Portal Berita Ekonomi Jum'at, 19 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 05:44 WIB. Liga Eropa - Valencia 2 vs 0 Villarreal
  • 05:43 WIB. Liga Eropa - Napoli 0 vs 1 Arsenal
  • 05:43 WIB. Liga Eropa - Eintracht Frankfurt 2 vs 0 Benfica
  • 05:42 WIB. Liga Eropa - Chelsea 4 vs 3 Slavia Prague
  • 21:15 WIB. BBM - Terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4% dan LPG sebanyak 2% di Sumbagut.
  • 21:08 WIB. KBS - Krakatau Bandar Samudra Teken Kesepakatan Akuisisi WSB dan MSB.
  • 21:06 WIB. AP II - AP II sedang mengkaji kembali tiga calon lokasi pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penyaluran kredit sektor agribisnis tahun ini akan lebih baik dari realisasi 2018.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penurunan suku bunga kebijakan BI tahun ini sekitar 25 bps.
  • 20:56 WIB. BNI - BNI memperkuat sistem keamanan digital banking.
  • 20:55 WIB. Garuda - Garuda Indonesia mencatat laba bersih US$20,48 juta pada kuartal I-2019.
  • 20:55 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah berharap nantinya 20% pembukaan rekening bisa dilayani secara digital.
  • 20:42 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019.
  • 20:42 WIB. KAEF - Kimia Farma menggali potensi penjualan kosmetik di tahun ini.

Berdayakan Karyawan, Bisnis Akan Semakin Terdepan

Berdayakan Karyawan, Bisnis Akan Semakin Terdepan - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda mungkin akrab dengan rasa frustrasi yang datang dengan permintaan untuk bantuan manajerial dari tim penjualan Anda. Entah itu pelanggan yang marah karena produk atau kesalahan Anda atau vendor yang meminta potongan harga.

Ketika sesuatu ini menimpa bisnis Anda, itu dapat mengalihkan fokus dan waktu Anda. Tapi, tenang, ada solusi untuk hal itu, yakni pemberdayaan karyawan. Itu salah satu mengubah cara pekerja Anda berinteraksi dengan pelanggan, satu sama lain, dan bisnis secara keselurahan. Modal utama yang harus Anda miliki untuk memberdayakan karyawan Anda adalah kepercayaan.

Berikut adalah beberapa alasan Anda harus mempertimbangkan pemberdayaan karyawan sebagai perubahan permanen dalam strategi bisnis Anda:

1. Karyawan tingkat bawah dapat mengatasi masalah pelanggan dengan benar

Tidak masalah jika Anda seorang jutawan atau pendiri startup baru, kita semua adalah pelanggan ketika kita meninggalkan tempat bisnis kita, dan kita semua pernah mengalami kesengsaraan dari layanan pelanggan yang buruk. Mungkin Anda bahkan keberatan, meminta diskon atau semacam akomodasi, hanya untuk diberitahu bahwa tidak ada yang bisa dilakukan.

Pengalaman tidak memuaskan seperti ini adalah akibat langsung dari karyawan ‘tidak mendapat pemberdayaan’. Pelanggan tidak puas dan karyawan dibatasi oleh kebijakan perusahaan dari menawarkan segala bentuk kompensasi untuk memperbaikinya.

2. Karyawan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara real time

Layanan pelanggan yang hebat tidak hanya tentang pengendalian kerusakan. Karyawan yang diberdayakan memiliki kemampuan untuk sangat meningkatkan pengalaman pelanggan selama interaksi langsung dengan menarik salah satu alat yang Anda berikan, dan itu memberikan kemampuan bekerja untuk menyenggol kebijakan selain demi mengendalikan pengalaman itu.

Pemberdayaan karyawan tidak memiliki kekakuan mekanisme kebijakan ketat, itulah sebabnya mengapa beberapa pemilik bisnis menghindarinya. Ini juga bukan sistem yang sempurna, terutama jika Anda baru memulai. Anda harus mengantisipasi bahwa seorang karyawan kadang-kadang akan memberikan terlalu banyak (atau terlalu sedikit) dan mungkin memerlukan panduan tambahan untuk mengesahkan visi Anda.

3. Semangat dan komunikasi staf meningkat secara drastis

Memberi karyawan Anda kemampuan untuk memengaruhi hasil interaksi menggunakan penilaian dan otoritas mereka sendiri adalah dorongan moral yang luar biasa untuk tim Anda. Ini benar jika Anda merayakan kemenangan pemberdayaan di seluruh tim dan menggunakannya untuk menginspirasi praktik terbaik karyawan. Karena tidak ada dua interaksi pelanggan yang sama, mencontohkan perilaku ideal mendorong pekerja Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi satu sama lain untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Dengan sendirinya, moral adalah alat yang kuat. Jika karyawan Anda merasa tidak berdaya untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, mereka mungkin akan sama frustrasinya dengan pelanggan Anda ketika masalah muncul. Sebaliknya, berikan karyawan Anda kemampuan untuk mengubah hasil dari interaksi mereka sendiri dan, sebagai konsekuensinya, arah bisnis.

Satu studi yang diterbitkan dalam Global Journal of Management and Business Research menunjukkan bahwa menggunakan pemberdayaan karyawan sebagai alat motivasi "memberi karyawan rasa puas terhadap pekerjaan dan organisasi mereka."

4. Anda akan belajar bagaimana karyawan Anda menangani otoritas

Mungkin aspek yang paling penting dari pemberdayaan karyawan adalah kebijakan ambigu menciptakan ruang bagi kepemimpinan untuk berkembang.

Perhatikan dengan cermat bagaimana setiap karyawan menggunakan otoritas mereka selama interaksi pelanggan. Apakah mereka menggunakannya dengan hemat atau tidak sama sekali? Apakah mereka nekat dengan diskon? Apakah mereka mendorong batas-batas dan percobaan dalam lingkup kebijakan?

Untuk pemilik usaha kecil, kebijakan pemberdayaan menjadi kepercayaan. Untuk seorang karyawan, mereka turun ke penggunaan yang bertanggung jawab. Bagaimana karyawan menghadapi situasi itu ketika tidak mudah? Apakah mereka mau berbagi praktik dengan orang lain ketika mereka menemukan metode untuk sukses?

Metode pemberdayaan yang tepat dapat memberi Anda wawasan tentang promosi karyawan Anda berikutnya. Pada akhirnya, tidak ada metode yang tepat untuk pemberdayaan karyawan. Berbagi visi Anda dengan karyawan dan memberi mereka alat untuk mengimplementasikan visi itu adalah awal yang kuat. Dalam skala yang luas, terbukti bahwa karyawan yang diberdayakan merasa lebih bahagia, lebih kreatif, dan lebih bersedia membantu bisnis Anda berkembang. Berikan karyawan Anda apa yang mereka butuhkan dan beri mereka ucapan selamat saat mereka melebihi harapan Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.57 3,718.34
British Pound GBP 1.00 18,368.14 18,184.19
China Yuan CNY 1.00 2,105.18 2,084.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,086.00 13,946.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.75 10,011.83
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,795.40 1,777.49
Dolar Singapura SGD 1.00 10,408.63 10,303.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,908.73 15,749.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,399.95 3,362.91
Yen Jepang JPY 100.00 12,583.53 12,455.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6507.221 25.680 632
2 Agriculture 1488.400 -0.956 21
3 Mining 1783.288 -3.538 47
4 Basic Industry and Chemicals 848.126 -1.627 71
5 Miscellanous Industry 1355.756 16.130 46
6 Consumer Goods 2546.270 -36.045 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.429 6.710 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1164.446 9.331 73
9 Finance 1310.375 20.186 91
10 Trade & Service 811.400 -3.387 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 300 374 74 24.67
2 SAPX 555 690 135 24.32
3 APEX 645 790 145 22.48
4 CNTX 414 496 82 19.81
5 MIDI 1,020 1,200 180 17.65
6 INPP 675 790 115 17.04
7 BBLD 484 565 81 16.74
8 KICI 284 330 46 16.20
9 SSIA 570 660 90 15.79
10 GHON 1,325 1,525 200 15.09
No Code Prev Close Change %
1 INRU 720 600 -120 -16.67
2 TMPO 208 180 -28 -13.46
3 MLPT 1,340 1,200 -140 -10.45
4 KOIN 226 204 -22 -9.73
5 SIPD 800 725 -75 -9.38
6 TPMA 278 252 -26 -9.35
7 TRIO 177 161 -16 -9.04
8 JSKY 1,300 1,185 -115 -8.85
9 BDMN 9,425 8,600 -825 -8.75
10 ABMM 2,200 2,010 -190 -8.64
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,340 4,460 120 2.76
2 BBCA 27,475 28,125 650 2.37
3 CPRI 167 177 10 5.99
4 WSKT 2,110 2,160 50 2.37
5 BMRI 7,625 7,800 175 2.30
6 ABBA 178 163 -15 -8.43
7 BGTG 83 82 -1 -1.20
8 UNTR 26,425 26,075 -350 -1.32
9 WIKA 2,330 2,420 90 3.86
10 TLKM 3,870 3,860 -10 -0.26