Portal Berita Ekonomi Kamis, 17 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:04 WIB. Twitter - Twitter kini bisa tampilkan linimasa dengan urutan tweet terbaru.
  • 20:03 WIB. Xiaomi - 4  smartphone Xiaomi segera dapat update Android Pie.
  • 20:02 WIB. Microsoft - Microsoft pastikan umur Windows 7 tinggal setahun lagi.
  • 20:01 WIB. Mobile Legends - Mobile Legends klaim jadi gim terpopuler di Asean.
  • 20:00 WIB. WhatsApp - Pengguna WhatsApp kini bisa balas pesan di grup secara privat.
  • 19:59 WIB. Bukalapak - Bukalapak terima kucuran investasi dari Mirae Asset-Naver Asia Growth Fund.
  • 19:57 WIB. ITB - ITB bikin aplikasi pendeteksi badai dengan tingkat akurat 85%.
  • 19:55 WIB. Youtube - Youtube perbarui kebijakan akibat birdbox challenge cs.
  • 19:54 WIB. Sony - Sony rilis kamera anyar untuk vlogger.
  • 18:40 WIB. Bakti - Bakti bukukan pendapatan Rp2,9 triliun.
  • 18:02 WIB. LRT - BPPT klaim Indonesia kuasai desain teknologi LRT.
  • 18:00 WIB. Mercedes - SUV baru Mercedes-Benz GLB bakal meluncur di Indonesia.
  • 17:57 WIB. Youtube - Youtube uji fitur rekomendasi unduh video.
  • 17:55 WIB. LRT - PT Inka siapkan empat trainset LRT pada Juni 2019.
  • 17:52 WIB. TKDN - Inka klaim TKDN kereta api capai 60%.

Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu

Foto Berita Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Berlawanan dengan kepercayaan populer, sumber daya yang paling berharga bagi pengusaha bukanlah uang melainkan informasi. Anda tidak akan melihat satu sen pun dari dana investasi atau pendapatan jika Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan. Dalam dunia e-commerce, memahami pasar Anda dan mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda sangatlah penting.

Mempekerjakan seorang analis atau mendanai penelitian utama Anda terdengar bagus dalam teori, tetapi biaya terkait dalam hal waktu dan uang mungkin tidak ada dalam kartu. Jika ini masalahnya, bagaimana Anda mendapatkan informasi ini untuk mendapatkan dukungan dari pesaing Anda? Satu sumber: studi EPIC, yang diterbitkan oleh SLI-Systems, Laporan EPIC didasarkan pada survei terhadap 276 profesional e-commerce. Studi ini melihat kepercayaan industri, pertumbuhan e-commerce dan indikator kinerja penting untuk setiap pengusaha e-commerce.

Keyakinan dalam e-niaga meningkat

Jika Anda seorang pemain di ruang e-commerce, Anda berada di pasar bullish. Laporan EPIC menunjukkan bahwa kepercayaan dalam industri ini tetap tinggi sejak kuartal pertama tahun 2017. Ini juga menunjukkan bahwa 93 persen dari pengecer memiliki rencana untuk ekspansi. Berikut adalah beberapa wawasan untuk memasukkan laporan EPIC ke dalam operasi e-niaga Anda:

Ekspansi adalah kunci

Untuk tahun keempat berturut-turut, lebih dari 90 persen responden survei melaporkan rencana untuk ekspansi. Langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperluas bergantung pada tren yang terjadi di industri Anda. Misalnya, ekspansi keseluruhan (menambahkan produk baru, mempekerjakan karyawan dan meningkatkan teknologi) harus menjadi prioritas jika Anda berada di industri pakaian/fashion. Jika Anda berada di industri peralatan rumah tangga dan perabot rumah tangga, menambah produk atau lini produk menjadi semakin penting.

Namun, meningkatkan lini produk untuk meningkatkan bisnis Anda harus menjadi prioritas untuk setiap industri. Anda mungkin ingin mendapatkan produk baru, merilis versi yang diperbarui atau menawarkan peningkatan.

Karena menerapkan dan membeli teknologi baru secara universal didukung oleh responden survei di seluruh industri e-commerce, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan teknologi permainan Anda. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan chatbot bertenaga AI untuk menyediakan layanan pelanggan atau fitur checkout sekali klik ke situs web Anda. Keduanya mudah diterapkan dan bisa sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan otoritas Anda.

Pengalaman pelanggan lebih dulu

Ini semua tentang pelanggan. Menurut responden EPIC, pengalaman pelanggan dipilih oleh 25 persen pengecer sebagai inisiatif utama mereka. Bahkan jika pendapatan online naik, Anda akhirnya akan tertinggal jika Anda tidak terus fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan.

Kabar baiknya adalah bahwa meningkatkan pengalaman pelanggan tidak perlu mahal, memakan waktu atau terlalu teknis. Pastikan situs web Anda cepat dan mudah dinavigasi, gunakan platform media sosial gratis seperti Twitter dan Facebook untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan. Tingkatkan layanan pelanggan dengan membuat informasi kontak perusahaan Anda menonjol di situs web Anda atau bahkan tambahkan di bagian FAQ dasar. Dengan kiat memudahkan tersebut, Anda akan menyadari pendapatan akan berjalan naik, dan pelanggan pun merasa lebih bahagia.

Langkah-langkah ini sederhana tetapi memiliki dampak besar. Kombinasi peningkatan transparansi, peningkatan navigasi, dan kehadiran media sosial yang menonjol dapat mengarah pada pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Tag: E-commerce

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Dina Kusumaningrum

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6413.360 4.576 625
2 Agriculture 1580.665 -4.371 21
3 Mining 1864.283 19.943 47
4 Basic Industry and Chemicals 886.611 -9.234 71
5 Miscellanous Industry 1412.349 17.718 46
6 Consumer Goods 2622.970 -29.125 51
7 Cons., Property & Real Estate 479.075 -1.667 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1144.667 14.212 71
9 Finance 1218.281 4.587 91
10 Trade & Service 789.491 2.967 153
No Code Prev Close Change %
1 CANI 163 210 47 28.83
2 TIRA 250 312 62 24.80
3 AGRS 300 374 74 24.67
4 INCF 300 350 50 16.67
5 BGTG 95 110 15 15.79
6 INPP 650 750 100 15.38
7 VICO 104 119 15 14.42
8 CTTH 122 135 13 10.66
9 TFCO 665 735 70 10.53
10 BEST 234 258 24 10.26
No Code Prev Close Change %
1 ASJT 360 300 -60 -16.67
2 OCAP 330 282 -48 -14.55
3 YPAS 745 660 -85 -11.41
4 RELI 250 224 -26 -10.40
5 PRIM 570 515 -55 -9.65
6 APEX 1,400 1,295 -105 -7.50
7 OASA 378 350 -28 -7.41
8 ATIC 880 815 -65 -7.39
9 UNIT 268 252 -16 -5.97
10 MIDI 1,060 1,000 -60 -5.66
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 342 348 6 1.75
2 ANTM 820 870 50 6.10
3 PGAS 2,320 2,410 90 3.88
4 UNTR 25,600 26,050 450 1.76
5 TLKM 3,930 3,990 60 1.53
6 KPAS 222 224 2 0.90
7 BBRI 3,780 3,780 0 0.00
8 DOID 565 615 50 8.85
9 BMRI 7,800 7,800 0 0.00
10 BHIT 66 71 5 7.58