Portal Berita Ekonomi Sabtu, 23 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:29 WIB. PRDA - Prodia Widyahusada mencatatkan laba bersih sebesar Rp175,45 miliar pada tahun 2018.
  • 07:41 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Portugal 0 vs 0 Ukraina
  • 07:39 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Luksemburg 2 vs 1 Lithuania
  • 07:38 WIB. Kualifikasi Euro Grup A - Inggris 5 vs 0 Republik Ceko
  • 07:16 WIB. Kualifikasi Euro Grup A -  Bulgaria 1 vs 1 Montenegro

Digital Marketing, Lebih dari Sekadar Konten Digital

Digital Marketing, Lebih dari Sekadar Konten Digital - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perkembangan  teknologi memicu transformasi dari dunia analog ke digital, termasuk dalam bidang marketing, kini muncul istilah digital marketing. Namun, dalam digital marketing, perusahaan kerap kali terlalu fokus pada kata “digital”, tanpa memikirkan kata “marketing” di dalamnya.

Sebagai pelaku digital marketing, Founder Kelola Digital Inc dan Managing Partner Unistellar mengungkapkan, kegagalan marketing di dunia digital umumnya terjadi karena bahasa rasional. Padahal, dalam teknik marketing, bahasa yang sebaiknya digunakan adalah bahasa emosional.

“Sekarang, komunikasi dimudahkan dengan media digital, tetapi tidak boleh melupakan teknik marketing. Jangan mengaku sebagai admin media sosial kalau tidak mengerti ilmu marketing karena itu adalah dasar dari digital marketing,” kata Ari di acara 2 Days Workshop Social Media Mastery pada Kamis (11/11/2018).

Menurut Ari, salah satu teknik marketing yang paling mudah diaplikasikan adalah teknik back to basic. Teknik tersebut menggunakan pegawai perusahaan sebagai media pemasaran. Mereka adalah salah satu sumber daya yang dapat mengangkat nama perusahaan di media sosial.

“Seluruh pegawai harus memahami digital marketing, dengan begitu akan tercipta human integrated digital marketing. Karena pemasaran di dunia digital bukan hanya tugas 1 orang, melainkan harus dilakukan secara tim,” tambah Ari.

Selain penerapan human integrated digital marketing, mengkurasi followers dan riset sebelum menyusun konten juga perlu dilakukan.  Dengan riset, perusahaan dapat menentukan langkah yang diambil dalam pengelolaan media sosial perusahaan.

“Pertama yang penting kurasi, lalu yang kedua atur waktu untuk melakukan proses research atau riset. Riset yang paling mudah itu alasan mereka memilih peusahaan kita. Bisa untuk bahan pertimbangan kita dalam mengelola marketing di dunia digital,” jelas Ari.

Dengan menerapkan human integrated digital marketing, penggunaan media sosial akan menjadi lebih efektif. Digital marketing pun harus dilakukan oleh tim, bukan perseorangan. Menurut Ari, harus ada pertemuan komprehensif antara tim media sosial dan direksi untuk merencanakan sistem digital marketing yang akan digunakan.

Tag: Digital Marketing

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00