Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Peluang Jualan Online Utama untuk Pengusaha

3 Peluang Jualan Online Utama untuk Pengusaha Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Internet telah sepenuhnya memudahkan hidup di era sekarang. Namun, pada tahun 2000, sebuah penelitian Pusat Penelitian Pew menemukan bahwa hanya 22 persen orang Amerika yang berbelanja online.

Bandingkan dengan studi tahun 2016 terbaru saat ini yang menemukan bahwa 79 persen orang Amerika melakukan pembelian online. Toko-toko ritel saat ini banyak yang tutup karena pembeli sekarang lebih suka berbelanja dari kenyamanan rumah mereka dan di gawai mereka.

Perubahan ini menghadirkan peluang bagi wirausahawan. Anda tidak lagi membutuhkan toko fisik untuk memiliki bisnis yang berkembang. Cukup dengan gawai dan kecanggihan internet, Anda dapat membangun bisnis. Berikut kutipan dari entrepreneur.com untuk Anda jadikan pertimbangan, di mana sebaiknya Anda berjualan:

Jual di Amazon

Amazon adalah situs web e-commerce paling terkenal. Dengan $ 135,99 miliar dalam pendapatan bersih tahun lalu, itu juga aman untuk mengatakan bahwa Amazon mendominasi industri retail dan menghancurkan pesaingnya.

Untuk menjual produk, Anda harus memilih antara dua rencana penjualan Amazon. Dengan $ 39,99 per bulan, Rencana Profesional paling cocok untuk pengusaha dengan volume penjualan yang lebih tinggi (lebih dari 40 item terjual per bulan). Rencana Individu lebih baik untuk vendor skala yang lebih kecil. Pengguna membayar $ 0,99 untuk setiap barang yang terjual. Setelah memilih paket Anda, buat akun Anda dan daftar. Anda memiliki kemampuan untuk menjual produk yang sudah terdaftar di Amazon atau mengunggah item baru.

Amazon juga merupakan tempat nomor 1 bagi penulis untuk menjual buku, musisi untuk menjual rekaman musik dan pembuat film untuk menjual film independen. Amazon menyediakan penerbitan sendiri melalui mitra Createspace-nya.

Penjualan di Amazon memiliki banyak keuntungan bagi para pengusaha pemula. Banyak konsumen lebih suka membeli melalui situs web seperti Amazon yang mereka kenal dan percayai. Anda juga mendapatkan manfaat dari lalu lintas web Amazon yang tinggi. Terdaftar di Amazon memberi perusahaan Anda eksposur ke kolam baru yang besar dari calon pelanggan.

Jual di toko Anda sendiri

Beberapa wirausahawan lebih suka mendirikan dan mengelola toko online mereka sendiri menggunakan solusi e-commerce. Magento, Shopify, dan Woocommerce adalah platform paling populer untuk melakukan hal ini.

Platform E-niaga memungkinkan Anda menggunakan domain pribadi untuk menyiapkan etalase daring. Mereka masing-masing memiliki tema yang dapat disesuaikan untuk dipilih, atau Anda dapat membuat dan mengunggah tema Anda sendiri. Dengan menggunakan platform, Anda mengunggah produk, melacak inventaris, dan memenuhi pesanan.

Platform ini memungkinkan Anda memiliki situs web unik yang sesuai dengan merek dan visi Anda. Selain kebebasan pribadi ini, situs-situs ini juga bertindak sebagai solusi CRM. Mereka terintegrasi secara mulus dengan aplikasi seperti Google Shopping dan MailChimp serta dengan platform media sosial. Mereka memiliki rencana harga yang berbeda, memungkinkan Anda memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jual di Facebook

Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna, menjadikannya ruang penjualan yang sangat baik bagi para pengusaha. Dengan Toko Facebook, pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari halaman Anda.

Menyiapkan Toko Facebook Anda sangat mudah jika Anda sudah menggunakan solusi e-niaga seperti Shopify atau Magento. Tambahkan Aplikasi Facebook ke toko Anda melalui situs web Anda dan itu akan mengimpor barang Anda langsung ke Toko Facebook Anda. Tidak punya situs e-niaga? Tidak apa-apa juga. Anda hanya perlu mendapatkan aplikasi Facebook Store dan mengaturnya seperti itu.

Bisnis Anda sudah memiliki halaman Facebook, jadi mengapa tidak mengubahnya menjadi peluang penjualan? Lagi pula, pelanggan Anda mungkin mengunjungi Facebook lebih dari situs web Anda. Anda sekarang dapat menjangkau mereka bahkan ketika mereka tidak dalam "mode belanja." Juga, Facebook memiliki analisis canggih yang menyediakan Anda dengan data pelaporan lalu lintas yang berguna.

Seperti yang Anda lihat, Anda memiliki banyak pilihan untuk di mana dan bagaimana Anda menjual produk dan layanan Anda secara online. Semua platform yan dijelaskan di atas adalah opsi yang solid dan telah membantu jutaan pengusaha membangun bisnis online yang sukses.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: