Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:05 WIB. Jasindo - Jasindo memanfaatkan tingginya minat umroh dan liburan untuk menjual produk asuransi perjalanan.
  • 06:26 WIB. Pertamina - Pertamina bekerja sama dengan Bank Sumut menggelar promo untuk menggaet pendaftar baru aplikasi MyPertamina.
  • 06:23 WIB. AP II - Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta kedua menelan dana sekitar Rp100 triliun.
  • 06:22 WIB. AP II - AP II menargetkan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta kedua bisa direalisasikan mulai 2021.
  • 06:06 WIB. ADHI - Target harga saham ADHI berada pada level Rp3.000 per saham.
  • 06:04 WIB. ADHI - Analis menilai bahwa pertumbuhan laba bersih yang dibukukan ADHI pada kuartal III/2018 menjadi yang tertinggi dalam rerata 5 tahun terakhir.
  • 06:01 WIB. Mandiri - Mandiri menyarankan pemerintah meningkatkan porsi pendapatan di luar komoditas misalnya manufaktur.
  • 06:00 WIB. Mandiri - Bank Mandiri masih menyalurkan KPR di beberapa daerah dengan jumlah terbatas.

6 Tips Gunakan Medsos untuk Kemajuan Bisnis Versi Gary Vaynerchuk

Foto Berita 6 Tips Gunakan Medsos untuk Kemajuan Bisnis Versi Gary Vaynerchuk
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

 

Dengan lebih dari 3 miliar pengguna media sosial global pada tahun 2018, bisnis tidak dapat mengabaikan kesempatan untuk membangun audiensi online.

Terlepas dari pertumbuhan pengguna, hanya sedikit yang meraih sukses di media sosial seperti Gary Vaynerchuk. Dia terkenal karena mengambil bisnis anggur keluarganya dari $ 3 juta dalam penjualan tahunan hingga lebih dari $ 60 juta. Dia memanfaatkan media sosial Youtube untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

Akhirnya, ia memulai agensi pemasarannya sendiri, VaynerMedia, dan sekarang menjadi pemimpin pemikiran terkenal di dunia dalam ruang pemasaran digital.

Berikut enam tips dari Vaynerchuk ini akan membantu para pengusaha memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka:

1. Berpikir seperti perusahaan media

Berpikir seperti perusahaan media mengharuskan memadamkan konten yang akan menginformasikan atau menghibur audiens Anda.

Vaynerchuk sangat aktif dalam membuat video informasi, artikel, kutipan, dan klip audio bagi para wirausahawan di semua platform media sosial utama. Demikian pula, Kylie Jenner, CEO Kylie Cosmetics, memadukan foto produknya dengan berbagai pos kecantikan, fashion, dan gaya hidup. Hal ini menciptakan audiens yang sangat terlibat yang membantu Jenner menjual makeup-nya dan laris dalam beberapa menit.

Pengusaha sering membuat kesalahan dengan hanya memposting tentang produk atau layanan mereka, tetapi berpikir seperti perusahaan media memerlukan pembuatan konten yang kreatif dan relevan tanpa terlalu promosi setiap saat.

2. Jadilah kreatif dengan konten yang berulang

Vaynerchuk mengembangkan kembali konten bentuk panjangnya, terutama ceramah dan videonya, ke konten mikro yang dapat dibagikan di berbagai platform.

Ada satu keynote khususnya bahwa timnya dirancang ulang untuk membuat lebih dari 30 konten media sosial, yang menghasilkan lebih dari 35 juta tampilan. Pemilik bisnis tentu memiliki kesibukan, jadi meluangkan waktu untuk membuat konten berkualitas terkadang sulit. Dengan mengubah konten, mereka dapat menghemat waktu dan tenaga.

3. Berikan nilai besar sebelum meminta imbalan apa pun

Pengusaha dapat memberikan nilai dalam bentuk konten gratis untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial.

Demikian pula, Tim Ferriss, penulis lima buku yang laris di pasaran ini memberikan banyak ilmunya secara gratis sebelum meminta penjualan buku sebagai imbalannya. Dia memberikan nilai kepada pembaca setianya melalui konten di blognya, akun media sosial, dan podcast. Ini membantu dia menumbuhkan pengikutnya, membangun kepercayaan dengan audiensnya dan menetapkan otoritas sebagai ahli pengembangan diri.

4. Tetap se-autentik mungkin

Ada tekanan untuk bersaing di media sosial. Orang-orang dan perusahaan sering memamerkan sorotan utama kehidupan atau bisnis mereka secara online agar terlihat seperti mereka memiliki semuanya, tetapi Vaynerchuk mendorong keaslian.

"Anda harus memahami DNA pribadi Anda. Jangan melakukan sesuatu karena saya melakukannya atau Steve Jobs atau Mark Cuban mencobanya. Anda perlu mengetahui merek pribadi Anda dan tetap setia pada itu," kata Vaynerchuk.

Dengan mempertahankan keaslian, pengusaha dapat kesempatan untuk menampilkan apa yang membuat bisnis mereka berbeda dari yang lainnya. Mereka menonjolkan ciri khas mereka masing-masing.

5. Balas ke banyak komentar dan pesan yang Anda bisa

Volume komentar dan pesan yang diterima beberapa influencer dapat menjadi luar biasa. Meskipun demikian, Vaynerchuk sering membalas meski tidak semuanya. Demikian pula, Lewis Howes, penulis, pengusaha, dan atlet yang paling laris, telah membangun cukup banyak pengikut di media sosial.

Di Instagram, dia memiliki lebih dari 700.000 pengikut, tetapi dia menjawab banyak komentar yang dia terima. Pengusaha dapat membalas komentar dan pesan yang mereka terima sebagai bentuk layanan pelanggan berkualitas tinggi.

6. Tetapkan komitmen jangka panjang

Pemilik bisnis harus memastikan untuk tetap berkomitmen pada visi jangka panjang mereka meskipun ada gangguan peluang yang mungkin muncul secara online.

 

Akhirnya, ketahuilah bahwa membangun merek di media sosial membutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi. Vaynerchuk telah aktif di media sosial selama lebih dari satu dekade. Jika Anda belum melakukannya, mulailah mengembangkan bisnis Anda dengan media sosial saat ini menggunakan enam kiat mengubah permainan ini.

 

Tag: Tips Bisnis, Media Sosial (Medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35