Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Platform Media Digital, Solusi untuk Pasarkan Bisnis dan Usaha

Platform Media Digital, Solusi untuk Pasarkan Bisnis dan Usaha Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Fenomena Youtuber atau konten kreator di platform digital Youtube menjadi salah satu hal yang terus dibicarakan pengguna internet di Indonesia. Entah itu membicarakan karya, penghasilan, atau pun hal-hal lain yang berhubungan dengan kehidupan sang kreator. Karena fenomena tersebut, kini Youtube menjadi salah satu platform digital yang diandalkan dalam dunia bisnis.

Menurut Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia, di 2018 perkembangan pengguna Youtube meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang ia paparkan pada Kamis (4/10/2018) kepada Warta Ekonomi, tercatat ada tiga pengguna baru yang membuka channel setiap harinya.

Selain itu, antusiasme pengguna internet terhadap Youtube dapat dilihat dari jumlah pengunjung Youtube Fanfest Roadshow yang diadakan di empat kota, yakni Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Peningkatan pengguna dapat dilihat dari jumlah subscriber yang didapatkan para kreator Youtube di tahun ini.

"Tahun lalu hanya ada 10 orang kreator Youtube dengan predikat Gold Creator Awardees, sedangkan tahun ini kita sudah punya 85 kreator," kata Fibriyani.

Predikat Gold Creator Awardees sendiri artinya kreator telah melampaui 1.000.000 subscriber atau pelanggan. Dengan perkembangan sepesat itu, tentu saja banyak pengusaha yang akhirnya memanfaatkan fitur video Youtube untuk memasarkan bisnisnya.

Lenggogeni Alfaruk, atau biasa dipanggil Ibu Gen, salah satu kreator dengan jumlah subscriber yang berjuta-juta, mengatakan, memanfaatkan Youtube sebagai perantara untuk berbisnis dapat memotong biaya marketing seorang pengusaha. Ia dan keluarganya telah menerapkan hal tersebut. Mereka selalu memasarkan barang-barang melalui channel Youtube mereka dan hasilnya pun memuaskan.

Transformasi pemasaran ke media digital ini dapat menjadi salah satu cara bagi pengusaha-pengusaha di Indonesia untuk meningkatkan penjualannya. Fibriyani mengatakan, visi yang diangkat Youtube adalah memberikan suara kepada semua orang, termasuk para pebisnis dan pengusaha.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: