Portal Berita Ekonomi Rabu, 19 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:01 WIB. IHSG - IHSG melesat naik signifikan 1,02% ke level 6.144,11 di akhir sesi Rabu siang. 
  • 11:22 WIB. Sukuk - Maybank Indonesia akan bagikan imbal jasa bagi hasil sukuk senilai Rp1,15 miliar pada 07/01/2019 mendatang.
  • 09:59 WIB. PP - PT PP memproyeksikan dapat mengantongi kontrak baru Rp43 triliun pada akhir 2018.
  • 09:58 WIB. PP - PT PP memproyeksikan meraih laba bersih Rp1,58 triliun pada tahun ini.
  • 09:43 WIB. SMGR - Penjualan dalam negeri Semen Indonesia mencapai 25,1 juta ton.
  • 09:42 WIB. Rupiah - Rupiah jadi mata uang top Asia dengan penguatan hampir 1% di hadapan seluruh mata uang utama Asia. 
  • 09:42 WIB. SMGR - Semen Indonesia telah menjual 25 juta ton semen dalam 11 bulan di tahun ini.
  • 09:40 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast memprediksi arus kas operasional mencapai Rp1,1 triliun.

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional!

Foto Berita 3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Memperluas bisnis Anda secara internasional bukanlah upaya yang mudah, tetapi sering kali ini adalah langkah penting berikutnya dalam mengembangkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan. Jika Anda yakin dengan produk atau layanan Anda dan mencari peluang baru, mungkin saatnya untuk melihat melewati pasar lokal dan bisnis Anda siap go international.

Penting untuk diingat bahwa tidak peduli betapa suksesnya bisnis Anda saat ini, Anda tidak akan pernah merasa cukup siap menghadapi kendala yang tampaknya tidak ada habisnya muncul di dunia digital atau terhubung ke internet saat ini.

Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah tiga tanda bahwa bisnis Anda mungkin sudah dalam kondisi yang lebih baik untuk go international:

1. Anda bersemangat untuk menjangkau pelanggan internasional

Anda begitu bersemangat untuk mengupayakan bisnis Anda melampaui batas-batas lokal. Pertumbuhan internasional dapat menjadi usaha besar, tetapi pada akhirnya, ia menjanjikan akses ke basis pelanggan yang sangat besar dan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melupakan dasar-dasarnya. Apakah produk Anda akan disambut di setiap penjuru? Bagaimana Anda akan mengirimkannya? Apakah Anda perlu menerjemahkan materi pengemasan dan periklanan? Bagaimana dengan kepatuhan terhadap peraturan lokal tentang pajak, risiko, dan pembayaran? Semua pertanyaan ini penting untuk dipikirkan dan dijawab sebelum Anda membawa bisnis Anda ke luar negeri.

Apa yang akhirnya Anda temukan adalah bahwa hal-hal kecillah yang paling penting dan yang akan memastikan sumber daya Anda dialokasikan dengan cara yang tidak merugikan penjualan Anda, menyebabkan masalah hukum atau membuat pelanggan tidak puas.

Apabila Anda sudah terbesit pemikiran untuk bermitra dengan pasar yang mapan dan memiliki popularitas yang tinggi, itu sudah tepat. Dengan begitu dapat member Anda peluang terbaik menjangkau pelanggan dengan biaya terjangkau dan memberikan dukungan dengan cara yang mereka kenal.

Pasar juga akan memberi Anda bantuan dalam menangani banyak masalah, seperti logistik pengiriman dan pemasaran lokal. Ini akan mengurangi beban membangun saluran distribusi Anda sendiri di pasar yang tidak dikenal dan pada akhirnya memungkinkan bisnis Anda tumbuh dengan laju yang jauh lebih cepat di lebih banyak wilayah.

2. Anda memiliki kombinasi yang tepat dari operasi tingkat tinggi dan lokal di tempat

Ketika memikirkan rencana ekspansi internasional Anda, Anda yakin bahwa Anda akan dapat beroperasi secara efisien. Ini mengharuskan Anda menentukan berapa banyak kehadiran langsung yang akan Anda miliki di setiap wilayah, jika ada, serta jika Anda memerlukan mitra lokal untuk menangani aspek tertentu dari operasi Anda.

Tidak ada kombinasi yang akan sama untuk setiap perusahaan, tetapi penting untuk menemukan pendekatan yang paling sesuai untuk Anda. Tergantung pada produk atau layanan Anda, kebutuhan akan bervariasi dan keputusan ada di tangan Anda untuk memilih pendekatan apa yang akan paling memungkinkan perusahaan Anda untuk menangani tuntutan penskalaan basis pelanggan Anda yang semakin meluas.

3. Anda merasa nyaman dengan pemasok dan pelanggan Anda akan bekerja dengan luar negeri

Berpikir tentang menumbuhkan daftar pemasok Anda tidak membuat Anda gugup. Meskipun sebelumnya Anda mungkin telah terbiasa bekerja hanya dengan beberapa vendor tertentu, mengambil ekspansi internasional berarti bahwa produksi Anda pasti akan tumbuh. Mampu percaya bahwa pemasok baru Anda akan memberikan produk berkualitas dan mematuhi persyaratan pembayaran yang disepakati akan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan kemampuan Anda untuk memberikan pengalaman berkualitas bagi pelanggan internasional Anda. Pelanggan baru kemungkinan tidak akan merasa nyaman mengirim uang dalam jumlah besar ke perusahaan asing yang belum pernah dikerjakan, juga tidak akan Anda ingin mengirim produk ke pelanggan di luar negeri tanpa menerima pembayaran sebelumnya.

Meskipun perluasan secara internasional dapat terasa menakutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan eCommerce selama dekade terakhir telah menyebabkan berkembangnya berbagai solusi yang membuatnya lebih mudah untuk melakukan bisnis di luar negeri. Jika perusahaan Anda mengidentifikasi sejak awal di mana masalah potensial akan muncul, atau tugas apa yang akan membutuhkan upaya internal yang signifikan, kemungkinan besar ada solusi yang ada dan dapat memecahkan titik nyeri ini. Bahkan, dengan pertumbuhan sektor pembayaran global dan booming pasar online, setiap perusahaan dengan produk atau layanan yang bagus dapat berhasil memperluas secara global.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6081.867 -7.438 621
2 Agriculture 1530.458 0.983 20
3 Mining 1720.067 -20.197 47
4 Basic Industry and Chemicals 829.258 6.156 71
5 Miscellanous Industry 1407.197 10.701 46
6 Consumer Goods 2485.081 -0.352 49
7 Cons., Property & Real Estate 442.497 -5.069 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1050.648 2.298 71
9 Finance 1157.320 -4.652 91
10 Trade & Service 782.748 -0.305 153
No Code Prev Close Change %
1 GLOB 282 352 70 24.82
2 AGRS 230 286 56 24.35
3 TRUS 268 322 54 20.15
4 KICI 270 320 50 18.52
5 KONI 424 500 76 17.92
6 LUCK 655 770 115 17.56
7 ABBA 89 104 15 16.85
8 DUCK 1,435 1,615 180 12.54
9 TFCO 590 660 70 11.86
10 VIVA 117 130 13 11.11
No Code Prev Close Change %
1 SSTM 478 400 -78 -16.32
2 POLL 1,760 1,550 -210 -11.93
3 SDRA 850 750 -100 -11.76
4 TIRA 150 133 -17 -11.33
5 ENRG 63 56 -7 -11.11
6 AHAP 68 61 -7 -10.29
7 SQMI 300 270 -30 -10.00
8 POOL 4,690 4,240 -450 -9.59
9 ETWA 79 72 -7 -8.86
10 HEAL 2,850 2,600 -250 -8.77
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 362 2 0.56
2 BBCA 25,825 25,325 -500 -1.94
3 BBRI 3,600 3,630 30 0.83
4 TLKM 3,710 3,740 30 0.81
5 LPPF 5,825 5,825 0 0.00
6 PTBA 4,390 4,230 -160 -3.64
7 UNTR 28,700 29,125 425 1.48
8 RIMO 140 141 1 0.71
9 ADRO 1,280 1,240 -40 -3.12
10 ITMG 20,150 20,000 -150 -0.74