Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:22 WIB. Infrastruktur - Astra Infra mengincar proyek tol di jalur Trans Jawa.
  • 11:20 WIB. Ekonomi - Sektor konsumsi akan diandalkan pemerintah untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi 2020.
  • 08:56 WIB. BRI Agro - BRI Agro akan menerbitkan saham baru maksimal 3 miliar saham dengan skema HMETD.
  • 08:55 WIB. Internasional - Ekonomi Singapura tumbuh 3,8 persen pada kuartal I 2019.
  • 08:14 WIB. PLN - Power Bank jumbo milik PLN suplai Listrik acara Jakarta Fair Kemayoran 2019.
  • 08:13 WIB. PLN - PLN suplai listrik ke industri tambang bauksit Antam di Sanggau Kalbar.
  • 08:11 WIB. PLN - PLN menambah kapasitas setrum 141,53 MW sepanjang kuartal-I 2019.

Kakak-Adik Ini Bangun Usaha Demi Keluarga, Sekarang Produknya Dijual di 20.000 Toko

Kakak-Adik Ini Bangun Usaha Demi Keluarga, Sekarang Produknya Dijual di 20.000 Toko - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bill dan Leigh Keith adalah pengusaha makanan yang merupakan seorang kakak beradik, mereka tidak memiliki masa kecil yang berbeda dengan masa kecil anak lainnya. Mereka berdua bukanlah kakak-beradik yang dilahirkan dari keluarga kaya, hidup mereka sengsara.

Leigh menjadi pengusaha ketika ia berumur 22 tahun dan Bill 19 tahun. Mereka adalah pendiri Perfect Bar, sebuah perusahaan yang menciptakan protein bar yang perlu didinginkan. Ketika mereka memulai perusahaan, makanan ringan segar—makanan yang perlu diawetkan di lemari es—sudah mulai beredar di pasaran. Sekarang, sebagian berkat Perfect Bar, kategori ini mendorong lonjakan penjualan dalam camilan sehat, sementara kategori makanan ringan konvensional menyusut, menurut Mintel. Perfect Bar, yang bootstrap selama 10 tahun pertama, sekarang dijual di lebih dari 20.000 toko di seluruh AS, naik dari 5.000 toko hanya dua tahun yang lalu.

"Kami mengalami perjuangan berat total untuk membuat orang-orang mengeksplorasi dan membelanjakan $ 2,50 untuk sesuatu yang tidak Anda ketahui mengapa ada di lemari es," kata Leigh.

Bill dan Leigh termasuk saudara tertua di antara mereka. Ketika ayah mereka - yang mereka juluki "ahli gizi eksentrik" - didiagnosis menderita kanker kulit pada 2005 (dia meninggal empat tahun kemudian), mereka merasa perlu melakukan sesuatu untuk mengurus keluarga. Resep yang diwarisi sang ayah—protein bar, mereka jadikan ide untuk memulai bisnis.

"Kami tumbuh dengan menyaksikan ayah menjual itu di kantong Ziploc sejak kami masih kecil, jadi kami tahu cara membeli dan menjual bahan dan menjual produk," kata Leigh.

Ketika memulai bisnisnya, kedua saudara itu mengalami pasang-surut berdua, berjuang untuk menghidupi keluarga. Titik balik itu datang ketika seorang pembeli Whole Foods, yang telah mencoba sebuah bar di sebuah festival, memberikan ruang rak Perfect Bar di satu toko. Whole Foods akhirnya memberi Perfect Bar peluncuran nasional pertamanya.

"Maju cepat hari ini, kami salah satu bar terlaris di Whole Foods dan salah satu perusahaan bar yang paling cepat berkembang di negara ini," kata Bill, "itu adalah fondasi yang membuatnya berhasil."

Saudara kandung akan menggunakan strategi yang sama selama fase pertumbuhan perusahaan, karena mendidik pelanggan sangat penting untuk suatu produk dalam kategori yang baru lahir; jika mereka tidak dapat mendemonstrasikan produk di toko, mereka tidak akan mengambil akun itu.

"Kami baru saja membangun buzz dan basis itu," kata Leigh, "itu adalah kereta barang yang bergerak lambat. Kami tidak tahu makanan ringan segar akan berada di tempat seperti sekarang ini."

Untuk pebisnis yang baru memulai usahanya, disarankan untuk tidak berjalan seorang diri seperti mereka, risikonya sangat besar. Temukan mentor yang dapat memberi tahu Anda apakah Anda berada di jalur yang benar dan perhatikan pesaing Anda untuk melihat strategi dan efisiensi apa yang dapat Anda ambil dari mereka. Tetapi pendekatan lambat itu baik untuk Bill, dari sudut pandang pengembangan pribadi.

"Saya harus menjadi salesman yang keluar, dan saya benar-benar seorang introvert," katanya, "aku harus menjadi sesuatu untuk keluarga ini dan organisasi ini yang aku tidak pandai. Ini sangat gila, begitu kaumulai mengatasi ketakutanmu itu benar-benar terasa seperti kaubisa melakukan apa saja."

Tag: Entrepreneur

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Eye of Ebony

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,876.15 3,836.82
British Pound GBP 1.00 18,500.33 18,315.59
China Yuan CNY 1.00 2,106.68 2,085.81
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,534.00 14,390.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,048.81 9,942.05
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,851.80 1,833.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,567.88 10,461.65
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,231.57 16,065.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,475.37 3,438.47
Yen Jepang JPY 100.00 13,193.54 13,060.45

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5907.121 80.253 633
2 Agriculture 1351.935 -9.947 21
3 Mining 1609.598 10.601 47
4 Basic Industry and Chemicals 707.320 17.072 71
5 Miscellanous Industry 1203.823 30.883 46
6 Consumer Goods 2359.388 12.835 52
7 Cons., Property & Real Estate 435.075 5.924 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1079.565 21.890 74
9 Finance 1184.407 20.731 90
10 Trade & Service 783.451 0.917 156
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 140 180 40 28.57
2 JAST 460 575 115 25.00
3 HRME 260 324 64 24.62
4 MTPS 915 1,140 225 24.59
5 DUTI 4,440 5,500 1,060 23.87
6 BELL 386 458 72 18.65
7 MKPI 12,000 13,975 1,975 16.46
8 JSKY 1,065 1,230 165 15.49
9 MYTX 65 74 9 13.85
10 SSTM 352 400 48 13.64
No Code Prev Close Change %
1 RELI 244 202 -42 -17.21
2 LPGI 4,100 3,400 -700 -17.07
3 INPP 840 710 -130 -15.48
4 BIPP 88 75 -13 -14.77
5 PEHA 1,800 1,550 -250 -13.89
6 MTSM 202 176 -26 -12.87
7 IBFN 228 200 -28 -12.28
8 NICK 322 286 -36 -11.18
9 TRIS 266 238 -28 -10.53
10 NIPS 288 260 -28 -9.72
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,790 3,750 -40 -1.06
2 SRIL 328 342 14 4.27
3 MNCN 920 925 5 0.54
4 CPRI 67 73 6 8.96
5 TLKM 3,510 3,600 90 2.56
6 BBCA 25,900 26,900 1,000 3.86
7 ESTI 96 95 -1 -1.04
8 BMRI 7,075 7,225 150 2.12
9 SMGR 10,550 11,250 700 6.64
10 UNTR 24,825 24,500 -325 -1.31