Portal Berita Ekonomi Sabtu, 23 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:18 WIB. PEP - Pertamina EP Asset 3 Subang Field lepasliarkan keluarga Owa Jawa.
  • 23:17 WIB. PTPN - Menteri BUMN: PTPN bakal bertransformasi jadi BUMN Agrikultur modern.
  • 23:15 WIB. Pelindo II - Pelindo II mengincar pendapatan Rp13,5 triliun tahun ini.
  • 23:15 WIB. WTR - Wijaya Karya Realty menerbitkan MTN senilai Rp205 miliar.
  • 23:15 WIB. BNI - BNI menargetkan pendapatan non bunga tumbuh dobel digit sepanjang 2019.
  • 23:14 WIB. PGN - PGN berencana untuk bidik pasar luar negeri.
  • 23:14 WIB. PTPN - PTPN IX menjalin kerja sama distribusi pemasaran produk hilir dengan Jeera Foundation.
  • 23:14 WIB. Mandiri - Mandiri sabet gelar best domestic private bank.
  • 20:43 WIB. Pertamina - Pertamina MOR IV memasok kebutuhan BBM dan Pelumas Polda Jateng.
  • 20:42 WIB. Pertamina - Pertamina meresmikan dua titik BBM satu harga di Maluku dan Papua.
  • 20:42 WIB. Perindo - Perindo fokus perkuat ekspor perikanan ke Jepang dan AS.
  • 20:42 WIB. AXA - Axa Mandiri menargetkan premi nasabah prioritas naik 10% tahun ini.
  • 20:41 WIB. PTPN - Berdasarkan perkiraan PTPN, stok GKP pada awal tahun depan hanya 300.000-400.000 ton.
  • 20:41 WIB. PTPN - PTPN Holding akan meminta kuota untuk impor gula mentah pada tahun ini.
  • 20:41 WIB. Energi - Pertamina bersinergi dengan PLN terkait pemanfaatan listrik di lingkungan Pertamina RU II.

Pentingnya Strategi Pemasaran Digital di Perusahaan 'Zaman Now'

Foto Berita Pentingnya Strategi Pemasaran Digital di Perusahaan 'Zaman Now'
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Saat ini teknologi semakin berkembang pesat. Sangat penting untuk tetap up to date teknologi terbaru agar tidak tertinggal dan Anda tetap mampu mengonsumsi informasi dengan baik.

Salah satu pengubah permainan terbesar dalam dekade terakhir adalah bagaimana orang mengonsumsi konten. Iklan telah beradaptasi dengan perubahan itu dengan menempatkan produk mereka di depan orang-orang di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar. Ruang untuk mengomunikasikan konten pribadi dan terhubung sekarang berubah menjadi ruang untuk mengetahui berita atau tren terbaru saat dan ketika mereka terbentang.

Saat ini perdebatan tentang  pro dan kontra media digital dengan media tradisional sedang berlangsung. Bagi perusahaan baru memanfaatkan pemasaran digital pun sudah menjadi tren. Untuk melakukan pemasaran digital tersebut, ada baiknya perusahaan memiliki strategi karena hal itu penting gunanya. Berikut keuntungannya:

1. Terukur

Salah satu keuntungan terbesar dari iklan digital adalah hal itu dapat diukur sejauh mana tayangan, klik, dan konversi. Perusahaan dapat menghitung pengembalian tepat atas investasi mereka dan mengoptimalkan berdasarkan platform atau penempatan mana yang memberi mereka hasil terbaik.

Ada cara untuk mengukur nilai uang dari media tradisional tetapi pada akhirnya, itu sebagian besar relatif dan perkiraan. Dengan media digital, bukan itu masalahnya. Ini spesifik, bertarget dan melibatkan banyak angka yang dapat Anda lihat hasilnya dalam bentuk moneter.

2. Biaya Efektif

Media digital, tidak seperti media tradisional, tidak menuntut kita membayar semuanya di muka dan kemudian menunggu hasilnya. Biasanya mengikuti model pay-as-you-go; apakah Anda memilih bayar per tayang atau klik atau konversi yang hanya Anda bayar untuk apa yang Anda gunakan.

Seperti media tradisional, Anda perlu menyisihkan anggaran sebelumnya, tetapi uang yang digunakan biasanya didasarkan pada model yang Anda buat. Ini mensyaratkan bahwa Anda tidak membayar seluruh anggaran, tetapi membayar hanya sesuai dengan klik atau keterlibatan yang Anda terima. Sebaliknya, iklan TV, dan majalah terkenal mahal dan tidak dapat diprediksi.

3. Fleksibel

Dengan media tradisional, seseorang dapat memilih medium mana yang terbaik untuk mereka dan menggunakan slot berdasarkan itu. Seperti apa saluran TV untuk memilih atau slot apa di radio untuk beriklan, dll.

Namun, setelah investasi dibuat, ada sedikit perubahan yang dapat terjadi dalam rencana tersebut karena slot atau saluran tidak dapat dengan mudah dipertukarkan jika kampanye tidak berjalan dengan baik. Pemasaran digital memungkinkan kita untuk menargetkan audiens yang tepat yang ingin kita dapatkan di depan dan dengan cara yang lebih beresonansi dengan mereka. Mungkin dengan pos organik, iklan video, dll. Dan jika kampanye tidak berjalan dengan baik, Anda dapat memperbarui, mengubah, atau sepenuhnya menghapusnya jika perlu.

4. Pengoptimalan Otomatis sebagai Per Platform

Merek yang lebih kecil terkadang tidak memiliki sumber daya untuk diterapkan pada iklan dan analisis data karena mereka berfokus pada produk.

Platform pemasaran digital membantu dengan mengoptimalkan iklan berdasarkan jenis orang yang terlibat dengan mereka dan menampilkan iklan hanya kepada orang-orang itu. Itu dikatakan penting untuk meninjau iklan Anda secara teratur karena pada akhir hari tidak ada yang tahu pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan.

5. Pemahaman Pelanggan

Belum pernah ada waktu di mana pengiklan bisa mendapatkan umpan balik tentang produk mereka dalam hitungan klik. Pemasaran digital memberi ruang untuk interaksi langsung dengan pelanggan.

Meskipun iklan melalui platform, orang dapat melihat bagaimana pelanggan terlibat, apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari yang lain. Ini memberi Anda banyak ruang untuk memahami perspektif pelanggan tentang kampanye dan bagaimana Anda dapat meningkatkan dan membangunnya lebih lanjut. Dengan setiap perubahan, Anda mendapatkan wawasan baru yang pada gilirannya membantu Anda lebih baik dalam keseluruhan strategi.

Penting untuk memahami bahwa periklanan bergerak dengan bagaimana konsumen berinteraksi satu sama lain dan dari mana mereka mendapatkan informasi. Secara tradisional konsumen menggunakan majalah dan surat kabar, sekarang mereka mengonsumsi informasi di Google, Facebook dan Instagram. Penting bagi pengiklan untuk mengenali tren ini dan menyesuaikan strategi periklanan mereka dengan tepat.

Tag: strategi bisnis, Digital Business

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.17 3,734.94
British Pound GBP 1.00 18,447.47 18,263.53
China Yuan CNY 1.00 2,107.04 2,086.19
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,149.00 14,009.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,042.96 9,942.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,802.90 1,785.04
Dolar Singapura SGD 1.00 10,446.69 10,342.56
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,044.97 15,882.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,467.04 3,430.22
Yen Jepang JPY 100.00 12,776.77 12,646.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6501.378 -36.388 628
2 Agriculture 1604.794 -11.878 21
3 Mining 1940.127 4.527 47
4 Basic Industry and Chemicals 888.309 -14.973 71
5 Miscellanous Industry 1338.979 -8.175 46
6 Consumer Goods 2638.097 -16.371 51
7 Cons., Property & Real Estate 455.949 -3.945 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1207.267 -6.802 72
9 Finance 1235.093 -8.628 91
10 Trade & Service 834.167 6.854 155
No Code Prev Close Change %
1 INTD 141 190 49 34.75
2 OCAP 72 97 25 34.72
3 JAYA 432 540 108 25.00
4 INPS 2,400 3,000 600 25.00
5 SIMA 258 322 64 24.81
6 BALI 895 1,115 220 24.58
7 PNSE 675 840 165 24.44
8 CLAY 1,395 1,725 330 23.66
9 SQMI 272 332 60 22.06
10 MFMI 650 790 140 21.54
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,425 1,095 -330 -23.16
2 TALF 332 260 -72 -21.69
3 IBFN 266 232 -34 -12.78
4 INCI 570 510 -60 -10.53
5 KOIN 302 272 -30 -9.93
6 POLI 1,160 1,055 -105 -9.05
7 PJAA 1,500 1,400 -100 -6.67
8 SMDM 178 168 -10 -5.62
9 SDPC 110 104 -6 -5.45
10 TBIG 4,440 4,200 -240 -5.41
No Code Prev Close Change %
1 UNTR 26,500 27,950 1,450 5.47
2 BMRI 7,325 7,100 -225 -3.07
3 ADRO 1,415 1,410 -5 -0.35
4 PGAS 2,640 2,650 10 0.38
5 BNLI 1,055 1,055 0 0.00
6 JPFA 2,330 2,340 10 0.43
7 INDY 2,180 2,170 -10 -0.46
8 BUMI 163 158 -5 -3.07
9 SQMI 272 332 60 22.06
10 ANTM 1,035 1,055 20 1.93