Portal Berita Ekonomi Minggu, 20 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Perusahaan Dunkin 'Donuts Mau Hapus 'Donat' dari Namanya? Ini Alasannya

Foto Berita Perusahaan Dunkin 'Donuts Mau Hapus 'Donat' dari Namanya? Ini Alasannya
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pada tahun 1948, William Rosenberg mendirikan sebuah restoran di Quincy, Mass., Yang disebut "Open Kettle," menjual donat seharga 5 sen masing-masing dan cangkir kopi untuk 10 orang. Dua tahun kemudian, Rosenberg mengganti nama bisnis itu menjadi "Dunkin 'Donuts."

Sejak itu, Dunkin 'Donuts telah tumbuh memiliki 12.000 lokasi di 45 negara. Rantai waralaba melayani hampir 2 miliar cangkir kopi setiap tahun—dengan harga yang jauh lebih tinggi dari 10 sen.

Banyak hal telah berubah, tetapi namanya tetap sama.

Itu akan berubah. Perusahaan telah menguji perubahan nama menjadi "Dunkin’" sekitar satu tahun dari sekarang, dan sudah ada beberapa restoran yang tidak mengandung kata "Donat" di tanda toko mereka. Menurut siaran pers yang dilansir dari Entrepreneur.com, perubahan itu akan terjadi di seluruh perusahaan mulai Januari 2019 nanti.

"Dunkin 'Donuts telah berbasis nama depan dengan para penggemarnya, jauh sebelum pengenalan tagline ikonnya, ‘America Runs on Dunkin’,' dengan pelanggan di seluruh dunia yang secara alami dan penuh kasih mengacu pada merek sebagai 'Dunkin'. ' Sebagai pengakuan atas hubungan ini, dan sebagai salah satu dari banyak langkah untuk mengubah dirinya menjadi merek utama yang dimotori minuman, di perjalanan, perusahaan hari ini meluncurkan merek barunya di Konvensi Global Franchisee yang secara resmi mengakui namanya sebagai ‘Dunkin’ "

Dalam rilis sebelumnya dari Dunkin ‘Donuts, perusahaan mengatakan bahwa pihaknya bermaksud untuk terus menguji perubahan merek ini. Pengujian itu akan dimulai di lokasi yang sudah dikenal—Quincy, Mass., Di mana Dunkin 'Donuts pertama dibuka.

Bukan hanya itu, Dunkin 'Donuts mengatakan ingin fokus meningkatkan dan mengubah tujuh aspek lainnya, yakni:

Desain restoran. Perusahaan berencana untuk menggunakan material berwarna lebih terang, tata letak lebih terbuka dan lebih banyak cahaya alami.

Pengalaman drive-thru yang lebih cepat. Pelanggan yang memesan terlebih dahulu di Aplikasi Seluler Dunkin dapat melewati jalur drive-thru dan dapat berbaris di jendela untuk mendapatkan pesanan.

Minuman di tekan. Menurut Dunkin ', “anggota kru akan menggunakan mesin espresso yang memaksimalkan rasa terbaik untuk membuat minuman buatan tangan untuk memesan.”

Pesan online atau di kios. Tamu akan dapat memesan dengan atau tanpa anggota kru, dan mereka yang menggunakan aplikasi seluler akan dapat mengambil pesanan mereka di area khusus.

Seragam baru. Seragam ini juga akan diperkenalkan di toko Quincy, dan Dunkin 'Donuts mengatakan bahwa mereka akan dirancang oleh merek gaya hidup Life is Good.

Pilihan grab and go lebih besar. Bagi mereka yang sedang terburu-buru, Dunkin berencana untuk memperluas penawarannya untuk memasukkan minuman kemasan, pisang, jeruk mini, saus apel, granola, dan lainnya sehingga Anda dapat mengambilnya dan pergi.

Peningkatan efisiensi energi. Menurut rilis, toko Quincy dirancang untuk menghemat 25 persen lebih banyak energi daripada Dunkin 'Donuts yang khas.

Semua hal ini terdengar bagus dan penting. Siapa yang tidak ingin meningkatkan efisiensi energi, atau memiliki pengalaman drive-thru yang lebih cepat? Namun, tentu saja semua perubahan itu akan dibayangi dalam jangka pendek oleh perubahan nama perusahaan, yang dimaksudkan untuk menyoroti penawaran minuman Dunkin.

"Peluncuran toko konsep generasi mendatang kami menandai salah satu momen paling penting dalam pertumbuhan Dunkin 'Donuts sebagai merek minuman yang sedang dibawa," kata Dave Hoffmann, presiden Dunkin' Donuts AS dan Kanada.

Apakah pertaruhan menuju transisi dari berfokus pada donat ke minuman akan membuahkan hasil? Akankah perusahaan mengubah namanya kembali dalam hitungan bulan, seperti yang dilakukan IHOP ketika ia menyebut dirinya sendiri dengan singkat, atau akankah nama ini bertahan selama 68 tahun lagi? Tunggu saja pertanyaan itu terjawab dengan seiring berjalannya waktu.

Tag: makanan-minuman, Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Anna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56