Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

LPEI Dorong Eksportir Tembus Pasar E-Commerce Global

LPEI Dorong Eksportir Tembus Pasar E-Commerce Global Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Nusa Dua, Bali -

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong para pelaku usaha berorientasi ekspor Tanah Air untuk menembus pasar e-commerce global. Pasalnya, di era digital saat ini, banyak penjualan produk dilakukan melalui platform e-commerce.

Salah satu bentuk dukungan Indonesia Eximbank tahun ini adalah dengan menginisiasi suatu program untuk membantu para pelaku usaha berorientasi ekspor (eksportir), yaitu Digital Handholding Program (DHP).

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly mengatakan, inisiasi Indonesia Eximbank melalui DHP diharapkan dapat membantu pelaku UMKM berorientasi ekspor untuk meningkatkan daya saing produk unggulannya di pasar global melalui pendampingan, pemberian fasilitas, dan pelatihan yang diberikan secara berkesinambungan.

"Sehingga pelaku UMKM ekspor Indonesia akan mampu memasarkan, memperluas akses pasar, serta mempromosikan produknya di pasar global," ujar Sinthya dalam diskusi panel bertajuk The Perfect Time to Enhance Emerging Economies’ Cooperation on Trade yang merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).

Adapun total penjualan tahunan berbasis e-commerce dari beberapa negara berkembang yang meliputi Brasil, India, Tiongkok, Meksiko, Rusia, Saudi Arabia, Afrika Selatan, Turki termasuk Indonesia diperkirakan akan mencapai US$3,5 triliun di tahun ini.

Berdasarkan data statistik dari Credit Suisse’s Report, 50% populasi di negara berkembang memilih untuk berbelanja melalui platform online. Hal ini memberikan dampak bagi perusahaan yang bergerak di bidang ritel, keuangan, dan teknologi.

Melihat potensi yang besar tersebut, Sinthya mengajak para pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran memberikan strategi dan memperkuat daya saing UKM berorientasi ekspor dalam e-commerce global lewat diskusi panel yang diselenggarakan hari ini.

"Selain itu, fokus dari diskusi panel ini adalah menciptakan strategi, memberikan dukungan, dan meningkatkan kesiapan untuk para pelaku usaha berorientasi ekspor dalam memasuki e-commerce global," paparnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: