Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bagi Pemimpin Perusahaan: Jangan Bebani Diri Anda

Bagi Pemimpin Perusahaan: Jangan Bebani Diri Anda Kredit Foto: Unsplash/Bram
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mungkin Anda bekerja di sebuah perusahaan selama 8 jam perhari. Namun, tidak jarang perusahaan yang secara tidak langsung memaksa karyawannya untuk membawa pekerjaan ke rumah. setelah seharian bekerja, tentu Anda ingin pulang ke rumah dengan perasaan tenang tanpa beban pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Penelitian dari Health and Safety Executive di Inggris menemukan bahwa beban kerja yang berlebihan menyebabkan 44 persen stres dan kecemasan di tempat kerja. Berkat ponsel pintar, lebih mudah dari sebelumnya bagi orang-orang untuk memeriksa email setelah makan malam. Konektivitas yang konstan mencegah para pekerja untuk mendapatkan waktu unplugged yang mereka butuhkan untuk mengisi ulang tenang.

Cara terbaik untuk berhenti membawa pekerjaan ke rumah adalah sederhana: Selesaikan semuanya di kantor. Pasti memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tetapi dengan tips ini, Anda dapat menghancurkan pekerjaan Anda di tempat kerja dan menghabiskan malam Anda di waktu luang yang layak Anda dapatkan.

1. Dapatkan nyata tentang produktivitas Anda

Katakanlah Anda membutuhkan sekitar dua jam untuk menyelesaikan jenis proyek tertentu. Ketika Anda perlu memulai proyek baru, jangan berasumsi bahwa akan membutuhkan waktu dua jam untuk menyelesaikannya. Bangunlah beberapa waktu penyangga agar Anda memiliki fleksibilitas untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Ingat, Anda mungkin bisa menyelesaikan proyek dalam dua jam, tetapi Anda mungkin tidak akan menghabiskan dua jam tersebut (dan semua jam Anda yang lain) pada produktivitas maksimum. Penelitian dari VoucherCloud menemukan bahwa rata-rata pekerja kantor hanya menghabiskan sekitar tiga jam setiap hari untuk melakukan pekerjaan sebenarnya. Orang menghabiskan sisa waktu mereka melakukan tugas-tugas antara pekerjaan, mengobrol, pergi ke kamar mandi dan melakukan segala sesuatu kecuali meletakkan pena di atas kertas.

2. Tetapkan batas tegas untuk membaca email di rumah

Tetapkan tenggat waktu yang tegas tentang kapan Anda harus mengunci diri dari email yang masuk untuk malam hari Anda. Yang penting adalah memilih waktu dan menaatinya. Tenggat waktu ini akan membantu Anda bersantai dan menginspirasi Anda untuk menyelesaikan proyek di tempat kerja untuk menghindari melanggar aturan rumah Anda.

Ketika Anda berhenti bekerja di malam hari, Anda dapat menghabiskan waktu Anda pada kegiatan yang lebih berarti.

3. Percaya pada bantuan orang lain

Banyak pendiri perusahaan yang merupakan orang yang perfeksionis. Yang paling sukses tahu kapan harus terus mendorong dan kapan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.

Jika Anda mencoba melakukannya sendiri, bukan saja Anda tidak akan pernah mendapatkan istirahat, tetapi Anda juga akan mengasingkan orang-orang di tim Anda. Lihatlah jadwal Anda setiap pagi, dan pikirkan apakah Anda dapat mendelegasikan pekerjaan itu kepada orang lain. Sebagai pemimpin, waktu Anda terbatas, jadi Anda harus mengambil kesempatan untuk merebut kembali beberapa menit lagi di hari itu.

4. Dapatkan lebih banyak tidur

Ketika Anda tidak tidur nyenyak, Anda menghabiskan hari dalam kabut yang tidak produktif. The National Sleep Foundation mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam, namun banyak dari pendiri perusahaan yang mendapatkan itu lebih sedikit setiap harinya.

Pilih waktu tidur dan waktu bangun, lalu komit pada jadwal itu dan sesuaikan seperlunya. Anda mungkin hanya membutuhkan enam jam, atau mungkin perlu sembilan jam. Jangan mencoba menipu diri sendiri dari yang Anda butuhkan. Dengarkan tubuh Anda, dan lakukan apa yang dikatakannya.

Ketika Anda tiba untuk bekerja beristirahat dan diisi ulang, Anda dapat melumpuhkan tugas-tugas di siang hari dan meninggalkan kantor di belakang ketika saatnya pulang ke rumah. Sebagai “bos”, Anda selalu dapat melakukan satu hal lagi atau menjawab satu email lagi, tetapi jika Anda menghindari godaan, Anda tidak hanya akan lebih bahagia di rumah, namun Anda juga akan lebih produktif.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: