Portal Berita Ekonomi Senin, 17 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:20 WIB. Samsung - Samsung Galaxy S10 bakal punya lubang kecil di layar.
  • 22:18 WIB. Steve Jobs - Kartu nama Steve Jobs laku Rp91 juta.
  • 22:17 WIB. Twitter - Twitter hapus ratusan ribu akun terorisme.
  • 22:15 WIB. Airpods - Google dan Amazon diprediksi bakal luncurkan pesaing Airpods.
  • 22:14 WIB. XL - Trafik layanan data XL Axiata naik 58%.
  • 16:34 WIB. BM - Distributor ponsel lokal keluhkan rugi akibat ponsel BM.
  • 16:33 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo ungkap aduan pornografi tembus 868 ribu.
  • 16:32 WIB. Youtube - Youtube Rewind 2018 jadi video dengan dislike terbanyak.
  • 16:31 WIB. Mobile Legends - Mobile Legends siap rilis hero baru Kadita yang mirip Nyi Roro Kidul.
  • 16:30 WIB. Grab - Grab punya 220 engineer di pusat riset Jakarta.

Perusahaan E-Commerce Harus Siapkan Ini

Foto Berita Perusahaan E-Commerce Harus Siapkan Ini
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Di zaman yang serba internet seperti saat ini, masyarakat di Indonesia lebih sering memanfaatkan kemajuan teknologi dan membuat semuanya serba digital.

Sama halnya dengan penduduk di India, menurut penelitian 40% penduduk di sana adalah pengguna internet aktif. Penelitian juga mengatakan, pengguna internet di sana diperkirakan akan meningkat dari 481 juta pada Desember 2017 menjadi 829 juta pada 2021.

Tentu melihat kemajuan internet dan digital di zaman sekarang akan dimanfaatkan oleh perusahaan e-commerce. Investasi oleh perusahaan e-commerce dan perluasan solusi teknologi yang disediakan oleh mereka hanya akan menaikkan angka ini, yang diperkirakan akan melampaui angka 10 juta pada tahun 2020.

Biasanya dengan memanfaatkan hari-hari besar; akhir pekan dan hari-hari diskon, perusahaan e-commerce ­meluaskan produknya. Investor juga mendorong lebih banyak uang ke pasar untuk memperluas persediaan dan operasi. Perusahaan e-commerce secara perlahan menyelaraskan kembali tujuan bisnis mereka untuk menyebarluaskan kembali produknya ke berbagai daerah yang belum terjamah. Pendekatan melalui diskon-diskon telah menguabh pola pembelian yang biasa.

Tantangan

Terlepas dari semua ini, perusahaan e-commerce kini menghadapi masalah. Ketika mereka memasuki fase baru ini, produktivitas adalah mantra baru. Dengan perluasan perusahaan e-commerce ini, menjadikan tenaga kerja mereka lebih produktif adalah kekhawatiran yang semakin besar. Tantangan lain yang datang dengan skala adalah kelesuan dan kepuasan diri yang langsung menyentuh kinerja perusahaan.

Aspek lain yang harus diselesaikan oleh perusahaan e-commerce adalah menjembatani kesenjangan komunikasi dengan karyawannya. Perlu ada indikasi yang sangat jelas tentang apa yang ditawarkan oleh pemberi kerja dan apa lagi yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan berbagai insentif yang diberikan. Sementara saat ini karyawan bekerja berdasarkan model pembayaran per pengiriman, kinerja yang didorong insentif ini menciptakan beberapa ambiguitas dan akan selalu memiliki tantangan transparansi.

Sementara itu, perusahaan e-commerce mempromosikan konsep ini dengan mempercayainya untuk menjadi alat yang produktif dan tidak menyadari bahwa ini akan semakin mengarah pada tingkat erosi yang lebih tinggi. Perusahaan e-commerce harus mengikat dengan mitra yang memiliki pengalaman dalam mengelola tantangan ini.

Perusahaan e-commerce harus menemukan cara untuk memasukkan kemampuan dan ruang lingkup untuk meningkatkan keterampilan. Layanan pembelajaran akan bermanfaat bagi semua karyawannya dan ini akan secara langsung menguntungkan para pemain e-commerce, karena ini akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Selain itu, itu juga akan mendorong karyawan untuk mengambil lebih banyak tantangan dan inisiatif, sehingga mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan e-commerce dalam hal pengurangan. Ini juga akan bertindak sebagai alat retensi yang sangat baik dalam waktu di mana semakin banyak perusahaan e-commerce menetapkan basis dan menawarkan insentif kompetitif untuk menarik bakat.

Tag: E-commerce

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/William

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6169.843 -7.877 621
2 Agriculture 1522.036 5.966 20
3 Mining 1764.925 -11.589 47
4 Basic Industry and Chemicals 841.598 -5.250 71
5 Miscellanous Industry 1418.274 -2.043 46
6 Consumer Goods 2529.665 13.782 49
7 Cons., Property & Real Estate 454.173 -0.929 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1056.334 -5.796 71
9 Finance 1173.614 -2.714 91
10 Trade & Service 791.592 0.061 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 555 690 135 24.32
2 GLOB 182 226 44 24.18
3 PADI 655 810 155 23.66
4 YPAS 610 750 140 22.95
5 PNSE 935 1,100 165 17.65
6 KICI 260 300 40 15.38
7 RIMO 151 172 21 13.91
8 KINO 2,470 2,810 340 13.77
9 ETWA 72 79 7 9.72
10 PTSN 880 965 85 9.66
No Code Prev Close Change %
1 KONI 450 340 -110 -24.44
2 SQMI 418 316 -102 -24.40
3 SSTM 510 396 -114 -22.35
4 SOTS 545 444 -101 -18.53
5 MTSM 228 202 -26 -11.40
6 GDYR 2,140 1,900 -240 -11.21
7 META 244 220 -24 -9.84
8 TRAM 180 165 -15 -8.33
9 INCF 242 222 -20 -8.26
10 ASJT 380 350 -30 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 352 -8 -2.22
2 TLKM 3,750 3,730 -20 -0.53
3 BBRI 3,680 3,680 0 0.00
4 KPAS 705 705 0 0.00
5 RIMO 151 172 21 13.91
6 TRAM 180 165 -15 -8.33
7 ADRO 1,280 1,285 5 0.39
8 BHIT 61 61 0 0.00
9 MERK 7,200 7,500 300 4.17
10 ASII 8,450 8,450 0 0.00