Portal Berita Ekonomi Jum'at, 19 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 05:44 WIB. Liga Eropa - Valencia 2 vs 0 Villarreal
  • 05:43 WIB. Liga Eropa - Napoli 0 vs 1 Arsenal
  • 05:43 WIB. Liga Eropa - Eintracht Frankfurt 2 vs 0 Benfica
  • 05:42 WIB. Liga Eropa - Chelsea 4 vs 3 Slavia Prague
  • 21:15 WIB. BBM - Terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4% dan LPG sebanyak 2% di Sumbagut.
  • 21:08 WIB. KBS - Krakatau Bandar Samudra Teken Kesepakatan Akuisisi WSB dan MSB.
  • 21:06 WIB. AP II - AP II sedang mengkaji kembali tiga calon lokasi pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penyaluran kredit sektor agribisnis tahun ini akan lebih baik dari realisasi 2018.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penurunan suku bunga kebijakan BI tahun ini sekitar 25 bps.
  • 20:56 WIB. BNI - BNI memperkuat sistem keamanan digital banking.
  • 20:55 WIB. Garuda - Garuda Indonesia mencatat laba bersih US$20,48 juta pada kuartal I-2019.
  • 20:55 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah berharap nantinya 20% pembukaan rekening bisa dilayani secara digital.
  • 20:42 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019.
  • 20:42 WIB. KAEF - Kimia Farma menggali potensi penjualan kosmetik di tahun ini.

Coba Manfaatkan Wadah Ini untuk Jadi Wirausaha yang Jutawan

Coba Manfaatkan Wadah Ini untuk Jadi Wirausaha yang Jutawan - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bagi para pengusaha dan pemimpin bisnis, gerakan dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital merupakan peluang yang signifikan bagi siapa pun yang tertarik untuk menciptakan kantong pendapatan baru.

Pertimbangkan data ini, tahun lalu hampir $ 27 miliar dihabiskan untuk iklan Facebook. Jika Anda mampu menguasai pemasaran Facebook untuk peluang pasar yang menghabiskan sepuluh seperseribu dari $ 27 miliar, total pasar yang dapat dialamatkan masih bernilai $ 2,7 juta.

Media sosial dapat dijadikan wadah bagi kewirausahaan yang ingin berkembang. Ini menunjukkan betapa menguntungkannya untuk mengembangkan bisnis berdasarkan media sosial. Berikut beberapa poin yang diambil dari Entrepreneur.com:

1. Promosikan bisnis e-niaga dengan “iklan mirip"

Iklan yang mirip adalah jenis kendaraan iklan yang ditawarkan oleh Facebook yang menggunakan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi audiens target Anda. Mereka memungkinkan pemasar untuk berkomunikasi secara efektif dengan khalayak yang secara statistik paling mungkin terlibat dengan produk.

Iklan yang mirip telah menjadi cara yang efektif bagi para pengusaha ecommerce untuk dengan cepat terhubung dengan calon pelanggan tanpa perlu mengembangkan persona pemasaran atau strategi kompleks untuk memasuki pasar.

2. Mulai konsultan pemasaran influencer media sosial

Sebagian besar pemasar (94 persen) yang mengandalkan pemasaran influencer percaya itu efektif. Merek merasa semakin sulit untuk berbicara dengan audiens target mereka. Prospek lebih baik dalam memfilter iklan dan konten yang disponsori daripada sebelumnya, terutama karena pemblokir iklan yang kuat.

Influencer memberikan kesempatan kepada pemasar untuk memulai percakapan yang bermakna dengan calon pelanggan, tepat ketika prospek paling mudah diterima.

Masalahnya adalah, kebanyakan merek tidak tahu bagaimana mengidentifikasi pihak yang berpengaruh untuk didekati, dan begitu mereka bekerja dengan influencer, mereka tidak tahu bagaimana mengukur kesuksesan. Dengan memulai  konsultasi pemasaran influencer, Anda dapat memberi pemasar akses ke saluran pemasaran yang efektif yang tidak pernah lebih diminati.

3. Menguasai Instagram Storie dan menjadi konsultan konten

Instagram adalah salah satu jaringan media sosial terbesar di dunia, dan Instagram Stories membantu mendorong platform ke ketinggian baru. Cerita sangat sukses, pada kenyataannya, bahwa produk tersebut  mencuri pengguna jauh dari Snapchat.

Banyak merek mengakui bahwa Instagram Stories adalah media yang hebat untuk terhubung dengan audiens target; namun, membuat konten yang menarik secara rutin dapat menjadi tantangan. Dengan menguasai Instagram Stories, Anda dapat menawarkan saran berharga kepada merek tentang cara membuat konten menarik yang akan melibatkan pengikut.

4. Dapatkan keuntungan penggerak pertama dengan menggunakan alat iklan baru LinkedIn

Untuk bersaing dengan platform media sosial lainnya, LinkedIn telah merilis sejumlah kendaraan iklan baru dan kuat yang akan ditemukan oleh para pemasar. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak organisasi akan menguasai opsi periklanan baru ini dari waktu ke waktu. Namun, organisasi yang mampu menguasai alat-alat baru ini pertama akan memiliki keuntungan penggerak pertama yang signifikan.

Beberapa perubahan pada rangkaian alat LinkedIn termasuk kemampuan untuk menampilkan iklan penargetan ulang dan kemampuan untuk mengumpulkan informasi prospek dalam umpan berita LinkedIn.

5. Promosikan konten yang terjaga keamanannya melalui video YouTube

YouTube digunakan oleh sekitar  2 miliar orang setiap bulan, dan karena mereka adalah bagian dari Google, mereka menawarkan kumpulan kemungkinan periklanan yang canggih. Pengusaha harus mempertimbangkan  memulai bisnis yang menggunakan video YouTube yang menarik untuk mempromosikan konten yang terjaga keamanannya yang dihosting di situs web bermerek.

6. Bangun gerakan dengan grup Facebook

Orang-orang mendambakan komunitas. Ini masih benar meskipun sebagian besar kehidupan kita dihabiskan untuk berinteraksi satu sama lain secara digital. Merek multimiliar dolar seperti GORUCK telah menciptakan Grup Facebook yang berkembang yang kemudian membantu mendorong penjualan sekaligus meningkatkan loyalitas merek.

Pertimbangkan memulai bisnis yang dibangun di sekitar gagasan memobilisasi. Untuk GORUCK, ide itu terkait dengan patriotisme, kebersamaan, dan keinginan untuk meningkatkan diri. Akibatnya, GORUCK telah menjadi terkenal di kalangan penggemar alam dan pencari petualangan. Keberhasilan perusahaan benar-benar dimulai ketika para penggemar merek  berkumpul di Facebook.

Media sosial dapat dijadikan wadah untuk kewirausahaan. Potensi yang dimilikinya cukup tinggi untuk menciptakan banyak jutawan. Jika Anda ingin berada di antara mereka, Anda harus terlebih dahulu menguasai satu aspek pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan dari merek terkenal. Dari sana akan relatif mudah untuk menjalin hubungan dengan perusahaan yang tertarik dalam menciptakan kehadiran media sosial yang menarik yang menghubungkan merek dengan prospek.

Tag: Media Sosial (Medsos)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rami

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.57 3,718.34
British Pound GBP 1.00 18,368.14 18,184.19
China Yuan CNY 1.00 2,105.18 2,084.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,086.00 13,946.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.75 10,011.83
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,795.40 1,777.49
Dolar Singapura SGD 1.00 10,408.63 10,303.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,908.73 15,749.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,399.95 3,362.91
Yen Jepang JPY 100.00 12,583.53 12,455.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6507.221 25.680 632
2 Agriculture 1488.400 -0.956 21
3 Mining 1783.288 -3.538 47
4 Basic Industry and Chemicals 848.126 -1.627 71
5 Miscellanous Industry 1355.756 16.130 46
6 Consumer Goods 2546.270 -36.045 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.429 6.710 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1164.446 9.331 73
9 Finance 1310.375 20.186 91
10 Trade & Service 811.400 -3.387 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 300 374 74 24.67
2 SAPX 555 690 135 24.32
3 APEX 645 790 145 22.48
4 CNTX 414 496 82 19.81
5 MIDI 1,020 1,200 180 17.65
6 INPP 675 790 115 17.04
7 BBLD 484 565 81 16.74
8 KICI 284 330 46 16.20
9 SSIA 570 660 90 15.79
10 GHON 1,325 1,525 200 15.09
No Code Prev Close Change %
1 INRU 720 600 -120 -16.67
2 TMPO 208 180 -28 -13.46
3 MLPT 1,340 1,200 -140 -10.45
4 KOIN 226 204 -22 -9.73
5 SIPD 800 725 -75 -9.38
6 TPMA 278 252 -26 -9.35
7 TRIO 177 161 -16 -9.04
8 JSKY 1,300 1,185 -115 -8.85
9 BDMN 9,425 8,600 -825 -8.75
10 ABMM 2,200 2,010 -190 -8.64
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,340 4,460 120 2.76
2 BBCA 27,475 28,125 650 2.37
3 CPRI 167 177 10 5.99
4 WSKT 2,110 2,160 50 2.37
5 BMRI 7,625 7,800 175 2.30
6 ABBA 178 163 -15 -8.43
7 BGTG 83 82 -1 -1.20
8 UNTR 26,425 26,075 -350 -1.32
9 WIKA 2,330 2,420 90 3.86
10 TLKM 3,870 3,860 -10 -0.26