merek Anda."

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Bernard Hermant

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6076.587 -34.773 620
2 Agriculture 1506.543 8.473 20
3 Mining 1747.761 9.817 47
4 Basic Industry and Chemicals 820.676 -23.288 71
5 Miscellanous Industry 1382.059 4.150 45
6 Consumer Goods 2483.389 -20.063 49
7 Cons., Property & Real Estate 444.822 -4.105 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1031.916 -11.848 71
9 Finance 1162.012 -1.035 91
10 Trade & Service 790.383 -0.185 153
No Code Prev Close Change %
1 SOTS 280 350 70 25.00
2 DEAL 394 492 98 24.87
3 OASA 246 298 52 21.14
4 TFCO 650 780 130 20.00
5 MERK 6,475 7,725 1,250 19.31
6 KPAS 505 600 95 18.81
7 RODA 388 450 62 15.98
8 PTSN 805 920 115 14.29
9 PDES 1,500 1,700 200 13.33
10 ARTA 406 458 52 12.81
No Code Prev Close Change %
1 TRIO 290 220 -70 -24.14
2 YPAS 725 570 -155 -21.38
3 NUSA 158 136 -22 -13.92
4 RIMO 186 162 -24 -12.90
5 LUCK 705 615 -90 -12.77
6 MPOW 120 105 -15 -12.50
7 KPAL 338 300 -38 -11.24
8 CPIN 7,000 6,300 -700 -10.00
9 SILO 3,850 3,500 -350 -9.09
10 LPIN 950 865 -85 -8.95
No Code Prev Close Change %
1 RIMO 186 162 -24 -12.90
2 SRIL 366 370 4 1.09
3 KPAS 505 600 95 18.81
4 NUSA 158 136 -22 -13.92
5 PTBA 4,020 4,280 260 6.47
6 TLKM 3,680 3,620 -60 -1.63
7 WSKT 1,845 1,795 -50 -2.71
8 BHIT 57 60 3 5.26
9 BBRI 3,610 3,620 10 0.28
10 DEAL 394 492 98 24.87