Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UUS Bank Sinarmas Bidik Spin Off di 2020

UUS Bank Sinarmas Bidik Spin Off di 2020 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Medan -

Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Sinarmas saat ini tengah mempersiapkan proses pemisahan diri dari induk (spin off). Bank syariah milik PT Bank Sinarmas Tbk ini menargetkan proses spin off dapat dilakukan pada 2020. 

Direktur UUS Bank Sinarmas, Halim Liem mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan otoritas perbankan di bidang syariah. Menurutnya, proses spin off akan dilakukan jika total asetnya sudah mencapai Rp6,5 triliun.

"Saya dua minggu lalu dipanggil OJK, gimana persiapan spin off. Saya harap bisa dilakukan di pertengahan 2020," ujarnya di Medan, Kamis (27/9/2018).

Selain melakukan spin off, pihaknya berkeinginan agar anak usaha syariah Bank Sinarmas ini dapat naik kelas menjadi kelompok bank Buku II atau bank umum dengan kepemilikan modal inti antara Rp1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun.

"Modal kemarin diminta pas presentasi di OJK, nilainya harus Rp1,1 triliun, sekarang modal inti kami sekitar Rp400 miliar. Nanti akan ada laba organik, mungkin juga akan ada injection (suntikan) modal," tegasnya.

Setelah spin off, 51% saham Bank Sinarmas Syariah akan dimiliki oleh Bank Sinarmas. Sisanya, 49% akan dimiliki induk Group Sinarmas dan strategic partner. Dari laporan keuangan laba UUS Bank Bank Sinarmas sampai Juni 2018 tercatat Rp20 miliar.

Asal tahu saja, otoritas perbankan, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan aturan terkait unit usaha syariah yang harus melakukan spin off atau pelepasan dari induk apabila aset sudah mencapai 50% dari induk atau maksimal pada 2023.

Dengan demikian, pada 2023, perbankan yang memiliki UUS harus melakukan spin off menjadi Bank Umum Syariah (BUS) maksimal di 2023. Regulasi tersebut diyakini dapat membantu perkembangan perbankan syariah Tanah Air.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: