Portal Berita Ekonomi Minggu, 20 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut...

Foto Berita Ukur Seberapa Efektifnya Strategi Pemasaran Seluler dengan Taktik Berikut...
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Merancang strategi pemasaran seluler adalah seni dan sains. Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor, mendengarkan dugaan Anda tentang audiens Anda, memanfaatkan pengalaman Anda, dan menerapkan taktik baru. Tapi, bagaimana caranya Anda mengetahui jika strategi Anda dikatakan berhasil?

Anda tidak akan mengetahuinya kecuali mengukurnya. Berdasarkan rangkuman dari entrepreneur.com, berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda.

1. Mulai dengan Tujuan

Mengukur strategi pemasaran seluler Anda dimulai sebelum Anda memulai promosi pertama Anda. Ini terlebih dahulu dimulai dengan tujuan Anda. Saat membuat strategi pemasaran Anda, pilih sasaran yang terkait dengan Key Performance Indicator (KPI) bisnis Anda. Misalnya, jika strategi pemasaran Anda difokuskan pada pembuatan permintaan, Anda dapat mengukur hal-hal seperti jumlah unduhan aplikasi atau jumlah tayangan yang Anda dapatkan pada promosi iklan tertentu.

Jika Anda mencoba meningkatkan perolehan prospek, Anda dapat mengukur jumlah unduhan dari magnet utama atau pendaftaran dalam aplikasi untuk buletin Anda. Konversi kemungkinan akan diukur dengan pembelian, meskipun ini bergantung pada model bisnis Anda.

2. Pantau Analisis

Analisis seluler adalah tulang punggung upaya pengukuran Anda. Titik utama pengumpulan analisis sederhana: lihat apakah Anda memenuhi tujuan Anda?

Dengan alat analisis yang canggih, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang menggunakan aplikasi Anda, apa yang mereka lakukan dengannya, dan kapan mereka berhenti menggunakannya. Anda dapat mengukur dan melacak setiap tahap siklus hidup pengguna.

Namun, analisis seluler dapat melakukan lebih dari itu. Mereka juga dapat menunjukkan kepada Anda tren baru untuk dimanfaatkan ketika Anda menetapkan putaran tujuan berikutnya.

Misalnya, Anda mungkin mengetahui bahwa pengguna tidak menggunakan fitur aplikasi tertentu. Tujuan Anda berikutnya mungkin adalah membuat lebih banyak orang mencobanya. Atau Anda dapat melihat bahwa penggunaan cenderung menurun pada waktu-waktu tertentu dalam satu hari atau minggu. Anda mungkin ingin menyelidiki dan memberi insentif kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi selama waktu tersebut.

Dengan analitik yang efektif, Anda akan dapat mengukur apakah strategi pemasaran Anda berhasil dan melihat di mana untuk melakukan perbaikan. Sesederhana itu.

3. Dapatkan Data Kualitatif

Analisis dapat memberi Anda sejumlah besar data kuantitatif. Namun, ketika mengukur keefektifan strategi pemasaran seluler Anda, ada baiknya untuk mendapatkan data kualitatif juga.

Anda tidak perlu menjalankan grup fokus untuk mendapatkan jenis data ini. Anda dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti meminta feedback melalui pemberitahuan dalam aplikasi sederhana. Atau kirimkan email ke beberapa pengguna Anda dan tanyakan pendapat mereka tentang aplikasi atau situs seluler Anda.

Data kualitatif memberi Anda wawasan tentang pengalaman pengguna Anda. Dan itu dapat membuka jalan baru untuk eksplorasi dalam strategi pemasaran Anda. Anda mungkin terkejut melihat betapa berwawasannya pengguna Anda ketika diminta pendapatnya.

4. Lakukan Perubahan & Eksperimen

Ini adalah langkah penting: setelah Anda mengukur strategi pemasaran seluler Anda dan melihat seberapa baik kinerjanya, Anda akan melakukan beberapa perubahan. Anda akan menemukan bagian-bagian dari strategi yang tidak berjalan dengan baik seperti yang Anda harapkan. Dan beberapa bagian tak terduga yang berkinerja sangat baik.

Setelah Anda secara efektif mengukur strategi Anda, Anda dapat membuat perubahan pada kedua area tersebut untuk meningkatkan keampuhannya. Misalnya, jika penawaran email tertentu mengarah ke pengguna yang lebih terlibat dengan aplikasi Anda, Anda dapat mengirim tawaran itu ke lebih banyak pengguna.

5. Ukur Ulang

Setelah Anda melakukan beberapa perubahan, Anda harus mengukur kembali indikator kinerja utama Anda. Untuk sebagian besar, Anda ingin mengukur hal yang sama persis yang Anda lakukan sebelumnya untuk mendapatkan perbandingan yang adil.

Ini memungkinkan Anda membandingkan sebelum dan sesudahnya, dan memberi Anda gambaran yang jelas tentang bagaimana perubahan Anda memengaruhi metrik Anda. Anda mungkin ingin memasukkan beberapa metrik baru jika taktik Anda telah berubah.

Tetapi bagian yang penting adalah menjaga agar metrik Anda selalu diperbarui. Kemudian ukur dan cari pola. Itulah yang menghasilkan peningkatan berkelanjutan untuk strategi pemasaran seluler Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56