Portal Berita Ekonomi Senin, 17 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:57 WIB. ANTAM - ANTAM mendapatkan fasilitas kredit dari BNI senilai total US$82 juta untuk refinancing dan keperluan belanja modal.
  • 12:02 WIB. IHSG - IHSG ditutup anjlok 0,99% ke level 6.108,74 pada jeda siang ini. 
  • 12:01 WIB. Investor - BEI Surakarta optimistis mampu raih 7.000 investor.
  • 12:00 WIB. Listrik - Kementerian ESDM menyebutkan sebanyak 164 ribu rumah diprediksi kesulitan membayar biaya sambungan listrik pada 2019.
  • 11:59 WIB. Padi - Produksi padi di Gunung Kidul capai 300.652 ton.
  • 11:53 WIB. Saratoga - Saratoga jual saham PT Batu Hitam Perkasa senilai US$9 juta
  • 11:53 WIB. NPL - Bank QNB Indonesia jual non-performing loan dan kredit berkualitas rendah senilai US$26, 4 juta. 
  • 11:27 WIB. Antam - Antam belum bisa eksplorasi tambang Blok Bahodopi Utara dan tambang Matarape.
  • 11:27 WIB. Tambang - ORI dan KESDM tunda izin WIUPK blok tambang Antam di Sulawesi. 
  • 11:26 WIB. Jasa Marga - PT Jasa Marga alihkan 50.000 saham JTT kepada anak usahanya, JMTO.

2019, Emil Harap Jabar Mulai Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut

Foto Berita 2019, Emil Harap Jabar Mulai Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut
Warta Ekonomi.co.id, Bandung -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) berharap launching reaktivasi jalur kereta Api (KA) Cibatu-Garut bisa dilakukan pada 2019 mendatang.

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu Garut Cikajang dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas menuju wilayah selatan Jawa Barat. Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 47,5 Km, yang terbagi dua seksi yaitu Seksi I Cibatu Garut sepanjang 19,29 Km dan Seksi ll Garut Cikajang sepanjang 28,21 Km. Jalur ini direncanakan meiewati 3 Stasiun yaitu Stasiun Cibatu, Garut, dan Cikajang. Total anggaran yang diperlukan sebesar Rp1,1 triliun. Reaktivasi jalur kereta api Cibatu, Garut, Cikajang direncanakan selesai pada tahun 2021-2022. 

Reaktivasi jakur KA itu dalam upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah, mengurangi kemacetan, dan menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi, serta meningkatkan aksesibilitas menuju daerah pariwisata. 

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya mengembangkan jaringan perkeretaapian, antara Iain dengan melakukan reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. 

"Saat ini Pemprov Jabar memprioritaskan empat rencana reaktivasi jalur kereta api, yaitu Reaktivasi Jalur Kereta Api Bandung Ciwidey; Rancaekek Tanjungsari; Banjar Pangandaran Cijulang; dan jalur Cibatu Garut a Cikajang, dengan total anggaran sekitar Rp7,9 triliun," kata Emil kepada wartawan disela kegiatan Jawa Barat Punya Informasi (JAPRI) di halaman gedung Sate Bandung, Kamis (27/9/21018).

Reaktivasi Jalur Kereta Api Bandung Ciwidey dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung aksesibilitas menuju daerah pariwisata di wilayah Bandung Selatan. Panjang jalur Bandung Ciwidey adalah 37.8 Km, yang direncanakan melewati 6 (enam) stasiun yaitu Stasiun Bandung, Cikudapateuh, Dayeuh Kolot, Banjaran, Soreang, dan Stasiun Ciwidey. 

"Total anggaran untuk mereaktivasi jalur tersebut diperkirakan sebesar Rp3,1 triliun. Reaktivasi jalur Bandung Ciwidey direncanakan beroperasi pada tahun 2022," jelasnya.

Sedangkan, reaktivasi jalur kereta api Rancaekek Tanjungsari dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas, mengurangi kemacetan, menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi dan mendukung aksesibilitas ke Bandara lnternasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka serta menunjang transponasi di kawasan pendidikan Jatinangor. Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 11,5 Km, dengan rencana 3 stasiun yaitu stasiun Rancaekek (eksisting), Jatinangor dan Tanjungsari. 

"Rencana Reaktivasi jalur ini diperkirakan memeriukan anggaran sebesar Rp1,3 triliun. Reaktivasi jalur ini diperkirakan selesai tahun 2021 -2022," ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Emil, reaktivasi jalur kereta api Banjar Pangandaran Cijulang dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung aksesibilitas menuju daerah pariwisata di Pangandaran Cijulang. Total anggaran untuk mereaktivasi jalur ini sepanjang 82 Km diperkirakan sebesar Rp2,5 triliun.

Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 82 Km dan melewati 4 (empat) Stasiun Banjar (eksisting), Pangandaran, Parigi, dan Cijulang. sena 4 (empat) halte Batulawang, Cikembulan, Cikalong, dan Cibenda. 

"Reaktivasi jalur ini diharapkan selesai pada tahun 2023," pungkasnya.

Tag: Ridwan Kamil, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Vicky Fadil

Foto: Rahmat Saepulloh

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6169.843 -7.877 621
2 Agriculture 1522.036 5.966 20
3 Mining 1764.925 -11.589 47
4 Basic Industry and Chemicals 841.598 -5.250 71
5 Miscellanous Industry 1418.274 -2.043 46
6 Consumer Goods 2529.665 13.782 49
7 Cons., Property & Real Estate 454.173 -0.929 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1056.334 -5.796 71
9 Finance 1173.614 -2.714 91
10 Trade & Service 791.592 0.061 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 555 690 135 24.32
2 GLOB 182 226 44 24.18
3 PADI 655 810 155 23.66
4 YPAS 610 750 140 22.95
5 PNSE 935 1,100 165 17.65
6 KICI 260 300 40 15.38
7 RIMO 151 172 21 13.91
8 KINO 2,470 2,810 340 13.77
9 ETWA 72 79 7 9.72
10 PTSN 880 965 85 9.66
No Code Prev Close Change %
1 KONI 450 340 -110 -24.44
2 SQMI 418 316 -102 -24.40
3 SSTM 510 396 -114 -22.35
4 SOTS 545 444 -101 -18.53
5 MTSM 228 202 -26 -11.40
6 GDYR 2,140 1,900 -240 -11.21
7 META 244 220 -24 -9.84
8 TRAM 180 165 -15 -8.33
9 INCF 242 222 -20 -8.26
10 ASJT 380 350 -30 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 352 -8 -2.22
2 TLKM 3,750 3,730 -20 -0.53
3 BBRI 3,680 3,680 0 0.00
4 KPAS 705 705 0 0.00
5 RIMO 151 172 21 13.91
6 TRAM 180 165 -15 -8.33
7 ADRO 1,280 1,285 5 0.39
8 BHIT 61 61 0 0.00
9 MERK 7,200 7,500 300 4.17
10 ASII 8,450 8,450 0 0.00