Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online?

Apa yang Harus Pengusaha Kecil Lakukan untuk Menang di Retail Online? Kredit Foto: Unsplash/Stefan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan apa pun dalam ukuran apa pun harus mempertimbangkan bagaimana digitalisasi memengaruhi bisnis seperti yang kita ketahui.

Pertanyaannya bukan lagi “Kapan kita berinovasi?” Tetapi Bagaimana kita berinovasi?” Menurut Gartner, dalam lima tahun ke depan, CIO AS mengharapkan pendapatan digital perusahaan mereka tumbuh dari 16 persen menjadi 37 persen. Jika inovasi digital bukan bagian dari strategi Anda saat ini, Anda tidak akan lama-lama hanya melihat apa yang terjadi di ritel.

Pengecer yang lebih kecil, khususnya, harus memprioritaskan inovasi dan mengambil lompatan yang sering ditakuti ke dalam digital. Usaha kecil ini sering kali berdiri untuk mendapatkan potensi terbesar dari transformasi digital. Dengan memanfaatkan situs web e-commerce, dan otomatisasi  pemasaran, usaha kecil dapat bersaing, dan bahkan mengalahkan pesaing yang lebih besar, yang proses penerapannya seringkali rumit dan memakan waktu karena teknologi warisan.

Dalam dunia bisnis kecil, perusahaan yang dapat mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi baru akan mengakali dan melampaui pesaing. Untuk bertahan hidup dari yang terjadi dalam industri, para peritel yang muncul harus memikirkan pelanggan dari dalam ke luar. Begini caranya:

Pastikan pengalaman

Siapa pun yang membawa perangkat seluler dapat berbelanja di mana saja , dan kapan saja. Pikirkan tentang perubahan dalam jalur konsumen modern untuk membeli. Tahun lalu, 51 persen pembelian dilakukan secara online, lebih dari 90 persen konsumen menggunakan ponsel pintar saat berbelanja di dalam toko dan 78 persen pembeli global dipengaruhi oleh media sosial. Perilaku konsumen ini membutuhkan pengalaman belanja terpadu yang mulus di seluruh toko fisik dan platform online, mulai dari pembelian dan pengiriman hingga pengembalian.

Untuk pengecer kecil yang tidak memiliki aplikasi seluler atau tidak berencana untuk berjualan secara online, masih ada cara untuk terlibat dengan kerumunan digital saat ini. Misalnya, pastikan bahwa situs web Anda memiliki desain web responsif yang tampak seragam di semua perangkat digital.

Akibatnya, pelanggan hari ini mengharapkan layanan yang jauh berbeda dari pelanggan 10 atau bahkan lima tahun yang lalu. Generasi Millenial merupakan mayoritas populasi global dan pembeli yang mengerti teknologi ini sama sekali tidak tradisional ketika berbelanja. Untuk menarik dan mempertahankan generasi ini, personalisasi adalah kuncinya. Pengecer yang dapat menawarkan penawaran yang konsisten namun disesuaikan kemungkinan besar akan muncul di depan pesaing.

Personalisasi setiap aspek interaksi

Ketika datang berbelanja, setiap pelanggan ingin merasa unik. Menciptakan rasa personalisasi telah menjadi standar emas dalam ritel. Dengan memanfaatkan analisis prediktif, perusahaan dapat mengantisipasi keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka untuk menciptakan pengalaman yang disesuaikan, tersetel dengan baik untuk preferensi individu.

Semakin banyak, pengecer menggunakan teknologi canggih untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis perilaku pelanggan, tidak hanya online, tetapi juga di toko. Kemampuan untuk melacak pergerakan dan perilaku pelanggan di seluruh toko adalah memberikan pengecer tradisional, tingkat kemampuan analitis yang sama yang telah dinikmati selama bertahun-tahun oleh pengecer online. Setelah data itu dipasangkan dengan sejarah pembelian, analisis perilaku dan tren pasar, kemampuannya hampir tidak ada habisnya.

Sesuaikan teknologi dengan bisnis Anda

Ketika memasuki bidang digital, pengecer kecil harus mengikuti contoh perusahaan besar yang sukses dan bermitra dengan pakar teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Membentuk hubungan teknologi strategis adalah tren yang sedang berkembang. Kemitraan ko-inovasi memungkinkan pengecer meningkatkan kemampuan di bawah bimbingan ahli teknologi tepercaya dengan pengalaman luas dalam mengantarkan peritel ke masa depan. Kemitraan ini menyatukan orang-orang yang mengenal bisnis dan lanskap teknologi dengan baik.

Sekarang adalah saatnya bagi pengecer segala ukuran untuk memikirkan kembali industri mereka dan mendapatkan inspirasi dari platform seperti Netflix dan Pandora untuk masuk ke dalam kepala pelanggan modern.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: