Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:59 WIB. Mandiri - Mandiri akan gandeng Tokopedia untuk pasarkan kartu kredit.
  • 07:05 WIB. Jasindo - Jasindo memanfaatkan tingginya minat umroh dan liburan untuk menjual produk asuransi perjalanan.
  • 06:26 WIB. Pertamina - Pertamina bekerja sama dengan Bank Sumut menggelar promo untuk menggaet pendaftar baru aplikasi MyPertamina.
  • 06:23 WIB. AP II - Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta kedua menelan dana sekitar Rp100 triliun.
  • 06:22 WIB. AP II - AP II menargetkan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta kedua bisa direalisasikan mulai 2021.
  • 06:06 WIB. ADHI - Target harga saham ADHI berada pada level Rp3.000 per saham.
  • 06:04 WIB. ADHI - Analis menilai bahwa pertumbuhan laba bersih yang dibukukan ADHI pada kuartal III/2018 menjadi yang tertinggi dalam rerata 5 tahun terakhir.
  • 06:01 WIB. Mandiri - Mandiri menyarankan pemerintah meningkatkan porsi pendapatan di luar komoditas misalnya manufaktur.
  • 06:00 WIB. Mandiri - Bank Mandiri masih menyalurkan KPR di beberapa daerah dengan jumlah terbatas.

Perusahaan Dunkin 'Donuts Mau Hapus 'Donat' dari Namanya? Ini Alasannya

Foto Berita Perusahaan Dunkin 'Donuts Mau Hapus 'Donat' dari Namanya? Ini Alasannya
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pada tahun 1948, William Rosenberg mendirikan sebuah restoran di Quincy, Mass., Yang disebut "Open Kettle," menjual donat seharga 5 sen masing-masing dan cangkir kopi untuk 10 orang. Dua tahun kemudian, Rosenberg mengganti nama bisnis itu menjadi "Dunkin 'Donuts."

Sejak itu, Dunkin 'Donuts telah tumbuh memiliki 12.000 lokasi di 45 negara. Rantai waralaba melayani hampir 2 miliar cangkir kopi setiap tahun—dengan harga yang jauh lebih tinggi dari 10 sen.

Banyak hal telah berubah, tetapi namanya tetap sama.

Itu akan berubah. Perusahaan telah menguji perubahan nama menjadi "Dunkin’" sekitar satu tahun dari sekarang, dan sudah ada beberapa restoran yang tidak mengandung kata "Donat" di tanda toko mereka. Menurut siaran pers yang dilansir dari Entrepreneur.com, perubahan itu akan terjadi di seluruh perusahaan mulai Januari 2019 nanti.

"Dunkin 'Donuts telah berbasis nama depan dengan para penggemarnya, jauh sebelum pengenalan tagline ikonnya, ‘America Runs on Dunkin’,' dengan pelanggan di seluruh dunia yang secara alami dan penuh kasih mengacu pada merek sebagai 'Dunkin'. ' Sebagai pengakuan atas hubungan ini, dan sebagai salah satu dari banyak langkah untuk mengubah dirinya menjadi merek utama yang dimotori minuman, di perjalanan, perusahaan hari ini meluncurkan merek barunya di Konvensi Global Franchisee yang secara resmi mengakui namanya sebagai ‘Dunkin’ "

Dalam rilis sebelumnya dari Dunkin ‘Donuts, perusahaan mengatakan bahwa pihaknya bermaksud untuk terus menguji perubahan merek ini. Pengujian itu akan dimulai di lokasi yang sudah dikenal—Quincy, Mass., Di mana Dunkin 'Donuts pertama dibuka.

Bukan hanya itu, Dunkin 'Donuts mengatakan ingin fokus meningkatkan dan mengubah tujuh aspek lainnya, yakni:

Desain restoran. Perusahaan berencana untuk menggunakan material berwarna lebih terang, tata letak lebih terbuka dan lebih banyak cahaya alami.

Pengalaman drive-thru yang lebih cepat. Pelanggan yang memesan terlebih dahulu di Aplikasi Seluler Dunkin dapat melewati jalur drive-thru dan dapat berbaris di jendela untuk mendapatkan pesanan.

Minuman di tekan. Menurut Dunkin ', “anggota kru akan menggunakan mesin espresso yang memaksimalkan rasa terbaik untuk membuat minuman buatan tangan untuk memesan.”

Pesan online atau di kios. Tamu akan dapat memesan dengan atau tanpa anggota kru, dan mereka yang menggunakan aplikasi seluler akan dapat mengambil pesanan mereka di area khusus.

Seragam baru. Seragam ini juga akan diperkenalkan di toko Quincy, dan Dunkin 'Donuts mengatakan bahwa mereka akan dirancang oleh merek gaya hidup Life is Good.

Pilihan grab and go lebih besar. Bagi mereka yang sedang terburu-buru, Dunkin berencana untuk memperluas penawarannya untuk memasukkan minuman kemasan, pisang, jeruk mini, saus apel, granola, dan lainnya sehingga Anda dapat mengambilnya dan pergi.

Peningkatan efisiensi energi. Menurut rilis, toko Quincy dirancang untuk menghemat 25 persen lebih banyak energi daripada Dunkin 'Donuts yang khas.

Semua hal ini terdengar bagus dan penting. Siapa yang tidak ingin meningkatkan efisiensi energi, atau memiliki pengalaman drive-thru yang lebih cepat? Namun, tentu saja semua perubahan itu akan dibayangi dalam jangka pendek oleh perubahan nama perusahaan, yang dimaksudkan untuk menyoroti penawaran minuman Dunkin.

"Peluncuran toko konsep generasi mendatang kami menandai salah satu momen paling penting dalam pertumbuhan Dunkin 'Donuts sebagai merek minuman yang sedang dibawa," kata Dave Hoffmann, presiden Dunkin' Donuts AS dan Kanada.

Apakah pertaruhan menuju transisi dari berfokus pada donat ke minuman akan membuahkan hasil? Akankah perusahaan mengubah namanya kembali dalam hitungan bulan, seperti yang dilakukan IHOP ketika ia menyebut dirinya sendiri dengan singkat, atau akankah nama ini bertahan selama 68 tahun lagi? Tunggu saja pertanyaan itu terjawab dengan seiring berjalannya waktu.

Tag: makanan-minuman, Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Anna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35