Portal Berita Ekonomi Rabu, 24 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:48 WIB. BTN - Penghimpunan dana BTN tumbuh 10,98% yoy menjadi Rp215,83 triliun.
  • 10:46 WIB. PGN - PGN menggelar BUMN Goes to Campus di universitas Katolik Santo Thomas Medan.
  • 10:45 WIB. WIKON - Wijaya Karya Industri & Konstruksi meresmikan produksi perdana gelagar baja untuk pasar Filipina.
  • 10:04 WIB. Perundingan Dagang - AS-China akan kembali melakukan perundingan dagang pada akhir April 2019 mendatang. 
  • 10:02 WIB. Perang Dagang - Trump perkuat sinyal perang dagang dengan Uni Eropa. 
  • 09:59 WIB. Rupiah - Rupiah melemah 0,36% ke level Rp14.125 per dolar AS. 
  • 09:07 WIB. IHSG - IHSG dibuka merah 0,04% ke level 6.460,27 di awal sesi I. 
  • 06:32 WIB. JSMR - Jasa Marga mencatatkan laba bersih sebesar Rp584,83 miliar pada kuartal I 2019.
  • 06:30 WIB. KSB - Krakatau Bandar Samudera membidik tender untuk menjadi pengelola pelabuhan milik PLN.

Mau Buat Iklan Produk Bisnis Anda di Facebook? Baca 4 Pelajaran Ini Dulu

Mau Buat Iklan Produk Bisnis Anda di Facebook? Baca 4 Pelajaran Ini Dulu - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Keith Krance dan timnya yang merupakan biro iklan Facebook ingin membagikan cerita serta pengalamannya pada tahun 2016 lalu mengenai kampanye Facebook yang “gila-gilaan”. Mereka membuat dan mengelola 2.652 kampanye iklan Facebook, masing-masing dengan rata-rata satu hingga 12 set iklan dan dengan satu hingga delapan iklan di setiap set.

“Sebagai biro iklan Facebook yang menangani kampanye untuk klien di banyak pasar, kami memiliki banyak kesempatan untuk menguji berbagai cara untuk mendapatkan hasil terbaik di platform iklan Facebook. Cukuplah untuk mengatakan, kami belajar banyak tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” kata Krance.

Berikut adalah empat pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman mereka tersebut:

1. Pasang pemirsa khusus situs web sesegera mungkin

Salah satu tambahan paling penting pada platform iklan Facebook ini adalah pemirsa khusus situs web.

Dengan menempatkan sedikit cuplikan kode di setiap halaman situs web Anda, pemirsa khusus situs web memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang baru saja mengunjungi situs Anda dari Facebook. Ini adalah bentuk retargeting yang sangat cerdas menggunakan ID pengguna Facebook, bukan piksel.

Dengan menempatkan potongan kode ini di setiap halaman situs web Anda, Anda dapat membuat "daftar diam" dari orang-orang yang telah menyatakan minatnya pada produk dan layanan Anda dengan mengunjungi situs web Anda. Karena lebih dari 175 juta orang masuk ke Facebook setiap hari, itu berarti di mana pun mereka berada di Internet, mereka dapat "ditangkap" oleh Anda.

2. Manfaatkan penonton yang mirip untuk konversi maksimum

Dengan pemirsa khusus situs web, serta pemirsa lainnya, Facebook dapat membuat semua jenis audiens tambahan yang sangat sesuai untuk produk dan layanan Anda.

Algoritma Facebook yang misterius sangat kuat sehingga setiap tindakan di Facebook dapat diukur dan dilacak, kemudian digunakan sebagai penargetan untuk Anda, pemilik bisnis. Pemirsa serupa memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda saat ini untuk apa pun tujuan Anda: apakah itu akuisisi penggemar, pencitraan merek, keterlibatan atau pembelian di luar Facebook dan memimpin pengambilan.

3. Jadikan magnet utama Anda sangat spesifik

"Magnet utama" adalah solusi ultra-spesifik untuk pasar ultra-spesifik yang ditawarkan sebagai imbalan atas opt-in. Keikutsertaan ini biasanya merupakan alamat email.

Magnet utama bisa berupa e-book, daftar periksa, uji coba gratis, kuis, atau laporan khusus. Jika Anda ingin menjadi super-sukses di Facebook, Anda harus mulai dengan menawarkan solusi ultra-spesifik ke pasar yang sangat spesifik. Semakin spesifik, semakin baik. Jika Anda seorang mentor bisnis, Anda mungkin tergoda untuk menawarkan magnet utama yang mengajarkan audiens Anda “bagaimana menjadi mentor yang lebih baik."

Meskipun ini adalah usaha yang bagus, itu tidak cukup spesifik. Magnet utama yang baik harus berbicara dengan keinginan yang sangat spesifik untuk pasar Anda. Tujuan dari magnet utama adalah membawa mereka ke jalan menuju tujuan akhir, untuk membeli produk atau jasa Anda.

Walaupun produk dan layanan dapat dijual langsung di Facebook, seringkali jauh lebih mudah untuk mendapatkan petunjuk di Facebook dan kemudian menjualnya ke dalam program Anda setelah fakta.

4. Riset pasar adalah segalanya dan lebih mudah dari yang Anda kira

“Setiap kali saya berbicara dengan siapa pun tentang iklan Facebook, pertanyaan paling populer yang saya dengar ada di sisi iklan: warna apa yang harus saya gunakan dalam materi iklan saya, bagaimana cara menulis teks iklan saya, apa cara terbaik untuk melakukan penawaran iklan, dll,” ucapnya.

Semua itu adalah pertanyaan yang salah karena semua hal itu tidak masalah jika Anda salah menulis pesan di depan audiens yang salah. Benar, ada ratusan sumber yang berbeda untuk penelitian ketika memulai kampanye iklan Facebook pertama Anda. Tentu, Anda selalu dapat menggunakan pencarian Google untuk melakukan riset pasar Anda. Namun, ternyata alat riset pasar terbaik terdapat di dalam Facebook itu sendiri.

Lagi pula, masuk akal untuk menargetkan minat yang menurut Facebook paling selaras dengan pelanggan ideal Anda.

Facebook adalah platform yang sangat kuat dengan lebih dari seperlima populasi dunia sebagai pengguna aktif setiap bulan. Dengan alat yang tepat dan strategi yang tepat, bahkan pemasar pemula pun dapat menghasilkan prospek dan penjualan dari platform iklan.

Jangan khawatir Anda akan membuat kesalahan saat pertama kali memulai. Anda dapat menghindari banyak kesalahan dengan mempelajari bentuk pelajaran dari Krance.

Tag: Facebook, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,782.13 3,743.97
British Pound GBP 1.00 18,347.13 18,157.82
China Yuan CNY 1.00 2,110.41 2,089.28
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,183.00 14,041.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,986.25 9,883.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,808.85 1,790.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.96 10,334.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,907.65 15,742.77
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,433.31 3,396.47
Yen Jepang JPY 100.00 12,678.11 12,548.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26