Portal Berita Ekonomi Kamis, 17 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:22 WIB. Izin Usaha - OJK mencabut izin usaha perusahaan pialang asuransi, PT Bharatre Indonesia Insurance Brokers.
  • 12:02 WIB. IHSG - IHSG ditutup¬†menghijau 0,49% ke level 6.444,86 di akhir sesi I, Kamis (17/01/2019).¬†
  • 11:29 WIB. Direksi - Verdy Rusli diberhentikan sementara waktu dari jabatan Direktur Skybee.
  • 11:28 WIB. Properti - Agung Podomoro Land gandengan Kawan Lama Group untuk kembangkan Podomoro Park Bandung.
  • 09:20 WIB. Dolar AS - Pukul 09.20 WIB, dolar AS menguat 0,14% ke level Rp14.143.¬†

6 Tips Gunakan Medsos untuk Kemajuan Bisnis Versi Gary Vaynerchuk

Foto Berita 6 Tips Gunakan Medsos untuk Kemajuan Bisnis Versi Gary Vaynerchuk
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

 

Dengan lebih dari 3 miliar pengguna media sosial global pada tahun 2018, bisnis tidak dapat mengabaikan kesempatan untuk membangun audiensi online.

Terlepas dari pertumbuhan pengguna, hanya sedikit yang meraih sukses di media sosial seperti Gary Vaynerchuk. Dia terkenal karena mengambil bisnis anggur keluarganya dari $ 3 juta dalam penjualan tahunan hingga lebih dari $ 60 juta. Dia memanfaatkan media sosial Youtube untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

Akhirnya, ia memulai agensi pemasarannya sendiri, VaynerMedia, dan sekarang menjadi pemimpin pemikiran terkenal di dunia dalam ruang pemasaran digital.

Berikut enam tips dari Vaynerchuk ini akan membantu para pengusaha memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka:

1. Berpikir seperti perusahaan media

Berpikir seperti perusahaan media mengharuskan memadamkan konten yang akan menginformasikan atau menghibur audiens Anda.

Vaynerchuk sangat aktif dalam membuat video informasi, artikel, kutipan, dan klip audio bagi para wirausahawan di semua platform media sosial utama. Demikian pula, Kylie Jenner, CEO Kylie Cosmetics, memadukan foto produknya dengan berbagai pos kecantikan, fashion, dan gaya hidup. Hal ini menciptakan audiens yang sangat terlibat yang membantu Jenner menjual makeup-nya dan laris dalam beberapa menit.

Pengusaha sering membuat kesalahan dengan hanya memposting tentang produk atau layanan mereka, tetapi berpikir seperti perusahaan media memerlukan pembuatan konten yang kreatif dan relevan tanpa terlalu promosi setiap saat.

2. Jadilah kreatif dengan konten yang berulang

Vaynerchuk mengembangkan kembali konten bentuk panjangnya, terutama ceramah dan videonya, ke konten mikro yang dapat dibagikan di berbagai platform.

Ada satu keynote khususnya bahwa timnya dirancang ulang untuk membuat lebih dari 30 konten media sosial, yang menghasilkan lebih dari 35 juta tampilan. Pemilik bisnis tentu memiliki kesibukan, jadi meluangkan waktu untuk membuat konten berkualitas terkadang sulit. Dengan mengubah konten, mereka dapat menghemat waktu dan tenaga.

3. Berikan nilai besar sebelum meminta imbalan apa pun

Pengusaha dapat memberikan nilai dalam bentuk konten gratis untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial.

Demikian pula, Tim Ferriss, penulis lima buku yang laris di pasaran ini memberikan banyak ilmunya secara gratis sebelum meminta penjualan buku sebagai imbalannya. Dia memberikan nilai kepada pembaca setianya melalui konten di blognya, akun media sosial, dan podcast. Ini membantu dia menumbuhkan pengikutnya, membangun kepercayaan dengan audiensnya dan menetapkan otoritas sebagai ahli pengembangan diri.

4. Tetap se-autentik mungkin

Ada tekanan untuk bersaing di media sosial. Orang-orang dan perusahaan sering memamerkan sorotan utama kehidupan atau bisnis mereka secara online agar terlihat seperti mereka memiliki semuanya, tetapi Vaynerchuk mendorong keaslian.

"Anda harus memahami DNA pribadi Anda. Jangan melakukan sesuatu karena saya melakukannya atau Steve Jobs atau Mark Cuban mencobanya. Anda perlu mengetahui merek pribadi Anda dan tetap setia pada itu," kata Vaynerchuk.

Dengan mempertahankan keaslian, pengusaha dapat kesempatan untuk menampilkan apa yang membuat bisnis mereka berbeda dari yang lainnya. Mereka menonjolkan ciri khas mereka masing-masing.

5. Balas ke banyak komentar dan pesan yang Anda bisa

Volume komentar dan pesan yang diterima beberapa influencer dapat menjadi luar biasa. Meskipun demikian, Vaynerchuk sering membalas meski tidak semuanya. Demikian pula, Lewis Howes, penulis, pengusaha, dan atlet yang paling laris, telah membangun cukup banyak pengikut di media sosial.

Di Instagram, dia memiliki lebih dari 700.000 pengikut, tetapi dia menjawab banyak komentar yang dia terima. Pengusaha dapat membalas komentar dan pesan yang mereka terima sebagai bentuk layanan pelanggan berkualitas tinggi.

6. Tetapkan komitmen jangka panjang

Pemilik bisnis harus memastikan untuk tetap berkomitmen pada visi jangka panjang mereka meskipun ada gangguan peluang yang mungkin muncul secara online.

 

Akhirnya, ketahuilah bahwa membangun merek di media sosial membutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi. Vaynerchuk telah aktif di media sosial selama lebih dari satu dekade. Jika Anda belum melakukannya, mulailah mengembangkan bisnis Anda dengan media sosial saat ini menggunakan enam kiat mengubah permainan ini.

 

Tag: Tips Bisnis, Media Sosial (Medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6413.360 4.576 625
2 Agriculture 1580.665 -4.371 21
3 Mining 1864.283 19.943 47
4 Basic Industry and Chemicals 886.611 -9.234 71
5 Miscellanous Industry 1412.349 17.718 46
6 Consumer Goods 2622.970 -29.125 51
7 Cons., Property & Real Estate 479.075 -1.667 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1144.667 14.212 71
9 Finance 1218.281 4.587 91
10 Trade & Service 789.491 2.967 153
No Code Prev Close Change %
1 CANI 163 210 47 28.83
2 TIRA 250 312 62 24.80
3 AGRS 300 374 74 24.67
4 INCF 300 350 50 16.67
5 BGTG 95 110 15 15.79
6 INPP 650 750 100 15.38
7 VICO 104 119 15 14.42
8 CTTH 122 135 13 10.66
9 TFCO 665 735 70 10.53
10 BEST 234 258 24 10.26
No Code Prev Close Change %
1 ASJT 360 300 -60 -16.67
2 OCAP 330 282 -48 -14.55
3 YPAS 745 660 -85 -11.41
4 RELI 250 224 -26 -10.40
5 PRIM 570 515 -55 -9.65
6 APEX 1,400 1,295 -105 -7.50
7 OASA 378 350 -28 -7.41
8 ATIC 880 815 -65 -7.39
9 UNIT 268 252 -16 -5.97
10 MIDI 1,060 1,000 -60 -5.66
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 342 348 6 1.75
2 ANTM 820 870 50 6.10
3 PGAS 2,320 2,410 90 3.88
4 UNTR 25,600 26,050 450 1.76
5 TLKM 3,930 3,990 60 1.53
6 KPAS 222 224 2 0.90
7 BBRI 3,780 3,780 0 0.00
8 DOID 565 615 50 8.85
9 BMRI 7,800 7,800 0 0.00
10 BHIT 66 71 5 7.58