Portal Berita Ekonomi Rabu, 12 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:00 WIB. IHSG - Penutupan sesi II, HSG menguat 0,64% ke level 6.115,58. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Valuasi Tokopedia naik menjadi US$7 miliar. 
  • 13:37 WIB. Tokopedia - Tokopedia dapat suntikan dana US$1,1 miliar dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group.

Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh

Foto Berita Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Banyak pengusaha membuat halaman Facebook untuk bisnis mereka, mengharapkannya menjadi tambang emas, lalu lintas rujukan, dan penjualan. Sayangnya, sebagian besar halaman bisnis gagal dan berubah menjadi zona mati.

Untuk membuat halaman berfungsi dengan baik, Anda perlu menjalankan iklan berbayar, menempatkannya langsung di depan audiens target Anda. Namun, sulit bagi sebagian besar bisnis untuk membuat laman yang terlibat tanpa anggaran iklan, dan juga, saat ini halaman bisnis di Facebook sudah dicap sebagai iklan oleh sebagian besar konsumen. Itulah sebabnya mengapa saat ini banyak pemilik bisnis yang meninggalkan Facebook.

Daripada Anda repot memikirkan itu, ada baiknya Anda membuat grup Facebook untuk bisnis Anda. Ini adalah cara yang layak untuk membangun komunitas individu yang sangat aktif yang cenderung tertarik dengan bisnis Anda.

Berikut adalah keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis saat membuat grup Facebook:

1. Ini memberikan keterlibatan yang lebih pribadi

Sebagian besar halaman bisnis di Facebook tidak memiliki jenis keterlibatan yang sangat diinginkan pemilik halaman; suka dan komentar yang memicu diskusi. Di sinilah Grup Facebook tumbuh dengan subur. Diskusi yang tepat dapat benar-benar lepas landas karena tidak mengintimidasi sebagai halaman bisnis.

Sebagian besar konsumen tidak ingin bergabung dengan percakapan di pos yang dibuat oleh pebisnis, tetapi jika itu dalam pengaturan grup, penghalang tersebut dihapus. Ini memberi Anda kesempatan untuk menjadi lebih pribadi. Anda adalah wajah di belakang grup, bukan nama dan logo perusahaan. Konsumen ingin terlibat dengan seseorang, bukan perusahaan.

2. Dorong perhatian terfokus pada ajakan bertindak

Dalam grup, Anda memiliki kemampuan untuk memasang pin pada pos untuk diletakkan ke atas. Ini adalah tempat yang bagus untuk melakukan ajakan bertindak dan menjamin Anda menarik perhatian ke sana. Anda tidak ingin membuang sesuatu yang terlalu berisi spam, tetapi undangan untuk bergabung dengan buletin Anda baik-baik saja, terutama jika Anda memberikan nilai kepada anggota grup.

Tidak setiap anggota grup akan langsung tertarik pada penawaran Anda, tetapi jika Anda tetap berfokus pada nilai, Anda akan melihat anggota grup yang ingin menerima lebih banyak konten Anda segera bergabung.

3. Menerima umpan balik langsung dari jajak pendapat

Grup adalah sumber umpan balik langsung yang besar, dan jika Anda membangun grup khusus dari awal, umpan balik yang Anda terima akan sangat berharga. Dengan membuat jajak pendapat di grup Anda, Anda dapat menerima umpan balik tentang masalah atau pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Ini dapat memberikan manfaat bagi setiap bisnis - dari merek konsumen hingga bisnis B2B. “Grup Facebook memungkinkan Anda untuk mengumpulkan anggota Anda, dan menerima umpan balik serta memulai percakapan seputar topik apa pun. Dari umpan balik konsep produk hingga pengalaman pelanggan, ini adalah sumber umpan balik paling mentah dan jujur yang dapat Anda temukan dalam lingkungan online,” kata Steven Zeldes, CEO AvaCare Medical.

4. Umumkan penawaran

Pebisnis mendirikan grup biasanya guna berfokus pada e-commerce untuk mengumpulkan para pengusaha yang membangun bisnis online untuk beberapa alasan, seperti memantulkan ide yang dimiliki, berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, dan membuat komunitas yang terbaik dalam permainan e-commerce.

5. Bangun kepercayaan dengan memberikan nilai

Keempat poin sebelumnya dibahas di atas membutuhkan satu elemen, yakni kepercayaan. Tanpa kepercayaan, Anda tidak akan memiliki grup yang sangat terlibat, Anda tidak akan mendorong minat untuk ajakan bertindak Anda, jajak pendapat Anda tidak akan menerima umpan balik dan setiap penawaran yang Anda umumkan tidak akan diterima dengan baik.

Untuk membangun kepercayaan, Anda harus memberikan nilai. Hal-hal seperti berbagi pengalaman, menjawab pertanyaan, dan hanya menyediakan komunitas dapat membantu memperkuat hubungan antara Anda dengan anggota grup Anda, dan bisnis Anda. Mengadakan sesi tanya-jawab dan membuat konten esklusif untuk grup Anda hanyalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah.

Tag: Facebook, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Dado Ruvic

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6076.587 -34.773 620
2 Agriculture 1506.543 8.473 20
3 Mining 1747.761 9.817 47
4 Basic Industry and Chemicals 820.676 -23.288 71
5 Miscellanous Industry 1382.059 4.150 45
6 Consumer Goods 2483.389 -20.063 49
7 Cons., Property & Real Estate 444.822 -4.105 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1031.916 -11.848 71
9 Finance 1162.012 -1.035 91
10 Trade & Service 790.383 -0.185 153
No Code Prev Close Change %
1 SOTS 280 350 70 25.00
2 DEAL 394 492 98 24.87
3 OASA 246 298 52 21.14
4 TFCO 650 780 130 20.00
5 MERK 6,475 7,725 1,250 19.31
6 KPAS 505 600 95 18.81
7 RODA 388 450 62 15.98
8 PTSN 805 920 115 14.29
9 PDES 1,500 1,700 200 13.33
10 ARTA 406 458 52 12.81
No Code Prev Close Change %
1 TRIO 290 220 -70 -24.14
2 YPAS 725 570 -155 -21.38
3 NUSA 158 136 -22 -13.92
4 RIMO 186 162 -24 -12.90
5 LUCK 705 615 -90 -12.77
6 MPOW 120 105 -15 -12.50
7 KPAL 338 300 -38 -11.24
8 CPIN 7,000 6,300 -700 -10.00
9 SILO 3,850 3,500 -350 -9.09
10 LPIN 950 865 -85 -8.95
No Code Prev Close Change %
1 RIMO 186 162 -24 -12.90
2 SRIL 366 370 4 1.09
3 KPAS 505 600 95 18.81
4 NUSA 158 136 -22 -13.92
5 PTBA 4,020 4,280 260 6.47
6 TLKM 3,680 3,620 -60 -1.63
7 WSKT 1,845 1,795 -50 -2.71
8 BHIT 57 60 3 5.26
9 BBRI 3,610 3,620 10 0.28
10 DEAL 394 492 98 24.87