Portal Berita Ekonomi Kamis, 13 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:31 WIB. Instagram - Fitur anti-bullying Instagram dukung bahasa Indonesia.
  • 11:30 WIB. Rusia - Rusia diprediksi kejatuhan meteor tahun depan.
  • 11:29 WIB. Instagram - Instagram tes akun khusus untuk selebgram.
  • 11:28 WIB. Microsoft - Microsoft segera luncurkan aplikasi pesaing WhatsApp di Indonesia.
  • 11:02 WIB. Akuisisi - PT Misi Hutama Internasional resmi megambil alih 40% saham Humpuss Transportasi Curah dari PT Sarana Niaga Buana.
  • 11:02 WIB. Obligasi - Sarana Multigriya Finansial menyiapkan dana Rp300 miliar dalam bentuk deposito untuk lunasi obligasi.
  • 10:29 WIB. Dividen - Bank Mayapada batalkan rencana pembagian dividen sebesar Rp223,19 miliar kepada pemegang saham.
  • 10:28 WIB. Akuisisi - DSNG akuisisi 100% saham Bima Palma Nugraha (BPN) dan PT Bima Agri Sawit (BAS).
  • 09:25 WIB. Rupiah - Rupiah masih buat dolar AS melemah 0,52%. 
  • 09:03 WIB. IHSG - IHSG dibuka menguat 0,41% ke level 6.140,88 pada perdagangan Kamis (13/12/2018). 
  • 07:18 WIB. Tri - Tri akui ada kartu perdana aktif dijual ke konsumen.
  • 07:12 WIB. Grab - Grab bakal rambah bisnis travel dan jasa kesehatan.
  • 07:08 WIB. Telkomsel - Telkomsel luncurkan mBanking, integrasikan banyak bank.
  • 07:05 WIB. Apple - Apple hadapi tudingan monopoli di Mesir.

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?

Foto Berita Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Perusahaan apa pun dalam ukuran apa pun harus mempertimbangkan bagaimana digitalisasi memengaruhi bisnis seperti yang kita ketahui.

Pertanyaannya bukan lagi “Kapan kita berinovasi?” Tetapi Bagaimana kita berinovasi?” Menurut Gartner, dalam lima tahun ke depan, CIO AS mengharapkan pendapatan digital perusahaan mereka tumbuh dari 16 persen menjadi 37 persen. Jika inovasi digital bukan bagian dari strategi Anda saat ini, Anda tidak akan lama-lama hanya melihat apa yang terjadi di ritel.

Pengecer yang lebih kecil, khususnya, harus memprioritaskan inovasi dan mengambil lompatan yang sering ditakuti ke dalam digital. Usaha kecil ini sering kali berdiri untuk mendapatkan potensi terbesar dari transformasi digital. Dengan memanfaatkan situs web e-commerce, dan otomatisasi  pemasaran, usaha kecil dapat bersaing, dan bahkan mengalahkan pesaing yang lebih besar, yang proses penerapannya seringkali rumit dan memakan waktu karena teknologi warisan.

Dalam dunia bisnis kecil, perusahaan yang dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi baru akan mengakali dan melampaui pesaing. Untuk bertahan hidup dari yang terjadi dalam industri, para peritel yang muncul harus memikirkan pelanggan dari dalam ke luar. Begini caranya:

Pastikan pengalaman

Siapa pun yang membawa perangkat seluler dapat berbelanja di mana saja , dan kapan saja. Pikirkan tentang perubahan dalam jalur konsumen modern untuk membeli. Tahun lalu, 51 persen pembelian dilakukan secara online, lebih dari 90 persen konsumen menggunakan ponsel pintar saat berbelanja di dalam toko dan 78 persen pembeli global dipengaruhi oleh media sosial. Perilaku konsumen ini membutuhkan pengalaman belanja terpadu yang mulus di seluruh toko fisik dan platform online, mulai dari pembelian dan pengiriman hingga pengembalian.

Untuk pengecer kecil yang tidak memiliki aplikasi seluler atau tidak berencana untuk berjualan secara online, masih ada cara untuk terlibat dengan kerumunan digital saat ini. Misalnya, pastikan bahwa situs web Anda memiliki desain web responsif yang tampak seragam di semua perangkat digital.

