Portal Berita Ekonomi Sabtu, 20 Oktober 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:01 WIB. Finansial - BI Surakarta dan BPR tanda tangani nota kesepahaman  pelayanan uang baru. 
  • 19:33 WIB. Banda - Gempa 5,4 Skala Richter mengguncang Banda, Sabtu pukul 18.47 WIT. 
  • 19:24 WIB. Transportasi - Kemenhub siapkan dana Rp400 miliar untuk subsidi pelayaran rakyat. 
  • 19:22 WIB. Bekasi - Rahmat Effendi ajak Menteri LHK dan Menteri PUPR untuk atas pencemaran Kali Bekasi.
  • 18:54 WIB. Pilpres - Sandiaga: Kami ingin lindungi tenaga kerja asli Indonesia.
  • 18:42 WIB. Palu - Susi Pudjiastuti memperpanjang penyelenggaraan charity sale untuk Palu sampai 24/10/2018. 
  • 18:42 WIB. Pasar - Harga cabai di Gorontalo turun dari Rp50 ribu menjadi Rp40 per kilo gram.
  • 18:42 WIB. Narkoba - Bareskrim Polri: Penyelundupan sabu per minggu ketiga Oktober mencapai 869 kasus.
  • 18:41 WIB. Narkoba - Bareskrim Polri sebut Dumai dan Bengkalis sebagai jalur baru penyelundupan sabu dari Narkoba. 
  • 18:41 WIB. Pemilu -  Bawaslu Papua ungkap temukan data 1.016.758 pemilih ganda.
  • 18:40 WIB. Golkar - Airlangga: Golkar akan berjuang menjadi partai yang kuasai Jawa Barat.
  • 18:39 WIB. Pilpres - Jokowi-Ma'ruf dijanjikan menang oleh tim Blusukan Jokowi di Medan. 
  • 18:39 WIB. Pekalongan - Pemkot Pekalongan targetkan nilai transaksi Pekan Batik Pekalongan 2018 menyentuh angka Rp8 miliar.
  • 17:23 WIB. Pariwisata - Pemkab Manggarai Barat menargetkan pendapatan pariwisata untuk tahun 2018 mencapai Rp12 miliar.
  • 17:22 WIB. Pelabuhan - Pemkab Kulon Progo mengharapkan Pelabuhan Tanjung Adikarto segera beroperasi sehingga memberi manfaat ke nelayan.

Mau Buat Iklan Produk Bisnis Anda di Facebook? Baca 4 Pelajaran Ini Dulu

Foto Berita Mau Buat Iklan Produk Bisnis Anda di Facebook? Baca 4 Pelajaran Ini Dulu
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Keith Krance dan timnya yang merupakan biro iklan Facebook ingin membagikan cerita serta pengalamannya pada tahun 2016 lalu mengenai kampanye Facebook yang “gila-gilaan”. Mereka membuat dan mengelola 2.652 kampanye iklan Facebook, masing-masing dengan rata-rata satu hingga 12 set iklan dan dengan satu hingga delapan iklan di setiap set.

“Sebagai biro iklan Facebook yang menangani kampanye untuk klien di banyak pasar, kami memiliki banyak kesempatan untuk menguji berbagai cara untuk mendapatkan hasil terbaik di platform iklan Facebook. Cukuplah untuk mengatakan, kami belajar banyak tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” kata Krance.

Berikut adalah empat pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman mereka tersebut:

1. Pasang pemirsa khusus situs web sesegera mungkin

Salah satu tambahan paling penting pada platform iklan Facebook ini adalah pemirsa khusus situs web.

Dengan menempatkan sedikit cuplikan kode di setiap halaman situs web Anda, pemirsa khusus situs web memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang baru saja mengunjungi situs Anda dari Facebook. Ini adalah bentuk retargeting yang sangat cerdas menggunakan ID pengguna Facebook, bukan piksel.

Dengan menempatkan potongan kode ini di setiap halaman situs web Anda, Anda dapat membuat "daftar diam" dari orang-orang yang telah menyatakan minatnya pada produk dan layanan Anda dengan mengunjungi situs web Anda. Karena lebih dari 175 juta orang masuk ke Facebook setiap hari, itu berarti di mana pun mereka berada di Internet, mereka dapat "ditangkap" oleh Anda.

2. Manfaatkan penonton yang mirip untuk konversi maksimum

Dengan pemirsa khusus situs web, serta pemirsa lainnya, Facebook dapat membuat semua jenis audiens tambahan yang sangat sesuai untuk produk dan layanan Anda.

Algoritma Facebook yang misterius sangat kuat sehingga setiap tindakan di Facebook dapat diukur dan dilacak, kemudian digunakan sebagai penargetan untuk Anda, pemilik bisnis. Pemirsa serupa memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda saat ini untuk apa pun tujuan Anda: apakah itu akuisisi penggemar, pencitraan merek, keterlibatan atau pembelian di luar Facebook dan memimpin pengambilan.

3. Jadikan magnet utama Anda sangat spesifik

"Magnet utama" adalah solusi ultra-spesifik untuk pasar ultra-spesifik yang ditawarkan sebagai imbalan atas opt-in. Keikutsertaan ini biasanya merupakan alamat email.

Magnet utama bisa berupa e-book, daftar periksa, uji coba gratis, kuis, atau laporan khusus. Jika Anda ingin menjadi super-sukses di Facebook, Anda harus mulai dengan menawarkan solusi ultra-spesifik ke pasar yang sangat spesifik. Semakin spesifik, semakin baik. Jika Anda seorang mentor bisnis, Anda mungkin tergoda untuk menawarkan magnet utama yang mengajarkan audiens Anda “bagaimana menjadi mentor yang lebih baik."

Meskipun ini adalah usaha yang bagus, itu tidak cukup spesifik. Magnet utama yang baik harus berbicara dengan keinginan yang sangat spesifik untuk pasar Anda. Tujuan dari magnet utama adalah membawa mereka ke jalan menuju tujuan akhir, untuk membeli produk atau jasa Anda.

Walaupun produk dan layanan dapat dijual langsung di Facebook, seringkali jauh lebih mudah untuk mendapatkan petunjuk di Facebook dan kemudian menjualnya ke dalam program Anda setelah fakta.

4. Riset pasar adalah segalanya dan lebih mudah dari yang Anda kira

“Setiap kali saya berbicara dengan siapa pun tentang iklan Facebook, pertanyaan paling populer yang saya dengar ada di sisi iklan: warna apa yang harus saya gunakan dalam materi iklan saya, bagaimana cara menulis teks iklan saya, apa cara terbaik untuk melakukan penawaran iklan, dll,” ucapnya.

Semua itu adalah pertanyaan yang salah karena semua hal itu tidak masalah jika Anda salah menulis pesan di depan audiens yang salah. Benar, ada ratusan sumber yang berbeda untuk penelitian ketika memulai kampanye iklan Facebook pertama Anda. Tentu, Anda selalu dapat menggunakan pencarian Google untuk melakukan riset pasar Anda. Namun, ternyata alat riset pasar terbaik terdapat di dalam Facebook itu sendiri.

Lagi pula, masuk akal untuk menargetkan minat yang menurut Facebook paling selaras dengan pelanggan ideal Anda.

Facebook adalah platform yang sangat kuat dengan lebih dari seperlima populasi dunia sebagai pengguna aktif setiap bulan. Dengan alat yang tepat dan strategi yang tepat, bahkan pemasar pemula pun dapat menghasilkan prospek dan penjualan dari platform iklan.

Jangan khawatir Anda akan membuat kesalahan saat pertama kali memulai. Anda dapat menghindari banyak kesalahan dengan mempelajari bentuk pelajaran dari Krance.

Tag: Facebook, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,077.46 4,036.30
British Pound GBP 1.00 19,921.28 19,721.82
China Yuan CNY 1.00 2,204.59 2,182.69
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 15,297.00 15,145.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,868.52 10,759.01
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,951.30 1,931.74
Dolar Singapura SGD 1.00 11,083.98 10,971.46
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,528.83 17,353.14
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,679.82 3,638.00
Yen Jepang JPY 100.00 13,610.64 13,474.20

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5837.291 -7.951 610
2 Agriculture 1574.400 -2.628 20
3 Mining 1909.966 -6.234 47
4 Basic Industry and Chemicals 757.451 4.747 70
5 Miscellanous Industry 1254.992 40.866 45
6 Consumer Goods 2471.957 -17.927 49
7 Cons., Property & Real Estate 409.115 1.009 71
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1046.955 -0.876 70
9 Finance 1054.067 -5.371 91
10 Trade & Service 792.965 -3.931 147
No Code Prev Close Change %
1 MAYA 6,950 8,150 1,200 17.27
2 NICK 138 159 21 15.22
3 APEX 1,780 2,000 220 12.36
4 HELI 85 94 9 10.59
5 DUCK 1,370 1,515 145 10.58
6 SMDM 133 145 12 9.02
7 RODA 350 378 28 8.00
8 MPRO 236 254 18 7.63
9 ACST 1,495 1,600 105 7.02
10 TBIG 5,050 5,375 325 6.44
No Code Prev Close Change %
1 MFMI 875 730 -145 -16.57
2 JAWA 160 138 -22 -13.75
3 CNTX 545 472 -73 -13.39
4 PNSE 875 770 -105 -12.00
5 RELI 256 228 -28 -10.94
6 LPLI 148 132 -16 -10.81
7 JKSW 68 62 -6 -8.82
8 RMBA 378 348 -30 -7.94
9 BISI 1,520 1,400 -120 -7.89
10 PSDN 208 192 -16 -7.69
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 332 344 12 3.61
2 BHIT 82 81 -1 -1.22
3 KPIG 136 135 -1 -0.74
4 PGAS 2,230 2,270 40 1.79
5 MNCN 790 780 -10 -1.27
6 TLKM 3,760 3,730 -30 -0.80
7 SCMA 1,785 1,725 -60 -3.36
8 ADRO 1,730 1,700 -30 -1.73
9 TARA 890 890 0 0.00
10 INKP 13,675 13,475 -200 -1.46