Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Tepat Manfaatkan Medsos Jadi Alat Marketing Perusahaan

Cara Tepat Manfaatkan Medsos Jadi Alat Marketing Perusahaan Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam berbisnis, peningkatan pendapatan dan branding adalah hal penting. Untuk bisa mewujudkannya, ada banyak teknik yang dapat digunakan. Salah satunya menggunakan media sosial (medsos) untuk menjangkau audiens yang lebih luas dalam promosi produk atau jasa.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan medsos agar dapat meningkatkan jumlah pendapatan serta membantu branding sebuah perusahaan yang Warta Ekonomi dapatkan dari 2Days Workshop Social Media Mastery yang dihelat hari ini, Rabu (10/10/2018).

Seleksi Pengikut di Medsos

Menurut Founder Kelola Digital Inc dan Managing Partner Unistellar Ari Nugrahanto, hal pertama yang penting dilakukan dalam mengelola medsos agar bermanfaat ialah menyeleksi pengikut atau followers. Pengikut harus sesuai dengan target pasar yang diincar perusahaan. Dengan penyeleksian tersebut, perusahaan dapat mengidentifikasi siapa saja yang berpotensi menjadi pelanggan.

"Permasalahan yang sering terjadi, perusahaan terlalu terburu-buru membeli pengikut, padahal caranya tidak seperti itu. Pengelola medsos harus memahami teknik marketing lebih dulu. Janganlah terburu-buru mencari customer, kita harus mengenali mereka. Sama saja dengan hubungan pertemanan," kata Ari.

Ia menambahkan, ada lima tahap untuk membuat pengikut menjadi lead atau prospek dalam bisnis yang kita miliki. Pertama, perkenalan dengan mengetahui minat dari pengikut kita. Lalu, jadikan mereka teman, lakukan interaksi dengan saling mengikuti dan berkirim pesan.

Kemudian, naik tingkat ke sahabat dengan cara mengajak bertemu dan dengarkan feed back mereka tentang perusahaan. Setelah itu, jadikan mereka penasihat. Terakhir, buat mereka menganggap perusahaan dan brand yang kita miliki sebagai keluarga.

"Kalau manusia telah melihat kesamaan dengan orang lain, maka dia akan mendengarkan, seperti kalau kita meminta saran pada sahabat, pasti kita ikuti sarannya," tambah Ari.

Buat Variasi pada Konten

Setelah menyeleksi pengikut, yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang bervariasi. Karena telah mengenal pengikut dan mengetahui minat mereka, buatlah konten berdasarkan data tersebut. Misalnya, bila banyak pengikut akun perusahaan yang tertarik pada topik travelling, maka sediakan konten yang berhubungan dengan topik itu. Menurut Ari, membuat konten di medsos setara dengan bercerita.

"It's about telling your story. Bisa bulanan, bisa mingguan, bisa pula per tiga bulan. Contoh cerita yang bisa diangkat tentang pelanggan atau pegawai perusahaan," katanya.

Teknik Visual Marketing dan Ciri Khas Perusahaan

Gunakan teknik visual marketing yang dapat menarik perhatian para pengikut terhadap produk perusahaan. Namun, jangan gunakan warna yang monoton, gunakan saja berbagai warna yang disesuaikan dengan identitas perusahaan. Tak lupa untuk selalu memasukkan ciri khas perusahaan pada konten, seperti warna, angle foto, filter, pola desain, dan sebagainya.

Ari berujar, "Harus ada signature yang mau disampaikan tentang perusahaan, baik itu di desain, marketing tool atau kantornya. Kalau tidak ada sesuatu yang menjadi ciri khas, harus dibuat."

Terapkan Teknik Caption Copy

Menurut Ari, teknik penulisan caption itu memiliki ilmu yang bernama keyword density atau kepadatan kata kunci dari sebuah caption. Dalam penerapannya, dibutuhkan kemampuan merangkai kata yang baik. Permasalahannya, tak semua admin medsos memiliki kemampuan tersebut.

"Di dalam satu paragraf tulisan di dunia digital, minimal harus ada 2-5 kata kunci yang ingin kita tampilkan di Google atau mesin pencari, sehingga kalau orang mencari kata kunci itu yang keluar postingan kita. Harus pintar merangkai kata," jelas Ari.

Pada intinya, pengelolaan medsos perusahaan dengan benar dan tepat akan membuahkan hasil yang baik. Bila kita memahami teknik marketing dan dapat menerapkannya di dunia digital, maka perusahaan yang kita miliki dapat sukses merambah pasar digital. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: