Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:50 WIB. Andre Rosiade - Jokowi harus bekerja lebih keras lagi mengendalikan harga sembako.
  • 15:50 WIB. Andre Rosiade - Banyak emak-emak keluhkan harga di pasar naik.
  • 15:50 WIB. Andre Rosiade - Banyak emak-emak keluhkan harga di pasar naik.
  • 15:49 WIB. Andre Rosiade - Jokowi jangan tutup mata dan bilang harga pada naik karena politisasi.
  • 15:49 WIB. Andre Rosiade - Jangan sampai keluhan rakyat soal harga sembako di politisasi.
  • 15:37 WIB. IHSG - Menjelang penutupan perdagangan sesi II, IHSG turun 29,09 poin atau 0,48% ke level Rp5,983.26
  • 15:27 WIB. Liabilitas - Terima utang Rp27,910 miliar, liabilitas YULE meningkat 516,69%.
  • 14:43 WIB. Obigasi - Hari ini, obligasi berkelanjutan III tahap III BFI Finance senilai Rp335 miliar jatuh tempo.
  • 14:42 WIB. Saham - PT Paninvest beli 157.764.000 saham PT Panin Financial. 
  • 14:42 WIB. Pelindo - Pelindo I terima kredit Rp1,3 triliun dari BMRI, BBRI, dan BBNI.
  • 14:23 WIB. Bursa - Bakrie and Brothers konversikan utang sebesar Rp9,38 triliun menjadi 146,62 juta saham baru.
  • 14:23 WIB. Perbankan -  Bank QNB Indonesia targetkan menjadi bank terbesar di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara (MEASEA) di tahun 2020. 
  • 14:20 WIB. Kopi - Produksi kopi robusta Provinsi Lampung pada tahun ini diperkirakan mencapai 104.716 ton.
  • 14:18 WIB. Kopra - Harga kopra di Malut saat ini berada di bawah Rp3.000/Kg.
  • 14:17 WIB. Kopra - Disperindag Maluku Utara Malut menyediakan sejumlah skema untuk mengatasi anjloknya harga kopra di tingkat petani.

Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut...

Foto Berita Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut...
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Merancang strategi pemasaran seluler adalah seni dan sains. Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor, mendengarkan dugaan Anda tentang audiens Anda, memanfaatkan pengalaman Anda, dan menerapkan taktik baru. Tapi, bagaimana caranya Anda mengetahui jika strategi Anda dikatakan berhasil?

Anda tidak akan mengetahuinya kecuali mengukurnya. Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda.

1. Mulai dengan Tujuan

Mengukur strategi pemasaran seluler Anda dimulai sebelum Anda memulai promosi pertama Anda. Ini terlebih dahulu dimulai dengan tujuan Anda. Saat membuat strategi pemasaran Anda, pilih sasaran yang terkait dengan Key Performance Indicator (KPI) bisnis Anda. Misalnya, jika strategi pemasaran Anda difokuskan pada pembuatan permintaan, Anda dapat mengukur hal-hal seperti jumlah unduhan aplikasi atau jumlah tayangan yang Anda dapatkan pada promosi iklan tertentu.

Jika Anda mencoba meningkatkan perolehan prospek, Anda dapat mengukur jumlah unduhan dari magnet utama atau pendaftaran dalam aplikasi untuk buletin Anda. Konversi kemungkinan akan diukur dengan pembelian, meskipun ini bergantung pada model bisnis Anda.

2. Pantau Analisis

Analisis seluler adalah tulang punggung upaya pengukuran Anda. Titik utama pengumpulan analisis sederhana: lihat apakah Anda memenuhi tujuan Anda?

Dengan alat analisis yang canggih, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi Anda, apa yang mereka lakukan dengannya, dan kapan mereka berhenti menggunakannya. Anda dapat mengukur dan melacak setiap tahap siklus hidup pengguna.

Namun, analisis seluler dapat melakukan lebih dari itu. Mereka juga dapat menunjukkan kepada Anda tren baru untuk dimanfaatkan ketika Anda menetapkan putaran tujuan berikutnya.

Misalnya, Anda mungkin mengetahui bahwa pengguna tidak menggunakan fitur aplikasi tertentu. Tujuan Anda berikutnya mungkin adalah membuat lebih banyak orang mencobanya. Atau Anda dapat melihat bahwa penggunaan cenderung menurun pada waktu-waktu tertentu dalam satu hari atau minggu. Anda mungkin ingin menyelidiki dan memberi insentif kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi selama waktu tersebut.

Dengan analitik yang efektif, Anda akan dapat mengukur apakah strategi pemasaran Anda berhasil dan melihat di mana untuk melakukan perbaikan. Sesederhana itu.

3. Dapatkan Data Kualitatif

Analisis dapat memberi Anda sejumlah besar data kuantitatif. Namun, ketika mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda, ada baiknya untuk mendapatkan data kualitatif juga.

Anda tidak perlu menjalankan grup fokus untuk mendapatkan jenis data ini. Anda dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti meminta feedback melalui pemberitahuan dalam aplikasi sederhana. Atau kirimkan email ke beberapa pengguna Anda dan tanyakan pendapat mereka tentang aplikasi atau situs seluler Anda.

Data kualitatif memberi Anda wawasan tentang pengalaman pengguna Anda. Dan itu dapat membuka jalan baru untuk eksplorasi dalam strategi pemasaran Anda. Anda mungkin terkejut melihat betapa berwawasannya pengguna Anda ketika diminta pendapatnya.

4. Lakukan Perubahan & Eksperimen

Ini adalah langkah penting: setelah Anda mengukur strategi pemasaran seluler Anda dan melihat seberapa baik kinerjanya, Anda akan melakukan beberapa perubahan. Anda akan menemukan bagian-bagian dari strategi yang tidak berjalan dengan baik seperti yang Anda harapkan. Dan beberapa bagian tak terduga yang berkinerja sangat baik.

Setelah Anda secara efektif mengukur strategi Anda, Anda dapat membuat perubahan pada kedua area tersebut untuk meningkatkan keampuhannya. Misalnya, jika penawaran email tertentu mengarah ke pengguna yang lebih terlibat dengan aplikasi Anda, Anda dapat mengirim tawaran itu ke lebih banyak pengguna.

5. Ukur Ulang

Setelah Anda melakukan beberapa perubahan, Anda harus mengukur kembali indikator kinerja utama Anda. Untuk sebagian besar, Anda ingin mengukur hal yang sama persis yang Anda lakukan sebelumnya untuk mendapatkan perbandingan yang adil.

Ini memungkinkan Anda membandingkan sebelum dan sesudahnya, dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang bagaimana perubahan Anda memengaruhi metrik Anda. Anda mungkin ingin memasukkan beberapa metrik baru jika taktik Anda telah berubah.

Tetapi bagian yang penting adalah menjaga agar metrik Anda selalu diperbarui. Kemudian ukur dan cari pola. Itulah yang menghasilkan peningkatan berkelanjutan untuk strategi pemasaran seluler Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35