Portal Berita Ekonomi Jum'at, 24 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 14:24 WIB. PNM - PNM menawarkan Obligasi Berkelanjutan III PNM Tahap I Tahun 2019 2 triliun.
  • 14:20 WIB. BGR - BGR dan Pelabuhan Tanjung Priok kerja sama kegiatan bongkar muat logistik.
  • 12:42 WIB. Garuda - Garuda Indonesia segera mengoperasikan empat pesawat kargo.
  • 11:34 WIB. IHSG - IHSG ditutup menguat 0,35% ke level 6.053,95 di akhir sesi I. 
  • 10:39 WIB. AP I - AP I berhasil menggagalkan upaya calon penumpang menyelundupkan berang-berang.
  • 10:37 WIB. Mandiri - Bank Mandiri kembali menggali peluang penyaluran kredit ke sektor pertambangan.
  • 10:36 WIB. Mandiri Syariah - Mandiri Syariah memperluas pemanfaatan NIK data kependudukan dan E-KTP.
  • 09:58 WIB. KAEF - Kimia Farma berharap Mediv dapat berkontribusi sebesar 5% terhadap pendapatan ritel.

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perusahaan apa pun dalam ukuran apa pun harus mempertimbangkan bagaimana digitalisasi memengaruhi bisnis seperti yang kita ketahui.

Pertanyaannya bukan lagi “Kapan kita berinovasi?” Tetapi Bagaimana kita berinovasi?” Menurut Gartner, dalam lima tahun ke depan, CIO AS mengharapkan pendapatan digital perusahaan mereka tumbuh dari 16 persen menjadi 37 persen. Jika inovasi digital bukan bagian dari strategi Anda saat ini, Anda tidak akan lama-lama hanya melihat apa yang terjadi di ritel.

Pengecer yang lebih kecil, khususnya, harus memprioritaskan inovasi dan mengambil lompatan yang sering ditakuti ke dalam digital. Usaha kecil ini sering kali berdiri untuk mendapatkan potensi terbesar dari transformasi digital. Dengan memanfaatkan situs web e-commerce, dan otomatisasi  pemasaran, usaha kecil dapat bersaing, dan bahkan mengalahkan pesaing yang lebih besar, yang proses penerapannya seringkali rumit dan memakan waktu karena teknologi warisan.

Dalam dunia bisnis kecil, perusahaan yang dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi baru akan mengakali dan melampaui pesaing. Untuk bertahan hidup dari yang terjadi dalam industri, para peritel yang muncul harus memikirkan pelanggan dari dalam ke luar. Begini caranya:

Pastikan pengalaman

Siapa pun yang membawa perangkat seluler dapat berbelanja di mana saja , dan kapan saja. Pikirkan tentang perubahan dalam jalur konsumen modern untuk membeli. Tahun lalu, 51 persen pembelian dilakukan secara online, lebih dari 90 persen konsumen menggunakan ponsel pintar saat berbelanja di dalam toko dan 78 persen pembeli global dipengaruhi oleh media sosial. Perilaku konsumen ini membutuhkan pengalaman belanja terpadu yang mulus di seluruh toko fisik dan platform online, mulai dari pembelian dan pengiriman hingga pengembalian.

Untuk pengecer kecil yang tidak memiliki aplikasi seluler atau tidak berencana untuk berjualan secara online, masih ada cara untuk terlibat dengan kerumunan digital saat ini. Misalnya, pastikan bahwa situs web Anda memiliki desain web responsif yang tampak seragam di semua perangkat digital.

Akibatnya, pelanggan hari ini mengharapkan layanan yang jauh berbeda dari pelanggan 10 atau bahkan lima tahun yang lalu. Generasi Millenial merupakan mayoritas populasi global dan pembeli yang mengerti teknologi ini sama sekali tidak tradisional ketika berbelanja. Untuk menarik dan mempertahankan generasi ini, personalisasi adalah kuncinya. Pengecer yang dapat menawarkan penawaran yang konsisten namun disesuaikan kemungkinan besar akan muncul di depan pesaing.

Personalisasi setiap aspek interaksi

Ketika datang berbelanja, setiap pelanggan ingin merasa unik. Menciptakan rasa personalisasi telah menjadi standar emas dalam ritel. Dengan memanfaatkan analisis prediktif, perusahaan dapat mengantisipasi keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan, tersetel dengan baik untuk preferensi individu.

Semakin banyak, pengecer menggunakan teknologi canggih untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis perilaku pelanggan, tidak hanya online, tetapi juga di toko. Kemampuan untuk melacak pergerakan dan perilaku pelanggan di seluruh toko adalah memberikan pengecer tradisional, tingkat kemampuan analitis yang sama yang telah dinikmati selama bertahun-tahun oleh pengecer online. Setelah data itu dipasangkan dengan sejarah pembelian, analisis perilaku dan tren pasar, kemampuannya hampir tidak ada habisnya.

Sesuaikan teknologi dengan bisnis Anda

Ketika memasuki bidang digital, pengecer kecil harus mengikuti contoh perusahaan besar yang sukses dan bermitra dengan pakar teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Membentuk hubungan teknologi strategis adalah tren yang sedang berkembang. Kemitraan ko-inovasi memungkinkan pengecer meningkatkan kemampuan di bawah bimbingan ahli teknologi tepercaya dengan pengalaman luas dalam mengantarkan peritel ke masa depan. Kemitraan ini menyatukan orang-orang yang mengenal bisnis dan lanskap teknologi dengan baik.

Sekarang adalah saatnya bagi pengecer segala ukuran untuk memikirkan kembali industri mereka dan mendapatkan inspirasi dari platform seperti Netflix dan Pandora untuk masuk ke dalam kepala pelanggan modern.

Tag: Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Stefan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6032.696 93.060 633
2 Agriculture 1370.530 9.038 21
3 Mining 1649.204 16.278 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.627 12.743 71
5 Miscellanous Industry 1239.630 17.875 46
6 Consumer Goods 2382.807 22.091 52
7 Cons., Property & Real Estate 444.574 2.807 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1101.266 30.131 74
9 Finance 1217.684 24.828 90
10 Trade & Service 796.572 4.890 156
No Code Prev Close Change %
1 LMSH 478 590 112 23.43
2 POLA 940 1,145 205 21.81
3 IIKP 56 66 10 17.86
4 BEEF 164 189 25 15.24
5 HITS 570 650 80 14.04
6 RDTX 6,000 6,800 800 13.33
7 MBTO 126 139 13 10.32
8 CNTX 535 590 55 10.28
9 OKAS 150 165 15 10.00
10 MPRO 620 680 60 9.68
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 171 112 -59 -34.50
2 BMSR 130 86 -44 -33.85
3 MKNT 165 116 -49 -29.70
4 KONI 282 214 -68 -24.11
5 ARTA 486 380 -106 -21.81
6 POOL 2,780 2,260 -520 -18.71
7 INCF 312 254 -58 -18.59
8 DUTI 5,600 4,600 -1,000 -17.86
9 JSPT 1,245 1,040 -205 -16.47
10 BAYU 2,030 1,735 -295 -14.53
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,770 3,850 80 2.12
2 MNCN 950 1,030 80 8.42
3 TLKM 3,540 3,660 120 3.39
4 BBCA 27,300 28,025 725 2.66
5 BMRI 7,300 7,575 275 3.77
6 JPFA 1,360 1,400 40 2.94
7 JAYA 140 130 -10 -7.14
8 TAMU 4,810 4,830 20 0.42
9 PTBA 2,850 2,880 30 1.05
10 MAMI 135 132 -3 -2.22