Portal Berita Ekonomi Sabtu, 23 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:41 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Portugal 0 vs 0 Ukraina
  • 07:39 WIB. Kualifikasi Euro Grup B - Luksemburg 2 vs 1 Lithuania
  • 07:38 WIB. Kualifikasi Euro Grup A - Inggris 5 vs 0 Republik Ceko
  • 07:16 WIB. Kualifikasi Euro Grup A -  Bulgaria 1 vs 1 Montenegro

Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh

Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Banyak pengusaha membuat halaman Facebook untuk bisnis mereka, mengharapkannya menjadi tambang emas, lalu lintas rujukan, dan penjualan. Sayangnya, sebagian besar halaman bisnis gagal dan berubah menjadi zona mati.

Untuk membuat halaman berfungsi dengan baik, Anda perlu menjalankan iklan berbayar, menempatkannya langsung di depan audiens target Anda. Namun, sulit bagi sebagian besar bisnis untuk membuat laman yang terlibat tanpa anggaran iklan, dan juga, saat ini halaman bisnis di Facebook sudah dicap sebagai iklan oleh sebagian besar konsumen. Itulah sebabnya mengapa saat ini banyak pemilik bisnis yang meninggalkan Facebook.

Daripada Anda repot memikirkan itu, ada baiknya Anda membuat grup Facebook untuk bisnis Anda. Ini adalah cara yang layak untuk membangun komunitas individu yang sangat aktif yang cenderung tertarik dengan bisnis Anda.

Berikut adalah keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis saat membuat grup Facebook:

1. Ini memberikan keterlibatan yang lebih pribadi

Sebagian besar halaman bisnis di Facebook tidak memiliki jenis keterlibatan yang sangat diinginkan pemilik halaman; suka dan komentar yang memicu diskusi. Di sinilah Grup Facebook tumbuh dengan subur. Diskusi yang tepat dapat benar-benar lepas landas karena tidak mengintimidasi sebagai halaman bisnis.

Sebagian besar konsumen tidak ingin bergabung dengan percakapan di pos yang dibuat oleh pebisnis, tetapi jika itu dalam pengaturan grup, penghalang tersebut dihapus. Ini memberi Anda kesempatan untuk menjadi lebih pribadi. Anda adalah wajah di belakang grup, bukan nama dan logo perusahaan. Konsumen ingin terlibat dengan seseorang, bukan perusahaan.

2. Dorong perhatian terfokus pada ajakan bertindak

Dalam grup, Anda memiliki kemampuan untuk memasang pin pada pos untuk diletakkan ke atas. Ini adalah tempat yang bagus untuk melakukan ajakan bertindak dan menjamin Anda menarik perhatian ke sana. Anda tidak ingin membuang sesuatu yang terlalu berisi spam, tetapi undangan untuk bergabung dengan buletin Anda baik-baik saja, terutama jika Anda memberikan nilai kepada anggota grup.

Tidak setiap anggota grup akan langsung tertarik pada penawaran Anda, tetapi jika Anda tetap berfokus pada nilai, Anda akan melihat anggota grup yang ingin menerima lebih banyak konten Anda segera bergabung.

3. Menerima umpan balik langsung dari jajak pendapat

Grup adalah sumber umpan balik langsung yang besar, dan jika Anda membangun grup khusus dari awal, umpan balik yang Anda terima akan sangat berharga. Dengan membuat jajak pendapat di grup Anda, Anda dapat menerima umpan balik tentang masalah atau pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Ini dapat memberikan manfaat bagi setiap bisnis - dari merek konsumen hingga bisnis B2B. “Grup Facebook memungkinkan Anda untuk mengumpulkan anggota Anda, dan menerima umpan balik serta memulai percakapan seputar topik apa pun. Dari umpan balik konsep produk hingga pengalaman pelanggan, ini adalah sumber umpan balik paling mentah dan jujur yang dapat Anda temukan dalam lingkungan online,” kata Steven Zeldes, CEO AvaCare Medical.

4. Umumkan penawaran

Pebisnis mendirikan grup biasanya guna berfokus pada e-commerce untuk mengumpulkan para pengusaha yang membangun bisnis online untuk beberapa alasan, seperti memantulkan ide yang dimiliki, berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, dan membuat komunitas yang terbaik dalam permainan e-commerce.

5. Bangun kepercayaan dengan memberikan nilai

Keempat poin sebelumnya dibahas di atas membutuhkan satu elemen, yakni kepercayaan. Tanpa kepercayaan, Anda tidak akan memiliki grup yang sangat terlibat, Anda tidak akan mendorong minat untuk ajakan bertindak Anda, jajak pendapat Anda tidak akan menerima umpan balik dan setiap penawaran yang Anda umumkan tidak akan diterima dengan baik.

Untuk membangun kepercayaan, Anda harus memberikan nilai. Hal-hal seperti berbagi pengalaman, menjawab pertanyaan, dan hanya menyediakan komunitas dapat membantu memperkuat hubungan antara Anda dengan anggota grup Anda, dan bisnis Anda. Mengadakan sesi tanya-jawab dan membuat konten esklusif untuk grup Anda hanyalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah.

Tag: Facebook, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Dado Ruvic

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00