Portal Berita Ekonomi Sabtu, 20 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:37 WIB. Suzuki - Suzuki tarik 2 juta unit mobil karena pemeriksaan akhir yang lemah.
  • 11:34 WIB. Qualcomm - Qualcomm menangkan perseteruan paten cip modem atas Apple.
  • 11:33 WIB. NASA - NASA pecahkan rekor astronaut perempuan terlama di ISS.
  • 05:57 WIB. Eredivisie Belanda - Heracles 2 vs 1 SC Heerenveen
  • 05:55 WIB. Ligue 1 Prancis - Lyon 2 vs 1 Angers
  • 05:54 WIB. Ligue1 Prancis - Dijon 3 vs 2 Rennes
  • 05:53 WIB. LaLiga Spanyol - Deportivo Alaves 2 vs 2 Real Valladolid

Pemerintah Gandeng Alibaba Tingkatkan Peluang Ekspor

Pemerintah Gandeng Alibaba Tingkatkan Peluang Ekspor - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan untuk mendukung peningkatan peluang ekspor untuk Indonesia melalui pasar e-commerce global. Caranya dengan memanfaatkan momen Singles' Days di China pada 11 November mendatang.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pemerintah akan bekerja sama dengan Alibaba untuk mengekspor produk Indonesia ke China. Dengan begitu, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan momen tersebut untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri.

"Bisa memperluas pasar dan ekspor, salah satunya ke China. Saya sudah minta Kementerian Perdagangan dan Bekraf untuk menyiapkan UMKM yang akan bisa mengikuti Singles' Day," ujar Rudiantara dalam Indonesia Eximbank Panel Discussion, The Perfect Tine To Enchance Emerging Economies Cooperations On Trade, di Nusa Dua, Bali, Selasa (9/10/2018).

Peluang untuk mengekspor barang ke China dinilai besar karena saat ini China merupakan pasar e-commerce ritel terbesar dan terinovatif di seluruh dunia. Bahkan, menurut Rudiantara, retailing online China akan mengalami pertumbuhan dari 17% pada 2017, menjadi 25% pada 2020. Situs e-commerce Alibaba mendominasi lingkup penjualan online di China. Poin terpenting, ternyata 1/10 total penjualan ritel China berasal dari banyak bagian Asia.

Bersamaan dengan peluang itu, terdapat tantangan yang harus dihadapi pihak UMKM jika ingin mengekspor barang, yakni kemampuan menyediakan barang. Rudiantara berkata, volume belanja di China bisa mencapai jutaan, jika ingin memasuki pasar, maka UMKM harus sanggup memenuhi permintaan tersebut.

Tag: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Alibaba Group Holding Limited

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Kemenkominfo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.57 3,718.34
British Pound GBP 1.00 18,368.14 18,184.19
China Yuan CNY 1.00 2,105.18 2,084.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,086.00 13,946.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.75 10,011.83
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,795.40 1,777.49
Dolar Singapura SGD 1.00 10,408.63 10,303.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,908.73 15,749.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,399.95 3,362.91
Yen Jepang JPY 100.00 12,583.53 12,455.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 href="Download_Data/" />Download_Data/ - Sep
2 href="Market_Summary/" />Market_Summary/ - Dec
3 href="MockTestReportingDRC/" />MockTestReportingDRC/ - Feb
4 href="PSPNDC/" />PSPNDC/ - Mar
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10