Portal Berita Ekonomi Rabu, 08 April 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:01 WIB. IHSG - IHSG melemah 3,18% di akhir sesi II.
  • 13:30 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,27% terhadap Poundsterling pada level 1,2299 USD/GBP.
  • 13:29 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,50% terhadap Euro pada level 1,0837 USD/EUR.
  • 13:25 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,14% terhadap Yen pada level 108,91 JPY/USD.
  • 13:12 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.645 USD/troy ounce.
  • 13:11 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 32,75 USD/barel.
  • 13:11 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 25,13 USD/barel.
  • 11:31 WIB. IHSG - IHSG melemah 3,16% di akhir sesi I.

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional!

3 Tanda Ini Ada di Bisnis Anda? Berarti Bisnis Anda Siap Go Internasional! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Memperluas bisnis Anda secara internasional bukanlah upaya yang mudah, tetapi sering kali ini adalah langkah penting berikutnya dalam mengembangkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan. Jika Anda yakin dengan produk atau layanan Anda dan mencari peluang baru, mungkin saatnya untuk melihat melewati pasar lokal dan bisnis Anda siap go international.

Penting untuk diingat bahwa tidak peduli betapa suksesnya bisnis Anda saat ini, Anda tidak akan pernah merasa cukup siap menghadapi kendala yang tampaknya tidak ada habisnya muncul di dunia digital atau terhubung ke internet saat ini.

Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah tiga tanda bahwa bisnis Anda mungkin sudah dalam kondisi yang lebih baik untuk go international:

1. Anda bersemangat untuk menjangkau pelanggan internasional

Anda begitu bersemangat untuk mengupayakan bisnis Anda melampaui batas-batas lokal. Pertumbuhan internasional dapat menjadi usaha besar, tetapi pada akhirnya, ia menjanjikan akses ke basis pelanggan yang sangat besar dan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melupakan dasar-dasarnya. Apakah produk Anda akan disambut di setiap penjuru? Bagaimana Anda akan mengirimkannya? Apakah Anda perlu menerjemahkan materi pengemasan dan periklanan? Bagaimana dengan kepatuhan terhadap peraturan lokal tentang pajak, risiko, dan pembayaran? Semua pertanyaan ini penting untuk dipikirkan dan dijawab sebelum Anda membawa bisnis Anda ke luar negeri.

Apa yang akhirnya Anda temukan adalah bahwa hal-hal kecillah yang paling penting dan yang akan memastikan sumber daya Anda dialokasikan dengan cara yang tidak merugikan penjualan Anda, menyebabkan masalah hukum atau membuat pelanggan tidak puas.

Apabila Anda sudah terbesit pemikiran untuk bermitra dengan pasar yang mapan dan memiliki popularitas yang tinggi, itu sudah tepat. Dengan begitu dapat member Anda peluang terbaik menjangkau pelanggan dengan biaya terjangkau dan memberikan dukungan dengan cara yang mereka kenal.

Pasar juga akan memberi Anda bantuan dalam menangani banyak masalah, seperti logistik pengiriman dan pemasaran lokal. Ini akan mengurangi beban membangun saluran distribusi Anda sendiri di pasar yang tidak dikenal dan pada akhirnya memungkinkan bisnis Anda tumbuh dengan laju yang jauh lebih cepat di lebih banyak wilayah.

2. Anda memiliki kombinasi yang tepat dari operasi tingkat tinggi dan lokal di tempat

Ketika memikirkan rencana ekspansi internasional Anda, Anda yakin bahwa Anda akan dapat beroperasi secara efisien. Ini mengharuskan Anda menentukan berapa banyak kehadiran langsung yang akan Anda miliki di setiap wilayah, jika ada, serta jika Anda memerlukan mitra lokal untuk menangani aspek tertentu dari operasi Anda.

Tidak ada kombinasi yang akan sama untuk setiap perusahaan, tetapi penting untuk menemukan pendekatan yang paling sesuai untuk Anda. Tergantung pada produk atau layanan Anda, kebutuhan akan bervariasi dan keputusan ada di tangan Anda untuk memilih pendekatan apa yang akan paling memungkinkan perusahaan Anda untuk menangani tuntutan penskalaan basis pelanggan Anda yang semakin meluas.

3. Anda merasa nyaman dengan pemasok dan pelanggan Anda akan bekerja dengan luar negeri

Berpikir tentang menumbuhkan daftar pemasok Anda tidak membuat Anda gugup. Meskipun sebelumnya Anda mungkin telah terbiasa bekerja hanya dengan beberapa vendor tertentu, mengambil ekspansi internasional berarti bahwa produksi Anda pasti akan tumbuh. Mampu percaya bahwa pemasok baru Anda akan memberikan produk berkualitas dan mematuhi persyaratan pembayaran yang disepakati akan sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan kemampuan Anda untuk memberikan pengalaman berkualitas bagi pelanggan internasional Anda. Pelanggan baru kemungkinan tidak akan merasa nyaman mengirim uang dalam jumlah besar ke perusahaan asing yang belum pernah dikerjakan, juga tidak akan Anda ingin mengirim produk ke pelanggan di luar negeri tanpa menerima pembayaran sebelumnya.

Meskipun perluasan secara internasional dapat terasa menakutkan, tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan eCommerce selama dekade terakhir telah menyebabkan berkembangnya berbagai solusi yang membuatnya lebih mudah untuk melakukan bisnis di luar negeri. Jika perusahaan Anda mengidentifikasi sejak awal di mana masalah potensial akan muncul, atau tugas apa yang akan membutuhkan upaya internal yang signifikan, kemungkinan besar ada solusi yang ada dan dapat memecahkan titik nyeri ini. Bahkan, dengan pertumbuhan sektor pembayaran global dan booming pasar online, setiap perusahaan dengan produk atau layanan yang bagus dapat berhasil memperluas secara global.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

Baca Juga

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,343.24 4,297.73
British Pound GBP 1.00 20,125.34 19,917.01
China Yuan CNY 1.00 2,311.19 2,286.57
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,326.23 16,163.78
Dolar Australia AUD 1.00 10,037.37 9,929.41
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,106.01 2,084.92
Dolar Singapura SGD 1.00 11,445.76 11,327.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,749.88 17,568.41
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,757.48 3,711.97
Yen Jepang JPY 100.00 15,012.63 14,859.15
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4778.639 -33.188 686
2 Agriculture 1012.487 28.878 22
3 Mining 1262.596 6.021 49
4 Basic Industry and Chemicals 676.943 -3.768 78
5 Miscellanous Industry 759.171 1.911 51
6 Consumer Goods 1756.664 -33.329 57
7 Cons., Property & Real Estate 347.664 -1.666 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 853.285 -17.792 78
9 Finance 1024.623 -3.220 92
10 Trade & Service 608.266 -0.049 170
No Code Prev Close Change %
1 BTPS 2,230 2,780 550 24.66
2 MTPS 270 336 66 24.44
3 SQMI 200 248 48 24.00
4 ERAA 990 1,210 220 22.22
5 AMIN 284 342 58 20.42
6 MFIN 1,030 1,240 210 20.39
7 ESTA 105 125 20 19.05
8 GSMF 100 116 16 16.00
9 PPRO 50 58 8 16.00
10 BFIN 290 334 44 15.17
No Code Prev Close Change %
1 SSIA 400 372 -28 -7.00
2 ARTA 400 372 -28 -7.00
3 LTLS 488 454 -34 -6.97
4 MARI 158 147 -11 -6.96
5 TNCA 230 214 -16 -6.96
6 ATIC 720 670 -50 -6.94
7 DFAM 346 322 -24 -6.94
8 SKBM 346 322 -24 -6.94
9 HRME 464 432 -32 -6.90
10 INDS 1,740 1,620 -120 -6.90
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,020 3,030 10 0.33
2 REAL 77 72 -5 -6.49
3 MNCN 1,050 1,040 -10 -0.95
4 TLKM 3,330 3,220 -110 -3.30
5 BBCA 28,675 28,275 -400 -1.39
6 BTPS 2,230 2,780 550 24.66
7 PPRO 50 58 8 16.00
8 WSKT 635 665 30 4.72
9 BBNI 4,290 4,310 20 0.47
10 ANTM 540 555 15 2.78