Akibatnya, pelanggan hari ini mengharapkan layanan yang jauh berbeda dari pelanggan 10 atau bahkan lima tahun yang lalu. Generasi Millenial merupakan mayoritas populasi global dan pembeli yang mengerti teknologi ini sama sekali tidak tradisional ketika berbelanja. Untuk menarik dan mempertahankan generasi ini, personalisasi adalah kuncinya. Pengecer yang dapat menawarkan penawaran yang konsisten namun disesuaikan kemungkinan besar akan muncul di depan pesaing.

Personalisasi setiap aspek interaksi

Ketika datang berbelanja, setiap pelanggan ingin merasa unik. Menciptakan rasa personalisasi telah menjadi standar emas dalam ritel. Dengan memanfaatkan analisis prediktif, perusahaan dapat mengantisipasi keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan, tersetel dengan baik untuk preferensi individu.

Semakin banyak, pengecer menggunakan teknologi canggih untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis perilaku pelanggan, tidak hanya online, tetapi juga di toko. Kemampuan untuk melacak pergerakan dan perilaku pelanggan di seluruh toko adalah memberikan pengecer tradisional, tingkat kemampuan analitis yang sama yang telah dinikmati selama bertahun-tahun oleh pengecer online. Setelah data itu dipasangkan dengan sejarah pembelian, analisis perilaku dan tren pasar, kemampuannya hampir tidak ada habisnya.

Sesuaikan teknologi dengan bisnis Anda

Ketika memasuki bidang digital, pengecer kecil harus mengikuti contoh perusahaan besar yang sukses dan bermitra dengan pakar teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Membentuk hubungan teknologi strategis adalah tren yang sedang berkembang. Kemitraan ko-inovasi memungkinkan pengecer meningkatkan kemampuan di bawah bimbingan ahli teknologi tepercaya dengan pengalaman luas dalam mengantarkan peritel ke masa depan. Kemitraan ini menyatukan orang-orang yang mengenal bisnis dan lanskap teknologi dengan baik.

Sekarang adalah saatnya bagi pengecer segala ukuran untuk memikirkan kembali industri mereka dan mendapatkan inspirasi dari platform seperti Netflix dan Pandora untuk masuk ke dalam kepala pelanggan modern.

Tag: Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Stefan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6115.577 38.990 621
2 Agriculture 1505.088 -1.455 20
3 Mining 1755.401 7.640 47
4 Basic Industry and Chemicals 834.495 13.819 71
5 Miscellanous Industry 1393.243 11.184 46
6 Consumer Goods 2499.289 15.900 49
7 Cons., Property & Real Estate 451.558 6.736 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1041.077 9.161 71
9 Finance 1164.990 2.978 91
10 Trade & Service 792.381 1.998 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 298 446 148 49.66
2 SOTS 350 436 86 24.57
3 AKSI 286 344 58 20.28
4 KPAS 600 710 110 18.33
5 ESSA 272 314 42 15.44
6 PNSE 650 750 100 15.38
7 SSTM 450 510 60 13.33
8 TRAM 144 163 19 13.19
9 IBFN 246 278 32 13.01
10 YPAS 570 640 70 12.28
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 740 555 -185 -25.00
2 TFCO 780 610 -170 -21.79
3 OCAP 306 244 -62 -20.26
4 PDES 1,700 1,445 -255 -15.00
5 APEX 1,400 1,210 -190 -13.57
6 RIMO 162 142 -20 -12.35
7 RDTX 6,150 5,550 -600 -9.76
8 HDTX 140 127 -13 -9.29
9 YULE 220 200 -20 -9.09
10 MDKI 298 274 -24 -8.05
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 370 372 2 0.54
2 RIMO 162 142 -20 -12.35
3 KPAS 600 710 110 18.33
4 PTBA 4,280 4,310 30 0.70
5 ADRO 1,285 1,255 -30 -2.33
6 TLKM 3,620 3,650 30 0.83
7 TRAM 144 163 19 13.19
8 PTPP 1,900 2,020 120 6.32
9 WSKT 1,795 1,855 60 3.34
10 PGAS 2,060 2,130 70 3.40