Portal Berita Ekonomi Minggu, 20 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Lengkap, 12 Langkah untuk Memulai Bisnis

Foto Berita Lengkap, 12 Langkah untuk Memulai Bisnis
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Tidak ada batasan siapa yang bisa menjadi pengusaha hebat. Anda tidak perlu gelar sarjana, banyak uang di bank atau bahkan pengalaman bisnis untuk memulai sesuatu yang dapat menjadi sukses besar berikutnya. Namun, apa yang Anda butuhkan adalah rencana yang kuat dan dorongan untuk melihatnya.

Jika Anda adalah pengusaha, kemungkinan Anda sudah memiliki drive, tetapi, Anda mungkin tidak tahu bagaimana memulai membangun “kerajaan” Anda itu. Lihat panduan langkah demi langkah ini untuk membantu mengubah ide besar Anda menjadi bisnis yang sukses:

1. Evaluasilah diri Anda

Mengapa Anda ingin memulai bisnis? Gunakan pertanyaan ini untuk memandu bisnis seperti apa yang ingin Anda mulai. Jika Anda menginginkan uang tambahan, mungkin Anda harus memulai keramaian. Jika Anda menginginkan lebih banyak kebebasan, mungkin sudah waktunya untuk meninggalkan pekerjaan Anda dan memulai sesuatu yang baru.

Setelah Anda memiliki alasannya, mulailah bertanya pada diri sendiri lebih banyak lagi pertanyaan untuk membantu Anda mengetahui jenis bisnis yang harus Anda mulai, dan jika Anda memiliki apa yang diperlukan. Keterampilan apa yang Anda miliki? Di mana gairah Anda berada? Di mana bidang keahlian Anda? Berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, mengetahui bahwa sebagian besar bisnis gagal? Berapa modal yang Anda butuhkan? Gaya hidup macam apa yang ingin Anda jalani? Apakah Anda siap menjadi pengusaha? Jawablah dengan jujur dari dalam diri Anda.

2. Pikirkan ide bisnis

Apakah Anda sudah memiliki ide bisnis yang mematikan? Jika sudah, Anda dapat melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tidak, ada banyak cara untuk memulai brainstorming untuk ide yang bagus. Pergilah keluar dan temui orang-orang dan ajukan pertanyaan kepada mereka, dapatkan saran dari wirausahawan lain, ide riset daring, atau gunakan metode apa pun yang paling masuk akal bagi Anda.

3. Lakukan riset pasar

Apakah ada yang sudah melakukan apa yang ingin Anda mulai lakukan? Jika tidak, apakah ada alasan bagus untuk Anda sehingga mau mulai melakukan itu?

Mulailah meneliti pesaing atau mitra potensial Anda di pasa. Ini memecah tujuan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan riset Anda dan metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal itu. Misalnya, Anda dapat melakukan wawancara melalui telepon atau tatap muka. Anda juga dapat menawarkan survei atau kuesioner yang mengajukan pertanyaan seperti "Faktor apa yang Anda pertimbangkan saat membeli produk atau layanan ini?" Dan "Bidang apa yang akan Anda sarankan untuk peningkatan?"

Sama pentingnya, ini menjelaskan tiga kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika memulai riset pasar mereka, yaitu: hanya menggunakan penelitian sekunder, hanya menggunakan sumber daya online, hanya survei orang yang Anda kenal.

4. Dapatkan umpan balik

Biarkan orang-orang berinteraksi dengan produk atau layanan Anda dan lihat apa yang mereka ambil di dalamnya. Satu set mata baru dapat membantu menunjukkan masalah yang mungkin Anda lewatkan. Plus, orang-orang ini akan menjadi pendukung merek pertama Anda, terutama jika Anda mendengarkan masukan mereka dan mereka menyukai produk tersebut.

Salah satu cara untuk membantu Anda melewati umpan balik negatif adalah dengan menciptakan “dinding cinta” di mana Anda dapat memposting semua pesan positif yang Anda terima. Tidak hanya dinding cinta ini menginspirasi Anda, tetapi Anda dapat menggunakan ini pesan kemudian ketika Anda mulai menjual produk atau layanan Anda. Ulasan positif online dan testimoni dari mulut ke mulut dapat membantu membuat perbedaan besar

5. Jadikan itu resmi

Dapatkan semua aspek hukum dari awal. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang seseorang yang mengambil ide besar Anda, mengacaukan Anda dalam kemitraan atau menuntut Anda untuk sesuatu yang tidak pernah Anda lihat datang.

Sementara beberapa hal dapat Anda lakukan sendiri, sebaiknya berkonsultasi dengan pengacara saat memulai, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda telah mencakup semua yang Anda butuhkan.

6. Tulis rencana bisnis Anda

Sebuah rencana bisnis adalah deskripsi tertulis tentang bagaimana bisnis Anda akan berkembang dari ketika mulai produk hingga akhir.

Seperti yang dikatakan oleh angel investor dan pendiri perusahaan teknologi, Tim Berry, tentang pengusaha, "Anda mungkin dapat mencakup semua yang perlu Anda sampaikan dalam 20 hingga 30 halaman teks ditambah 10 halaman tambahan untuk proyeksi bulanan, resume manajemen, dan detail lainnya. Jika Anda telah mendapat rencana yang lebih dari 40 halaman, Anda mungkin tidak meringkas dengan baik."

Perlu diingat, rencana bisnis adalah dokumen yang hidup, bernapas dan seiring waktu dan bisnis Anda matang, Anda akan memperbarui itu.

7. Keuangan bisnis Anda

Ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. Investo Martin Zwilling, yang bisnisnya Startup Professionals menyediakan layanan dan produk untuk startup dan usaha kecil, mengatakan coba lihat dan pertimbangkan sumber daya, keadaan, dan kondisi kehidupan Anda sendiri untuk mencari tahu mana yang paling cocok untuk Anda.

8. Kembangkan produk atau layanan Anda

Setelah semua pekerjaan yang Anda lakukan untuk memulai bisnis Anda, akan terasa luar biasa untuk benar-benar melihat ide Anda menjadi nyata. Namun, perlu diingat dibutuhkan sebuah desa untuk menciptakan suatu produk. Jika Anda ingin membuat aplikasi dan Anda bukan seorang insinyur, Anda harus menghubungi orang teknis. Atau jika Anda perlu memproduksi barang secara massal, Anda harus bekerja sama dengan produsen.

Untuk membantu Anda memiliki kedamaian pikiran, mulailah belajar sebanyak mungkin tentang produksi, sehingga Anda dapat meningkatkan proses dan keputusan perekrutan Anda seiring berjalannya waktu. Proses ini akan sangat berbeda untuk pengusaha yang fokus pada layanan, tetapi tidak kurang penting.

Anda memiliki beberapa keterampilan yang orang-orang bersedia membayar Anda untuk saat ini, tetapi keterampilan tersebut dapat sulit diukur. Bagaimana Anda bisa membangun diri dan kemampuan Anda? Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat portofolio pekerjaan Anda - buat situs web untuk menunjukkan karya seni Anda jika Anda seorang seniman, menulis jika Anda seorang penulis atau desain jika Anda seorang desainer.

Selain itu, pastikan Anda memiliki sertifikat yang diperlukan atau persyaratan pendidikan, sehingga ketika seseorang bertanya tentang layanan Anda, Anda siap untuk melompat pada peluang yang baik.

9. Mulailah membangun tim Anda

Untuk menskala bisnis Anda, Anda harus menyerahkan tanggung jawab kepada orang lain. Anda butuh tim. Baik Anda membutuhkan mitra, karyawan, atau freelancer, ketiga kiat ini dapat membantu Anda menemukan kecocokan yang baik:

Nyatakan tujuan Anda dengan jelas. Pastikan semua orang memahami visi dan peran mereka dalam misi tersebut sejak awal.

Ikuti protokol perekrutan. Ketika memulai proses perekrutan, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari menyaring orang-orang hingga mengajukan pertanyaan yang tepat dan memiliki formulir yang tepat.

10. Temukan lokasi

Ini bisa berarti kantor atau toko. Prioritas Anda akan berbeda tergantung pada kebutuhan, tetapi Anda perlu mempertimbangkan gaya operasi, demografi, lalu lintas pejalan kaki, aksebilitas dan parkir, kompetisi, dan kedekatan dengan bisnis yang lainnya. Setelah Anda memiliki lokasi, Anda bisa fokus pada estetika.

11. Mulai dapatkan beberapa penjualan

Tidak peduli produk atau industri Anda, masa depan bisnis Anda akan bergantung pada pendapatan dan penjualan. Steve Jobs tahu ini - itu sebabnya, ketika dia memulai Apple, dia menghabiskan hari demi hari menelepon para investor.

Tapi bagaimana Anda benar-benar membuat penjualan itu? Mulailah dengan mengidentifikasi target yang menginginkan produk atau layanan Anda. Temukan pengadopsi awal bisnis Anda, kembangkan basis pelanggan Anda, atau keluarkan iklan untuk menemukan orang-orang yang sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian, cari tahu strategi penjualan yang tepat yang dapat mengonversi prospek ini menjadi pendapatan.

12. Kembangkan bisnis Anda

Ada sejuta cara yang berbeda untuk tumbuh. Anda dapat memperoleh bisnis lain, mulai menargetkan pasar baru, perluas penawaran Anda, dan banyak lagi. Namun, tidak ada rencana pertumbuhan yang penting jika Anda tidak memiliki dua atribut kunci yang dimiliki oleh semua perusahaan yang sedang berkembang.

Pertama, mereka punya rencana untuk memasarkan diri. Mereka menggunakan media sosial secara efektif melalui kampanye organik, influencer, atau berbayar. Mereka memiliki daftar email dan tahu cara menggunakannya. Mereka memahami dengan tepat siapa yang harus mereka targetkan—baik online atau offline dengan kampanye pemasaran mereka.

Kemudian, setelah mereka memiliki pelanggan baru, mereka memahami cara mempertahankannya. Anda mungkin pernah mendengar banyak orang menyatakan bahwa pelanggan termudah untuk menjual adalah yang sudah Anda miliki. Pelanggan Anda yang sudah ada telah mendaftar untuk daftar email Anda, menambahkan informasi kartu kredit mereka ke situs web Anda dan menguji apa yang Anda tawarkan. Dengan demikian, mereka memulai hubungan dengan Anda dan merek Anda. Bantu mereka merasa baik tentang hubungan itu sebaik mungkin.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Chris Benson

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56