Portal Berita Ekonomi Selasa, 23 Oktober 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:01 WIB. Nokia - Nokia 5.1 Plus sudah bisa dipesan di Indonesia, harga Rp2,6 juta.
  • 23:00 WIB. ReCharge - Startup ReCharge sediakan 200 lokasi sewa Powerbank di Jabodetabek.
  • 21:18 WIB. Nasional - Pemerintah bangun 256 Puskesmas di daerah tertinggal-perbatasan tahun ini
  • 21:18 WIB. Nasional - Pemerintah salurkan Rp187 triliun dana desa dalam empat tahun.
  • 21:18 WIB. Megapolitan - 41.869 TKI di wilayah Jakarta sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan.
  • 21:17 WIB. Nasional - Indonesian Institute soroti defisit Rp16,5 T BPJS Kesehatan.
  • 21:17 WIB. Hukum - Penyidik KPK memeriksa sejumlah pejabat Pegunungan Arfak Papua Barat.
  • 21:17 WIB. Nasional - Mendagri minta pemilik KTP-E ganda proaktif melapor.
  • 21:17 WIB. Politik - Ketua MPR ingatkan pemilu ajang memilih pemimpin terbaik.
  • 21:16 WIB. Hukum - Musisi Ahmad Dhani dicegah ke luar negeri enam bulan.
  • 20:31 WIB. Audi - Audi tunda penjualan SUV listrik perdananya, e-tron.
  • 20:30 WIB. Jeff Tran - Mantan Bos Microsoft, Jeff Tran dituduh menggelapkan uang senilai Rp22,7 miliar.
  • 20:28 WIB. Line - AI milik Line bisa dinikmati di mobil-mobil Toyota tahun depan.
  • 20:27 WIB. Suzuki - Produksi Suzuki tembus 2,5 juta unit.
  • 20:26 WIB. Uber - Uber disebut akan pakai drone untuk antar makanan pada 2021.

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?

Foto Berita Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Perusahaan apa pun dalam ukuran apa pun harus mempertimbangkan bagaimana digitalisasi memengaruhi bisnis seperti yang kita ketahui.

Pertanyaannya bukan lagi “Kapan kita berinovasi?” Tetapi Bagaimana kita berinovasi?” Menurut Gartner, dalam lima tahun ke depan, CIO AS mengharapkan pendapatan digital perusahaan mereka tumbuh dari 16 persen menjadi 37 persen. Jika inovasi digital bukan bagian dari strategi Anda saat ini, Anda tidak akan lama-lama hanya melihat apa yang terjadi di ritel.

Pengecer yang lebih kecil, khususnya, harus memprioritaskan inovasi dan mengambil lompatan yang sering ditakuti ke dalam digital. Usaha kecil ini sering kali berdiri untuk mendapatkan potensi terbesar dari transformasi digital. Dengan memanfaatkan situs web e-commerce, dan otomatisasi  pemasaran, usaha kecil dapat bersaing, dan bahkan mengalahkan pesaing yang lebih besar, yang proses penerapannya seringkali rumit dan memakan waktu karena teknologi warisan.

Dalam dunia bisnis kecil, perusahaan yang dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi baru akan mengakali dan melampaui pesaing. Untuk bertahan hidup dari yang terjadi dalam industri, para peritel yang muncul harus memikirkan pelanggan dari dalam ke luar. Begini caranya:

Pastikan pengalaman

Siapa pun yang membawa perangkat seluler dapat berbelanja di mana saja , dan kapan saja. Pikirkan tentang perubahan dalam jalur konsumen modern untuk membeli. Tahun lalu, 51 persen pembelian dilakukan secara online, lebih dari 90 persen konsumen menggunakan ponsel pintar saat berbelanja di dalam toko dan 78 persen pembeli global dipengaruhi oleh media sosial. Perilaku konsumen ini membutuhkan pengalaman belanja terpadu yang mulus di seluruh toko fisik dan platform online, mulai dari pembelian dan pengiriman hingga pengembalian.

Untuk pengecer kecil yang tidak memiliki aplikasi seluler atau tidak berencana untuk berjualan secara online, masih ada cara untuk terlibat dengan kerumunan digital saat ini. Misalnya, pastikan bahwa situs web Anda memiliki desain web responsif yang tampak seragam di semua perangkat digital.

Akibatnya, pelanggan hari ini mengharapkan layanan yang jauh berbeda dari pelanggan 10 atau bahkan lima tahun yang lalu. Generasi Millenial merupakan mayoritas populasi global dan pembeli yang mengerti teknologi ini sama sekali tidak tradisional ketika berbelanja. Untuk menarik dan mempertahankan generasi ini, personalisasi adalah kuncinya. Pengecer yang dapat menawarkan penawaran yang konsisten namun disesuaikan kemungkinan besar akan muncul di depan pesaing.

Personalisasi setiap aspek interaksi

Ketika datang berbelanja, setiap pelanggan ingin merasa unik. Menciptakan rasa personalisasi telah menjadi standar emas dalam ritel. Dengan memanfaatkan analisis prediktif, perusahaan dapat mengantisipasi keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan, tersetel dengan baik untuk preferensi individu.

Semakin banyak, pengecer menggunakan teknologi canggih untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis perilaku pelanggan, tidak hanya online, tetapi juga di toko. Kemampuan untuk melacak pergerakan dan perilaku pelanggan di seluruh toko adalah memberikan pengecer tradisional, tingkat kemampuan analitis yang sama yang telah dinikmati selama bertahun-tahun oleh pengecer online. Setelah data itu dipasangkan dengan sejarah pembelian, analisis perilaku dan tren pasar, kemampuannya hampir tidak ada habisnya.

Sesuaikan teknologi dengan bisnis Anda

Ketika memasuki bidang digital, pengecer kecil harus mengikuti contoh perusahaan besar yang sukses dan bermitra dengan pakar teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Membentuk hubungan teknologi strategis adalah tren yang sedang berkembang. Kemitraan ko-inovasi memungkinkan pengecer meningkatkan kemampuan di bawah bimbingan ahli teknologi tepercaya dengan pengalaman luas dalam mengantarkan peritel ke masa depan. Kemitraan ini menyatukan orang-orang yang mengenal bisnis dan lanskap teknologi dengan baik.

Sekarang adalah saatnya bagi pengecer segala ukuran untuk memikirkan kembali industri mereka dan mendapatkan inspirasi dari platform seperti Netflix dan Pandora untuk masuk ke dalam kepala pelanggan modern.

Tag: Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Stefan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,074.00 4,032.94
British Pound GBP 1.00 19,818.76 19,620.15
China Yuan CNY 1.00 2,204.27 2,182.35
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 15,284.00 15,132.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,804.26 10,693.78
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,949.96 1,930.55
Dolar Singapura SGD 1.00 11,068.95 10,958.07
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,521.58 17,341.27
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,674.92 3,634.88
Yen Jepang JPY 100.00 13,578.54 13,439.91

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5797.891 -42.544 610
2 Agriculture 1554.747 -15.585 20
3 Mining 1891.500 -26.913 47
4 Basic Industry and Chemicals 751.139 -6.438 70
5 Miscellanous Industry 1262.855 10.567 45
6 Consumer Goods 2461.265 -8.778 49
7 Cons., Property & Real Estate 409.289 -1.746 71
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1043.222 -21.394 70
9 Finance 1042.692 -8.059 91
10 Trade & Service 784.869 -3.611 147
No Code Prev Close Change %
1 MPRO 314 392 78 24.84
2 MLPT 745 900 155 20.81
3 MFMI 700 840 140 20.00
4 SKYB 159 190 31 19.50
5 KPAL 402 478 76 18.91
6 RELI 228 258 30 13.16
7 PBSA 690 760 70 10.14
8 NOBU 950 1,040 90 9.47
9 BAYU 2,470 2,700 230 9.31
10 GJTL 635 690 55 8.66
No Code Prev Close Change %
1 IBFN 400 300 -100 -25.00
2 AMAG 358 270 -88 -24.58
3 TRIO 226 184 -42 -18.58
4 SKRN 1,225 1,030 -195 -15.92
5 YPAS 725 610 -115 -15.86
6 MINA 585 520 -65 -11.11
7 DUCK 1,590 1,440 -150 -9.43
8 DART 294 268 -26 -8.84
9 TFCO 600 550 -50 -8.33
10 HDFA 128 118 -10 -7.81
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 362 356 -6 -1.66
2 BMTR 334 334 0 0.00
3 PGAS 2,340 2,350 10 0.43
4 BHIT 79 79 0 0.00
5 LPPF 5,025 4,990 -35 -0.70
6 MNCN 775 780 5 0.65
7 PTBA 4,610 4,510 -100 -2.17
8 BBCA 23,150 22,950 -200 -0.86
9 GJTL 635 690 55 8.66
10 KPIG 138 139 1 0.72