Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank DKI Sukses Kembangkn Fitur Pembayaran Pajak Daerah

Bank DKI Sukses Kembangkn Fitur Pembayaran Pajak Daerah Kredit Foto: Annisa Nurfitriyani
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank DKI telah melakukan pengembangan aplikasi JakOne Mobile dengan berbagai fitur pembayaran Pajak seperti Pajak Bumi & Bangunan dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) DKI Jakarta. 

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto mengatakan bahwa bagi para wajib pajak DKI Jakarta, saat ini pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan dapat dilakukan dimana saja menggunakan aplikasi JakOne Mobile. 

Wajib pajak hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dibayar melalui JakOne Mobile. Selanjutnya, wajib pajak dapat melakukan pembayaran PKB sesuai dengan rincian jumlah nominal PKB yang tertera.

“Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran PKB melalui fitur scan to pay pada QR Code yang tersedia di kasir pembayaran SAMSAT DKI Jakarta melalui JakOne Mobile. Pembayaran PKB juga dapat dilakukan melalui mesin ATM dan EDC Bank DKI,” jelasnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (28/09/2018). 

Atas upaya mendorong penerapan transaksi non tunai tersebut, Bank DKI memperoleh penghargaan The Best Bank in Digital Services dari majalah Tempo dalam acara penghargaan Indonesia Banking Award 2018. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto.

Bank DKI juga mendapatkan beberapa penghargaan terkait dengan inovasi dan digital banking seperti TOP Bank Bidang Fintech - Transaksi Non Tunai 2018, Most Promising Prepaid Smart Card For Smart City pada Produk JakCard Jawara Financial Indonesia 2018, Innovative Company in Digital Financial Services kategori Bank Pembangunan Daerah pada Indonesia Digital Innovative Awards 2018, The First Trendsetter E-Money Kategori Bank Pembangunan Daerah pada Infobank Banking Service Excellence Awards 2018. Bank DKI juga mendapatkan Rekor Pelayanan STNK secara Digital dengan Sistem Pembayaran QR Code Pertama di Indonesia dari Museum Rekor Indonesia.

Priagung menambahkan, Bank DKI terus mendorong kemudahan layanan perbankan digital dengan menciptakan produk perbankan digital kepada nasabah yang tersegmentasi. Pada nasabah perorangan, Bank DKI memiliki produk JakOne Mobile sebagai aplikasi layanan digital yang merupakan gabungan Mobile Banking dan Mobile Wallet yang dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI. Selain itu, Bank DKI juga memiliki produk uang elektronik berbasis kartu yaitu JakCard sebagai alat pembayaran dengan menggunakan teknologi contactless-chip.

Pada sektor korporasi dan instansi, Bank DKI juga menyediakan aplikasi Cash Management System (CMS) sebagai solusi layanan perbankan berbasis internet untuk nasabah korporasi dalam melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara realtime dan online. Dengan Cash Management System Bank DKI akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan informasi posisi dana dari waktu ke waktu dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui sistem perbankan setiap saat secara online sehingga pengelolaan arus dana dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Selain itu, Bank DKI juga mengimplementasikan CMS SIAP BOS-BOP (Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah – Bantuan Operasional Pendidikan) untuk menjawab kebutuhan layanan elektronik pada pengelolaan dana BOS dan BOP di sekitar 2.000 sekolah, yang selama ini dilakukan secara manual.

Sebagai bank yang memiliki fokus pada DKI Business Linkages, Bank DKI memfokuskan kegiatan usahanya pada pembiayaan infrastruktur DKI Jakarta, peningkatan pelayanan publik termasuk diantaranya mendukung less cash society, peningkatan kualitas pendidikan, dukungan kepada sektor koperasi dan UMKM, serta membangun sinergi BUMD DKI Jakarta. 

“Kami jugaturut serta mendukung program kerja Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Jakarta Smart City diantaranya adalah dengan mengembangkan sejumlah layanan publik seperti bantuan sosial Kartu Jakarta Pintar, Kartu Lansia Jakarta, pembayaran e-Retribusi, e-Ticketing, e-KIR, e-Samsat, serta penyaluran kredit UMKM OK OCE,” pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: