Portal Berita Ekonomi Jum'at, 24 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:01 WIB. IHSG - IHSG ditutup wmbgaum041% ke level 6.507,35 di akhir sesi II.
  • 15:07 WIB. Adira - Premi kendaraan bermotor Adira Insurance tumbuh 12%. 
  • 15:06 WIB. Ponsel - Samsung rilis ponsel murah meriah mulai Rp1 jutaan.
  • 15:04 WIB. MTN - Mahkota Sentosa Utama terbitkan MTN berbunga 11,3% per tahun.
  • 15:04 WIB. Kargo - Garuda Indonesia akan operasikan empat pesawat kargo.
  • 15:03 WIB. Gerai - Ramayana ekspansi empat gerai di sepanjang tahun 2019.
  • 15:02 WIB. Capex - Ramayana siapkan capex Rp400 miliar di tahun ini.
  • 15:02 WIB. Dividen - Gihon Telekomunikasi bagikan dividen Rp7,45 miliar.
  • 15:01 WIB. Penjualan- Lotte Chemical Titan petok kenaikan penjualan 10% di tahun ini.
  • 15:00 WIB. Pendapatan - Gihon Telekomunikasi bidik pertumbuhan pendapatan 11% di 2019. 
  • 14:59 WIB. Asuransi - Bisnis asuransi kendaraan Wahana Tata (Aswata) menurun.
  • 14:59 WIB. BCA - Jahja Setiaatmadja beli 10 ribu saham BCA.
  • 14:58 WIB. Rupiah - Rupiah menguat 0,45% ke level Rp14.395 per dolar AS. 

Cara Tepat Manfaatkan Medsos Jadi Alat Marketing Perusahaan

Cara Tepat Manfaatkan Medsos Jadi Alat Marketing Perusahaan - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dalam berbisnis, peningkatan pendapatan dan branding adalah hal penting. Untuk bisa mewujudkannya, ada banyak teknik yang dapat digunakan. Salah satunya menggunakan media sosial (medsos) untuk menjangkau audiens yang lebih luas dalam promosi produk atau jasa.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan medsos agar dapat meningkatkan jumlah pendapatan serta membantu branding sebuah perusahaan yang Warta Ekonomi dapatkan dari 2Days Workshop Social Media Mastery yang dihelat hari ini, Rabu (10/10/2018).

Seleksi Pengikut di Medsos

Menurut Founder Kelola Digital Inc dan Managing Partner Unistellar Ari Nugrahanto, hal pertama yang penting dilakukan dalam mengelola medsos agar bermanfaat ialah menyeleksi pengikut atau followers. Pengikut harus sesuai dengan target pasar yang diincar perusahaan. Dengan penyeleksian tersebut, perusahaan dapat mengidentifikasi siapa saja yang berpotensi menjadi pelanggan.

"Permasalahan yang sering terjadi, perusahaan terlalu terburu-buru membeli pengikut, padahal caranya tidak seperti itu. Pengelola medsos harus memahami teknik marketing lebih dulu. Janganlah terburu-buru mencari customer, kita harus mengenali mereka. Sama saja dengan hubungan pertemanan," kata Ari.

Ia menambahkan, ada lima tahap untuk membuat pengikut menjadi lead atau prospek dalam bisnis yang kita miliki. Pertama, perkenalan dengan mengetahui minat dari pengikut kita. Lalu, jadikan mereka teman, lakukan interaksi dengan saling mengikuti dan berkirim pesan.

Kemudian, naik tingkat ke sahabat dengan cara mengajak bertemu dan dengarkan feed back mereka tentang perusahaan. Setelah itu, jadikan mereka penasihat. Terakhir, buat mereka menganggap perusahaan dan brand yang kita miliki sebagai keluarga.

"Kalau manusia telah melihat kesamaan dengan orang lain, maka dia akan mendengarkan, seperti kalau kita meminta saran pada sahabat, pasti kita ikuti sarannya," tambah Ari.

Buat Variasi pada Konten

Setelah menyeleksi pengikut, yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang bervariasi. Karena telah mengenal pengikut dan mengetahui minat mereka, buatlah konten berdasarkan data tersebut. Misalnya, bila banyak pengikut akun perusahaan yang tertarik pada topik travelling, maka sediakan konten yang berhubungan dengan topik itu. Menurut Ari, membuat konten di medsos setara dengan bercerita.

"It's about telling your story. Bisa bulanan, bisa mingguan, bisa pula per tiga bulan. Contoh cerita yang bisa diangkat tentang pelanggan atau pegawai perusahaan," katanya.

Teknik Visual Marketing dan Ciri Khas Perusahaan

Gunakan teknik visual marketing yang dapat menarik perhatian para pengikut terhadap produk perusahaan. Namun, jangan gunakan warna yang monoton, gunakan saja berbagai warna yang disesuaikan dengan identitas perusahaan. Tak lupa untuk selalu memasukkan ciri khas perusahaan pada konten, seperti warna, angle foto, filter, pola desain, dan sebagainya.

Ari berujar, "Harus ada signature yang mau disampaikan tentang perusahaan, baik itu di desain, marketing tool atau kantornya. Kalau tidak ada sesuatu yang menjadi ciri khas, harus dibuat."

Terapkan Teknik Caption Copy

Menurut Ari, teknik penulisan caption itu memiliki ilmu yang bernama keyword density atau kepadatan kata kunci dari sebuah caption. Dalam penerapannya, dibutuhkan kemampuan merangkai kata yang baik. Permasalahannya, tak semua admin medsos memiliki kemampuan tersebut.

"Di dalam satu paragraf tulisan di dunia digital, minimal harus ada 2-5 kata kunci yang ingin kita tampilkan di Google atau mesin pencari, sehingga kalau orang mencari kata kunci itu yang keluar postingan kita. Harus pintar merangkai kata," jelas Ari.

Pada intinya, pengelolaan medsos perusahaan dengan benar dan tepat akan membuahkan hasil yang baik. Bila kita memahami teknik marketing dan dapat menerapkannya di dunia digital, maka perusahaan yang kita miliki dapat sukses merambah pasar digital. 

Tag: Media Sosial (Medsos), Digital Marketing

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62