Portal Berita Ekonomi Selasa, 25 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:43 WIB. Apple - Apple resmi rilis iOS 13 dan iPadOS Beta.
  • 20:31 WIB. Huawei - Dalam sebulan, penjualan Huawei di luar China turun 40%. 
  • 20:16 WIB. Walmart - Walmart Meksiko mulai terima pesanan via WhatsApp.
  • 20:05 WIB. Xiaomi - Xiaomi siap rilis dua smartphone seri baru Mi CC9.
  • 19:53 WIB. Asus - Kantongi sertifikat TKDN, Asus Zenfone 6 segera masuk Indonesia.
  • 19:29 WIB. Google - Proyek smart city Google di Kanada janji rahasiakan data pribadi.
  • 19:14 WIB. Tesla - AS kabulkan permohonan Tesla untuk keringanan cukai impor aluminium.
  • 19:01 WIB. Xiaomi - Xiaomi setop produksi smartphone Mi Note dan Mi Max.
  • 18:47 WIB. Asus - Asus bawa laptop gaming ROG dan TUF baru ke Indonesia.
  • 16:59 WIB. Indosat - Indosat Ooredoo kenalkan kualitas jaringan 4G Plus.

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional!

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Memperluas bisnis Anda secara internasional bukanlah upaya yang mudah, tetapi sering kali ini adalah langkah penting berikutnya dalam mengembangkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan. Jika Anda yakin dengan produk atau layanan Anda dan mencari peluang baru, mungkin saatnya untuk melihat melewati pasar lokal dan bisnis Anda siap go international.

Penting untuk diingat bahwa tidak peduli betapa suksesnya bisnis Anda saat ini, Anda tidak akan pernah merasa cukup siap menghadapi kendala yang tampaknya tidak ada habisnya muncul di dunia digital atau terhubung ke internet saat ini.

Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah tiga tanda bahwa bisnis Anda mungkin sudah dalam kondisi yang lebih baik untuk go international:

1. Anda bersemangat untuk menjangkau pelanggan internasional

Anda begitu bersemangat untuk mengupayakan bisnis Anda melampaui batas-batas lokal. Pertumbuhan internasional dapat menjadi usaha besar, tetapi pada akhirnya, ia menjanjikan akses ke basis pelanggan yang sangat besar dan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melupakan dasar-dasarnya. Apakah produk Anda akan disambut di setiap penjuru? Bagaimana Anda akan mengirimkannya? Apakah Anda perlu menerjemahkan materi pengemasan dan periklanan? Bagaimana dengan kepatuhan terhadap peraturan lokal tentang pajak, risiko, dan pembayaran? Semua pertanyaan ini penting untuk dipikirkan dan dijawab sebelum Anda membawa bisnis Anda ke luar negeri.

Apa yang akhirnya Anda temukan adalah bahwa hal-hal kecillah yang paling penting dan yang akan memastikan sumber daya Anda dialokasikan dengan cara yang tidak merugikan penjualan Anda, menyebabkan masalah hukum atau membuat pelanggan tidak puas.

Apabila Anda sudah terbesit pemikiran untuk bermitra dengan pasar yang mapan dan memiliki popularitas yang tinggi, itu sudah tepat. Dengan begitu dapat member Anda peluang terbaik menjangkau pelanggan dengan biaya terjangkau dan memberikan dukungan dengan cara yang mereka kenal.

Pasar juga akan memberi Anda bantuan dalam menangani banyak masalah, seperti logistik pengiriman dan pemasaran lokal. Ini akan mengurangi beban membangun saluran distribusi Anda sendiri di pasar yang tidak dikenal dan pada akhirnya memungkinkan bisnis Anda tumbuh dengan laju yang jauh lebih cepat di lebih banyak wilayah.

2. Anda memiliki kombinasi yang tepat dari operasi tingkat tinggi dan lokal di tempat

Ketika memikirkan rencana ekspansi internasional Anda, Anda yakin bahwa Anda akan dapat beroperasi secara efisien. Ini mengharuskan Anda menentukan berapa banyak kehadiran langsung yang akan Anda miliki di setiap wilayah, jika ada, serta jika Anda memerlukan mitra lokal untuk menangani aspek tertentu dari operasi Anda.

Tidak ada kombinasi yang akan sama untuk setiap perusahaan, tetapi penting untuk menemukan pendekatan yang paling sesuai untuk Anda. Tergantung pada produk atau layanan Anda, kebutuhan akan bervariasi dan keputusan ada di tangan Anda untuk memilih pendekatan apa yang akan paling memungkinkan perusahaan Anda untuk menangani tuntutan penskalaan basis pelanggan Anda yang semakin meluas.

3. Anda merasa nyaman dengan pemasok dan pelanggan Anda akan bekerja dengan luar negeri

Berpikir tentang menumbuhkan daftar pemasok Anda tidak membuat Anda gugup. Meskipun sebelumnya Anda mungkin telah terbiasa bekerja hanya dengan beberapa vendor tertentu, mengambil ekspansi internasional berarti bahwa produksi Anda pasti akan tumbuh. Mampu percaya bahwa pemasok baru Anda akan memberikan produk berkualitas dan mematuhi persyaratan pembayaran yang disepakati akan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan kemampuan Anda untuk memberikan pengalaman berkualitas bagi pelanggan internasional Anda. Pelanggan baru kemungkinan tidak akan merasa nyaman mengirim uang dalam jumlah besar ke perusahaan asing yang belum pernah dikerjakan, juga tidak akan Anda ingin mengirim produk ke pelanggan di luar negeri tanpa menerima pembayaran sebelumnya.

Meskipun perluasan secara internasional dapat terasa menakutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan eCommerce selama dekade terakhir telah menyebabkan berkembangnya berbagai solusi yang membuatnya lebih mudah untuk melakukan bisnis di luar negeri. Jika perusahaan Anda mengidentifikasi sejak awal di mana masalah potensial akan muncul, atau tugas apa yang akan membutuhkan upaya internal yang signifikan, kemungkinan besar ada solusi yang ada dan dapat memecahkan titik nyeri ini. Bahkan, dengan pertumbuhan sektor pembayaran global dan booming pasar online, setiap perusahaan dengan produk atau layanan yang bagus dapat berhasil memperluas secara global.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,788.76 3,750.60
British Pound GBP 1.00 18,120.74 17,938.24
China Yuan CNY 1.00 2,071.89 2,051.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,209.00 14,067.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,897.99 9,796.26
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,820.08 1,801.82
Dolar Singapura SGD 1.00 10,505.73 10,399.20
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.63 16,042.01
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,430.47 3,393.73
Yen Jepang JPY 100.00 13,264.56 13,128.32

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6320.445 31.980 636
2 Agriculture 1462.734 12.139 21
3 Mining 1729.467 84.267 46
4 Basic Industry and Chemicals 773.084 8.727 71
5 Miscellanous Industry 1274.058 -1.017 47
6 Consumer Goods 2405.119 3.777 52
7 Cons., Property & Real Estate 486.531 -1.769 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1191.003 6.146 74
9 Finance 1291.358 1.492 90
10 Trade & Service 802.181 3.053 159
No Code Prev Close Change %
1 INDY 1,335 1,675 340 25.47
2 POSA 360 450 90 25.00
3 SMBR 875 1,090 215 24.57
4 ALKA 360 438 78 21.67
5 KONI 376 448 72 19.15
6 INPP 760 880 120 15.79
7 KIOS 635 735 100 15.75
8 KICI 268 310 42 15.67
9 GOLD 438 500 62 14.16
10 HRUM 1,395 1,590 195 13.98
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 468 352 -116 -24.79
2 HDFA 168 136 -32 -19.05
3 BRAM 10,000 8,100 -1,900 -19.00
4 YULE 181 161 -20 -11.05
5 ARTA 460 410 -50 -10.87
6 PGLI 476 430 -46 -9.66
7 PYFA 188 170 -18 -9.57
8 NICK 270 246 -24 -8.89
9 WIIM 252 230 -22 -8.73
10 MAYA 7,000 6,425 -575 -8.21
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,615 1,835 220 13.62
2 INDY 1,335 1,675 340 25.47
3 ANTM 795 845 50 6.29
4 PTBA 2,880 3,060 180 6.25
5 MNCN 1,000 985 -15 -1.50
6 SMBR 875 1,090 215 24.57
7 BBRI 4,310 4,330 20 0.46
8 TAMU 500 520 20 4.00
9 JPFA 1,495 1,520 25 1.67
10 ADRO 1,245 1,330 85 6.83