Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UOB: Ekonomi Digital Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 2019

UOB: Ekonomi Digital Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 2019 Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ekonomi digital diprediksi akan terus berkembang dan menjadi salah satu komponen penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019.

Dalam forum Economic Outlook 2019: Riding The Wave of Progressive Economic Growth di Jakarta, Rabu (3/10/2018), Ekonom Bank UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja mengatakan, ekonomi digital berpeluang menawarkan prospek pertumbuhan tambahan bagi Indonesia.

"Indonesia memiliki potensi pertumbuhan ekonomi digital yang baik dengan jumlah pengguna internet, penetrasi pengguna media sosial, dan pelanggan telepon seluler yang besar," kata Enrico.

Dia menilai sebagian besar pengguna adalah konsumen milenial yang merupakan generasi pertama mobile first dan mobile only di Indonesia. Segmen milenial diperkirakan akan mencapai angka 94 juta pada 2020. 

Di sisi lain, kata dia, banyaknya perusahaan berbasis teknologi finansial dalam rangka melayani kebutuan pelanggan yang semakin digital juga akan turut memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital.

"Selama jangka menengah dan panjang, rencana digital blueprint pemerintah dan upaya untuk mengembangkan ekonomi digital akan memberikan dorongan lebih jauh terhadap kualitas pertumbuhan ekonomi. Kami memperkirakan kontribusi ekonomi digital secara keseluruhan dapat mencapai 3,3% dari PDB Indonesia pada 2022," ucapnya.

Untuk tahun depan, UOB menilai perekonomian Indonesia memiliki potensi baik untuk mencapai pertumbuhan pada kisaran 5,2-5,4%. Potensi itu didukung oleh fundamental ekonomi yang kuat.

Beberapa faktor pendorong tumbuhnya ekonomi tahun depan, di antaranya konsumsi rumah tangga yang terjaga, harapan pemulihan ekspor yang berkelanjutan terutama komoditas, dan belanja pemerintah yang stabil.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: