Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Langkah untuk Ubah Ide Bisnis Menggunakan Crowdfunding

3 Langkah untuk Ubah Ide Bisnis Menggunakan Crowdfunding Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika Anda seorang pengusaha dengan ide bisnis baru, investor pendaratan dan meluncurkan bisnis Anda dapat memberikan pilihan; karena Anda memerlukan salah satu jalan untuk mendapatkan ide yang lain.

Banyak perusahaan menggunakan kampanye crowdfunding untuk membawa konsep-konsep baru ke pasar, meningkatkan modal dalam jumlah kecil dari sejumlah besar individu online. Ambil perusahaan virtual reality Oculus VR sebagai contoh, yang dimulai dengan crowdfunding dan kemudian dibeli oleh Facebook seharga $ 2 miliar.

"Crowdfunding adalah cara yang bagus untuk menguji ide baru, membuktikan konsep, dan memenangkan investor," kata Mark Campbell, mentor bisnis.

Jadi, bagaimana Anda mengambil ide bisnis baru, mencapai eksposur besar, dan melampaui tujuan pembiayaan Anda? Dari pikiran penikmat crowdfunding, berikut adalah lima langkah untuk mewujudkan ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda:

1. Tentukan apakah crowdfunding masuk akal untuk Anda

"Pertama, cari tahu apakah crowdfunding bahkan tepat untuk ide Anda," kata Campbell, “suatu ide dapat crowdfunded jika memberikan nilai kepada komunitas tertentu dan jika Anda dapat menawarkan insentif atau hadiah kepada audiens tersebut secara online."

2. Gandakan keberhasilan Anda

Untuk memaksimalkan hasil untuk kampanye Anda, bayangkan seperti apa penampilan yang sukses dari awal. Meskipun mendapatkan pendanaan itu penting, jangan berhenti di situ. Anda dapat mencapai lebih dari sekadar tujuan finansial dengan crowdfunding, jadi jangan membatasi diri Anda.

"Identifikasi beberapa tujuan selain mengumpulkan dana," kata Campbell, “mungkin paparan atau pembuktian konsep sebelum Anda menginvestasikan seluruh tabungan hidup Anda ke dalamnya."

3. Berikan nilai kepada pendukung Anda

Setiap kampanye yang sukses bergantung pada partisipasi audiens. Setelah Anda mengidentifikasi target audiens Anda, putuskan apa yang akan mendorong mereka untuk berinvestasi pada Anda. Menurut Campbell, ada dua jenis insentif: "Ada model berbasis hadiah tradisional, dan ada crowdfunding ekuitas, yang seperti IPO mini, Anda menawarkan kepemilikan."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: