Portal Berita Ekonomi Selasa, 11 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 18:53 WIB. Brexit - PM Inggris kunjungi Jerman untuk bahas krisis Brexit.
  • 18:53 WIB. Pakistan - Indonesia gencarkan diversifikasi produk impor ke Pakistan.
  • 18:52 WIB. Iran - Rouhani: Penjualan minyak Iran meningkat meskipun ada sanksi AS.
  • 18:52 WIB. Irak - AS larang warganya kunjungi Irak saat peringatan 1 tahun bebas Daesh.
  • 18:52 WIB. Walhi - WALHI: Masih ada kriminalisasi pejuang lingkungan.
  • 18:51 WIB. Prancis - Presiden Prancis umumkan kenaikan upah minimum.
  • 18:51 WIB. Filipina - Duterte minta kongres sahkan perpanjangan darurat militer di Mindanao.
  • 18:51 WIB. Dubai - Dubai hadirkan supermarket di tengah lautan.
  • 18:50 WIB. Singapura - Studi: Hanya separuh warga Singapura dapatkan cukup tidur di malam hari.
  • 18:49 WIB. Donald Trump - Trump khawatir upaya impeachment menjadi kenyataan.
  • 18:49 WIB. Verizon - Verizon pangkas 10.400 karyawan di pertengahan 2019.
  • 16:43 WIB. Apple - Apple Store dijarah saat demo Yellow Vest di Prancis.
  • 16:41 WIB. Instagram - Instagram kini punya fitur Voice Chat.
  • 16:38 WIB. Samsung - Samsung dituding kolaborasi dengan merek palsu.
  • 16:37 WIB. Huawei - Penahanan petinggi Huawei bikin vemas bos ponsel China.

Berdayakan Karyawan, Bisnis Akan Semakin Terdepan

Foto Berita Berdayakan Karyawan, Bisnis Akan Semakin Terdepan
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda mungkin akrab dengan rasa frustrasi yang datang dengan permintaan untuk bantuan manajerial dari tim penjualan Anda. Entah itu pelanggan yang marah karena produk atau kesalahan Anda atau vendor yang meminta potongan harga.

Ketika sesuatu ini menimpa bisnis Anda, itu dapat mengalihkan fokus dan waktu Anda. Tapi, tenang, ada solusi untuk hal itu, yakni pemberdayaan karyawan. Itu salah satu mengubah cara pekerja Anda berinteraksi dengan pelanggan, satu sama lain, dan bisnis secara keselurahan. Modal utama yang harus Anda miliki untuk memberdayakan karyawan Anda adalah kepercayaan.

Berikut adalah beberapa alasan Anda harus mempertimbangkan pemberdayaan karyawan sebagai perubahan permanen dalam strategi bisnis Anda:

1. Karyawan tingkat bawah dapat mengatasi masalah pelanggan dengan benar

Tidak masalah jika Anda seorang jutawan atau pendiri startup baru, kita semua adalah pelanggan ketika kita meninggalkan tempat bisnis kita, dan kita semua pernah mengalami kesengsaraan dari layanan pelanggan yang buruk. Mungkin Anda bahkan keberatan, meminta diskon atau semacam akomodasi, hanya untuk diberitahu bahwa tidak ada yang bisa dilakukan.

Pengalaman tidak memuaskan seperti ini adalah akibat langsung dari karyawan ‘tidak mendapat pemberdayaan’. Pelanggan tidak puas dan karyawan dibatasi oleh kebijakan perusahaan dari menawarkan segala bentuk kompensasi untuk memperbaikinya.

2. Karyawan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara real time

Layanan pelanggan yang hebat tidak hanya tentang pengendalian kerusakan. Karyawan yang diberdayakan memiliki kemampuan untuk sangat meningkatkan pengalaman pelanggan selama interaksi langsung dengan menarik salah satu alat yang Anda berikan, dan itu memberikan kemampuan bekerja untuk menyenggol kebijakan selain demi mengendalikan pengalaman itu.

Pemberdayaan karyawan tidak memiliki kekakuan mekanisme kebijakan ketat, itulah sebabnya mengapa beberapa pemilik bisnis menghindarinya. Ini juga bukan sistem yang sempurna, terutama jika Anda baru memulai. Anda harus mengantisipasi bahwa seorang karyawan kadang-kadang akan memberikan terlalu banyak (atau terlalu sedikit) dan mungkin memerlukan panduan tambahan untuk mengesahkan visi Anda.

3. Semangat dan komunikasi staf meningkat secara drastis

Memberi karyawan Anda kemampuan untuk memengaruhi hasil interaksi menggunakan penilaian dan otoritas mereka sendiri adalah dorongan moral yang luar biasa untuk tim Anda. Ini benar jika Anda merayakan kemenangan pemberdayaan di seluruh tim dan menggunakannya untuk menginspirasi praktik terbaik karyawan. Karena tidak ada dua interaksi pelanggan yang sama, mencontohkan perilaku ideal mendorong pekerja Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi satu sama lain untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Dengan sendirinya, moral adalah alat yang kuat. Jika karyawan Anda merasa tidak berdaya untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, mereka mungkin akan sama frustrasinya dengan pelanggan Anda ketika masalah muncul. Sebaliknya, berikan karyawan Anda kemampuan untuk mengubah hasil dari interaksi mereka sendiri dan, sebagai konsekuensinya, arah bisnis.

Satu studi yang diterbitkan dalam Global Journal of Management and Business Research menunjukkan bahwa menggunakan pemberdayaan karyawan sebagai alat motivasi "memberi karyawan rasa puas terhadap pekerjaan dan organisasi mereka."

4. Anda akan belajar bagaimana karyawan Anda menangani otoritas

Mungkin aspek yang paling penting dari pemberdayaan karyawan adalah kebijakan ambigu menciptakan ruang bagi kepemimpinan untuk berkembang.

Perhatikan dengan cermat bagaimana setiap karyawan menggunakan otoritas mereka selama interaksi pelanggan. Apakah mereka menggunakannya dengan hemat atau tidak sama sekali? Apakah mereka nekat dengan diskon? Apakah mereka mendorong batas-batas dan percobaan dalam lingkup kebijakan?

Untuk pemilik usaha kecil, kebijakan pemberdayaan menjadi kepercayaan. Untuk seorang karyawan, mereka turun ke penggunaan yang bertanggung jawab. Bagaimana karyawan menghadapi situasi itu ketika tidak mudah? Apakah mereka mau berbagi praktik dengan orang lain ketika mereka menemukan metode untuk sukses?

Metode pemberdayaan yang tepat dapat memberi Anda wawasan tentang promosi karyawan Anda berikutnya. Pada akhirnya, tidak ada metode yang tepat untuk pemberdayaan karyawan. Berbagi visi Anda dengan karyawan dan memberi mereka alat untuk mengimplementasikan visi itu adalah awal yang kuat. Dalam skala yang luas, terbukti bahwa karyawan yang diberdayakan merasa lebih bahagia, lebih kreatif, dan lebih bersedia membantu bisnis Anda berkembang. Berikan karyawan Anda apa yang mereka butuhkan dan beri mereka ucapan selamat saat mereka melebihi harapan Anda.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6076.587 -34.773 620
2 Agriculture 1506.543 8.473 20
3 Mining 1747.761 9.817 47
4 Basic Industry and Chemicals 820.676 -23.288 71
5 Miscellanous Industry 1382.059 4.150 45
6 Consumer Goods 2483.389 -20.063 49
7 Cons., Property & Real Estate 444.822 -4.105 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1031.916 -11.848 71
9 Finance 1162.012 -1.035 91
10 Trade & Service 790.383 -0.185 153
No Code Prev Close Change %
1 SOTS 280 350 70 25.00
2 DEAL 394 492 98 24.87
3 OASA 246 298 52 21.14
4 TFCO 650 780 130 20.00
5 MERK 6,475 7,725 1,250 19.31
6 KPAS 505 600 95 18.81
7 RODA 388 450 62 15.98
8 PTSN 805 920 115 14.29
9 PDES 1,500 1,700 200 13.33
10 ARTA 406 458 52 12.81
No Code Prev Close Change %
1 TRIO 290 220 -70 -24.14
2 YPAS 725 570 -155 -21.38
3 NUSA 158 136 -22 -13.92
4 RIMO 186 162 -24 -12.90
5 LUCK 705 615 -90 -12.77
6 MPOW 120 105 -15 -12.50
7 KPAL 338 300 -38 -11.24
8 CPIN 7,000 6,300 -700 -10.00
9 SILO 3,850 3,500 -350 -9.09
10 LPIN 950 865 -85 -8.95
No Code Prev Close Change %
1 RIMO 186 162 -24 -12.90
2 SRIL 366 370 4 1.09
3 KPAS 505 600 95 18.81
4 NUSA 158 136 -22 -13.92
5 PTBA 4,020 4,280 260 6.47
6 TLKM 3,680 3,620 -60 -1.63
7 WSKT 1,845 1,795 -50 -2.71
8 BHIT 57 60 3 5.26
9 BBRI 3,610 3,620 10 0.28
10 DEAL 394 492 98 24.87