Portal Berita Ekonomi Sabtu, 25 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:46 WIB. Pegadaian - Pegadaian menyetorkan dividen sebagai penerimaan negara sebesar Rp1,387 triliun.
  • 13:15 WIB. Trans Sumatra - Tol Trans Sumatra bisa melayani masyarakat pada libur Lebaran 2019.
  • 12:29 WIB. AP I - AP I menyebut terjadi penurunan jumlah extra flight untuk musim lebaran tahun ini.
  • 11:49 WIB. Pelindo I - Pelindo I menyiapkan aspek pelayanan dan kenyamanan penumpang mudik lebaran.
  • 10:39 WIB. Telkomsel - Telkomsel bekerjasama dengan Samsung dan HCI menghadirkan program “Low-Cost Bundling 4G”.
  • 10:37 WIB. Telkom - Telkom membagikan dividen Rp16,23 triliun.
  • 10:36 WIB. Jiwasraya - Jiwasraya menerbitkan MTN Rp500 miliar.
  • 10:35 WIB. Perbankan - Pertumbuhan kredit masih di kisaran 11,05% secara yoy di kuartal I 2019.
  • 10:33 WIB. PSSI - PSSI mendapatkan pinjaman US$10 juta dari Citibank untuk menambah armada kapal.
  • 10:32 WIB. Game Online - Indonesia jadi tuan rumah turnamen PUBG Mobile Asia Tenggara.
  • 10:30 WIB. Pupuk - Pupuk Indonesia menyiapkan 1,32 juta ton stok lebaran.

2019, Emil Harap Jabar Mulai Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut

2019, Emil Harap Jabar Mulai Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut - Warta Ekonomi
WE Online, Bandung -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) berharap launching reaktivasi jalur kereta Api (KA) Cibatu-Garut bisa dilakukan pada 2019 mendatang.

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu Garut Cikajang dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas menuju wilayah selatan Jawa Barat. Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 47,5 Km, yang terbagi dua seksi yaitu Seksi I Cibatu Garut sepanjang 19,29 Km dan Seksi ll Garut Cikajang sepanjang 28,21 Km. Jalur ini direncanakan meiewati 3 Stasiun yaitu Stasiun Cibatu, Garut, dan Cikajang. Total anggaran yang diperlukan sebesar Rp1,1 triliun. Reaktivasi jalur kereta api Cibatu, Garut, Cikajang direncanakan selesai pada tahun 2021-2022. 

Reaktivasi jakur KA itu dalam upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah, mengurangi kemacetan, dan menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi, serta meningkatkan aksesibilitas menuju daerah pariwisata. 

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya mengembangkan jaringan perkeretaapian, antara Iain dengan melakukan reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. 

"Saat ini Pemprov Jabar memprioritaskan empat rencana reaktivasi jalur kereta api, yaitu Reaktivasi Jalur Kereta Api Bandung Ciwidey; Rancaekek Tanjungsari; Banjar Pangandaran Cijulang; dan jalur Cibatu Garut a Cikajang, dengan total anggaran sekitar Rp7,9 triliun," kata Emil kepada wartawan disela kegiatan Jawa Barat Punya Informasi (JAPRI) di halaman gedung Sate Bandung, Kamis (27/9/21018).

Reaktivasi Jalur Kereta Api Bandung Ciwidey dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung aksesibilitas menuju daerah pariwisata di wilayah Bandung Selatan. Panjang jalur Bandung Ciwidey adalah 37.8 Km, yang direncanakan melewati 6 (enam) stasiun yaitu Stasiun Bandung, Cikudapateuh, Dayeuh Kolot, Banjaran, Soreang, dan Stasiun Ciwidey. 

"Total anggaran untuk mereaktivasi jalur tersebut diperkirakan sebesar Rp3,1 triliun. Reaktivasi jalur Bandung Ciwidey direncanakan beroperasi pada tahun 2022," jelasnya.

Sedangkan, reaktivasi jalur kereta api Rancaekek Tanjungsari dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas, mengurangi kemacetan, menurunkan tingkat penggunaan kendaraan pribadi dan mendukung aksesibilitas ke Bandara lnternasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka serta menunjang transponasi di kawasan pendidikan Jatinangor. Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 11,5 Km, dengan rencana 3 stasiun yaitu stasiun Rancaekek (eksisting), Jatinangor dan Tanjungsari. 

"Rencana Reaktivasi jalur ini diperkirakan memeriukan anggaran sebesar Rp1,3 triliun. Reaktivasi jalur ini diperkirakan selesai tahun 2021 -2022," ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Emil, reaktivasi jalur kereta api Banjar Pangandaran Cijulang dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung aksesibilitas menuju daerah pariwisata di Pangandaran Cijulang. Total anggaran untuk mereaktivasi jalur ini sepanjang 82 Km diperkirakan sebesar Rp2,5 triliun.

Panjang jalur yang akan direaktivasi direncanakan sepanjang 82 Km dan melewati 4 (empat) Stasiun Banjar (eksisting), Pangandaran, Parigi, dan Cijulang. sena 4 (empat) halte Batulawang, Cikembulan, Cikalong, dan Cibenda. 

"Reaktivasi jalur ini diharapkan selesai pada tahun 2023," pungkasnya.

Tag: Ridwan Kamil, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI)

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Vicky Fadil

Foto: Rahmat Saepulloh

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62