Portal Berita Ekonomi Senin, 27 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:42 WIB. KAI - KAI menyuguhkan hidangan berbuka puasa dan sahur gratis bagi penumpangnya.
  • 16:00 WIB. IHSG - IHSG ditutup menguat 0,69% ke level 6.098,97 di akhir sesi II.
  • 14:51 WIB. OJK - Mantan ketua DK OJK dimintai keterangan KPK soal kasus Bank Century.
  • 14:51 WIB. Pupuk - Pupuk Indonesia siapkan stok pupuk subsidi sebesar 1,32 juta ton.
  • 14:48 WIB. Obligasi - Tridomain akan rilis obligasi Rp400 miliar.
  • 14:47 WIB. Capex - Atlas Resources siapkan capex 2019 sebesar US$16,2 juta.
  • 14:46 WIB. Dividen - Panca Budi Idaman bagi dividen Rp93,73 miliar. 
  • 14:45 WIB. Startup - CIMB Niaga siapkan Rp300 miliar untuk beri kredit ke startup. 
  • 14:36 WIB. THR - Ternyata, tak semua CPNS dapatkan THR.
  • 14:36 WIB. Mudik - Tiket pesawat mahal, pemudik beralih dengan kereta api.
  • 14:35 WIB. Manufaktur - Kemenperin optimistis momen lebaran dorong industri manufaktur.
  • 14:34 WIB. Pengusaha - Jokowi: infrastruktur merata, pengusaha harus bangun sentra ekonomi baru.
  • 04:00 WIB. Kathmandu - 4 orang meninggal karena ledakan.

Perusahaan E-Commerce Harus Siapkan Ini

Perusahaan E-Commerce Harus Siapkan Ini - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Di zaman yang serba internet seperti saat ini, masyarakat di Indonesia lebih sering memanfaatkan kemajuan teknologi dan membuat semuanya serba digital.

Sama halnya dengan penduduk di India, menurut penelitian 40% penduduk di sana adalah pengguna internet aktif. Penelitian juga mengatakan, pengguna internet di sana diperkirakan akan meningkat dari 481 juta pada Desember 2017 menjadi 829 juta pada 2021.

Tentu melihat kemajuan internet dan digital di zaman sekarang akan dimanfaatkan oleh perusahaan e-commerce. Investasi oleh perusahaan e-commerce dan perluasan solusi teknologi yang disediakan oleh mereka hanya akan menaikkan angka ini, yang diperkirakan akan melampaui angka 10 juta pada tahun 2020.

Biasanya dengan memanfaatkan hari-hari besar; akhir pekan dan hari-hari diskon, perusahaan e-commerce ­meluaskan produknya. Investor juga mendorong lebih banyak uang ke pasar untuk memperluas persediaan dan operasi. Perusahaan e-commerce secara perlahan menyelaraskan kembali tujuan bisnis mereka untuk menyebarluaskan kembali produknya ke berbagai daerah yang belum terjamah. Pendekatan melalui diskon-diskon telah menguabh pola pembelian yang biasa.

Tantangan

Terlepas dari semua ini, perusahaan e-commerce kini menghadapi masalah. Ketika mereka memasuki fase baru ini, produktivitas adalah mantra baru. Dengan perluasan perusahaan e-commerce ini, menjadikan tenaga kerja mereka lebih produktif adalah kekhawatiran yang semakin besar. Tantangan lain yang datang dengan skala adalah kelesuan dan kepuasan diri yang langsung menyentuh kinerja perusahaan.

Aspek lain yang harus diselesaikan oleh perusahaan e-commerce adalah menjembatani kesenjangan komunikasi dengan karyawannya. Perlu ada indikasi yang sangat jelas tentang apa yang ditawarkan oleh pemberi kerja dan apa lagi yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan berbagai insentif yang diberikan. Sementara saat ini karyawan bekerja berdasarkan model pembayaran per pengiriman, kinerja yang didorong insentif ini menciptakan beberapa ambiguitas dan akan selalu memiliki tantangan transparansi.

Sementara itu, perusahaan e-commerce mempromosikan konsep ini dengan mempercayainya untuk menjadi alat yang produktif dan tidak menyadari bahwa ini akan semakin mengarah pada tingkat erosi yang lebih tinggi. Perusahaan e-commerce harus mengikat dengan mitra yang memiliki pengalaman dalam mengelola tantangan ini.

Perusahaan e-commerce harus menemukan cara untuk memasukkan kemampuan dan ruang lingkup untuk meningkatkan keterampilan. Layanan pembelajaran akan bermanfaat bagi semua karyawannya dan ini akan secara langsung menguntungkan para pemain e-commerce, karena ini akan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Selain itu, itu juga akan mendorong karyawan untuk mengambil lebih banyak tantangan dan inisiatif, sehingga mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan e-commerce dalam hal pengurangan. Ini juga akan bertindak sebagai alat retensi yang sangat baik dalam waktu di mana semakin banyak perusahaan e-commerce menetapkan basis dan menawarkan insentif kompetitif untuk menarik bakat.

Tag: E-commerce

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/William

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,849.05 3,809.73
British Pound GBP 1.00 18,377.71 18,192.91
China Yuan CNY 1.00 2,093.90 2,073.01
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,432.00 14,288.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,008.59 9,905.87
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,838.96 1,820.43
Dolar Singapura SGD 1.00 10,510.52 10,401.86
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,184.04 16,018.28
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,450.16 3,413.28
Yen Jepang JPY 100.00 13,185.93 13,050.79

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6098.974 41.621 633
2 Agriculture 1380.898 7.788 21
3 Mining 1647.453 9.738 47
4 Basic Industry and Chemicals 738.570 16.420 71
5 Miscellanous Industry 1245.762 -4.058 46
6 Consumer Goods 2391.149 -0.746 52
7 Cons., Property & Real Estate 452.653 6.206 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1136.078 15.732 74
9 Finance 1234.524 10.752 90
10 Trade & Service 789.160 -3.413 156
No Code Prev Close Change %
1 SULI 65 87 22 33.85
2 SKBM 376 460 84 22.34
3 KPAL 126 153 27 21.43
4 POLA 1,145 1,350 205 17.90
5 INRU 515 600 85 16.50
6 SOTS 268 310 42 15.67
7 PTSN 1,040 1,200 160 15.38
8 BELL 440 505 65 14.77
9 BKSW 165 189 24 14.55
10 GOLD 420 474 54 12.86
No Code Prev Close Change %
1 AKSI 318 268 -50 -15.72
2 TAXI 59 50 -9 -15.25
3 ABMM 2,000 1,695 -305 -15.25
4 MPOW 124 107 -17 -13.71
5 TIRA 254 220 -34 -13.39
6 JAST 600 520 -80 -13.33
7 ASMI 875 775 -100 -11.43
8 EMTK 8,825 7,925 -900 -10.20
9 LUCK 1,325 1,190 -135 -10.19
10 POSA 294 266 -28 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,055 1,085 30 2.84
2 BBRI 3,850 3,920 70 1.82
3 CPRI 71 74 3 4.23
4 TLKM 3,750 3,820 70 1.87
5 JPFA 1,425 1,485 60 4.21
6 JAYA 127 130 3 2.36
7 BCIP 79 82 3 3.80
8 BMRI 7,700 7,725 25 0.32
9 TRAM 116 127 11 9.48
10 BBCA 28,050 28,425 375 1.34