Portal Berita Ekonomi Selasa, 20 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:05 WIB. Grab - Ditinggal mitra pengemudi, Grab klaim perusahaannya lebih besar dari Go-Jek.
  • 21:53 WIB. Indosat - Indosat akan fokus di video streaming.
  • 21:50 WIB. Indosat - Indosat kejar target 4G di seluruh wilayah operasional.
  • 21:50 WIB. Bukalapak - Kantor Bukalapak di Bandung sudah beroperasi selama seminggu.
  • 20:27 WIB. Facebook - Facebook hapus 15,4 juta konten kekerasan.
  • 20:26 WIB. Apple - Tumblr untuk iOS hilang dari App Store.
  • 20:25 WIB. Jasnita - Jasnita lepas izin lisensi frekuensi 2,3 GHz.
  • 20:20 WIB. SpaceX - SpaceX tunda peluncuran roket Falcon 9.
  • 20:18 WIB. Anker - Anker rilis powerbank mungil kapasitas jumbo.
  • 20:16 WIB. Oppo - Oppo A7 siap sapa Indonesia.
  • 20:15 WIB. Realme - Ponsel Realme rambah toko offline.
  • 20:14 WIB. Go-Jek - Aplikasi Go-Jek meluncur bulan depan di Singapura.
  • 19:59 WIB. Indosat - Indosat tawarakan paket 1 GB seharga Rp51 sampai Rabu ini.
  • 19:58 WIB. Indosat - Indosat ekspansi jaringan ke luar Pulau Jawa untuk tingkatkan kualitas.
  • 19:57 WIB. First Media - First Media dan Internux janji bakal lunasi utang Rp708 miliar paling lambat pada 2020.

Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu

Foto Berita Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Berlawanan dengan kepercayaan populer, sumber daya yang paling berharga bagi pengusaha bukanlah uang melainkan informasi. Anda tidak akan melihat satu sen pun dari dana investasi atau pendapatan jika Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan. Dalam dunia e-commerce, memahami pasar Anda dan mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda sangatlah penting.

Mempekerjakan seorang analis atau mendanai penelitian utama Anda terdengar bagus dalam teori, tetapi biaya terkait dalam hal waktu dan uang mungkin tidak ada dalam kartu. Jika ini masalahnya, bagaimana Anda mendapatkan informasi ini untuk mendapatkan dukungan dari pesaing Anda? Satu sumber: studi EPIC, yang diterbitkan oleh SLI-Systems, Laporan EPIC didasarkan pada survei terhadap 276 profesional e-commerce. Studi ini melihat kepercayaan industri, pertumbuhan e-commerce dan indikator kinerja penting untuk setiap pengusaha e-commerce.

Keyakinan dalam e-niaga meningkat

Jika Anda seorang pemain di ruang e-commerce, Anda berada di pasar bullish. Laporan EPIC menunjukkan bahwa kepercayaan dalam industri ini tetap tinggi sejak kuartal pertama tahun 2017. Ini juga menunjukkan bahwa 93 persen dari pengecer memiliki rencana untuk ekspansi. Berikut adalah beberapa wawasan untuk memasukkan laporan EPIC ke dalam operasi e-niaga Anda:

Ekspansi adalah kunci

Untuk tahun keempat berturut-turut, lebih dari 90 persen responden survei melaporkan rencana untuk ekspansi. Langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperluas bergantung pada tren yang terjadi di industri Anda. Misalnya, ekspansi keseluruhan (menambahkan produk baru, mempekerjakan karyawan dan meningkatkan teknologi) harus menjadi prioritas jika Anda berada di industri pakaian/fashion. Jika Anda berada di industri peralatan rumah tangga dan perabot rumah tangga, menambah produk atau lini produk menjadi semakin penting.

Namun, meningkatkan lini produk untuk meningkatkan bisnis Anda harus menjadi prioritas untuk setiap industri. Anda mungkin ingin mendapatkan produk baru, merilis versi yang diperbarui atau menawarkan peningkatan.

Karena menerapkan dan membeli teknologi baru secara universal didukung oleh responden survei di seluruh industri e-commerce, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan teknologi permainan Anda. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan chatbot bertenaga AI untuk menyediakan layanan pelanggan atau fitur checkout sekali klik ke situs web Anda. Keduanya mudah diterapkan dan bisa sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan otoritas Anda.

Pengalaman pelanggan lebih dulu

Ini semua tentang pelanggan. Menurut responden EPIC, pengalaman pelanggan dipilih oleh 25 persen pengecer sebagai inisiatif utama mereka. Bahkan jika pendapatan online naik, Anda akhirnya akan tertinggal jika Anda tidak terus fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan.

Kabar baiknya adalah bahwa meningkatkan pengalaman pelanggan tidak perlu mahal, memakan waktu atau terlalu teknis. Pastikan situs web Anda cepat dan mudah dinavigasi, gunakan platform media sosial gratis seperti Twitter dan Facebook untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan. Tingkatkan layanan pelanggan dengan membuat informasi kontak perusahaan Anda menonjol di situs web Anda atau bahkan tambahkan di bagian FAQ dasar. Dengan kiat memudahkan tersebut, Anda akan menyadari pendapatan akan berjalan naik, dan pelanggan pun merasa lebih bahagia.

Langkah-langkah ini sederhana tetapi memiliki dampak besar. Kombinasi peningkatan transparansi, peningkatan navigasi, dan kehadiran media sosial yang menonjol dapat mengarah pada pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Tag: E-commerce

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Dina Kusumaningrum

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6005.297 -7.053 616
2 Agriculture 1442.671 -1.953 20
3 Mining 1844.938 -18.572 47
4 Basic Industry and Chemicals 790.570 -1.875 71
5 Miscellanous Industry 1413.515 -4.728 45
6 Consumer Goods 2338.209 -9.153 49
7 Cons., Property & Real Estate 423.665 3.328 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1076.855 -15.574 71
9 Finance 1145.996 8.015 91
10 Trade & Service 807.510 -3.038 150
No Code Prev Close Change %
1 TRUK 151 202 51 33.77
2 MTSM 139 179 40 28.78
3 SURE 2,930 3,660 730 24.91
4 POLA 228 284 56 24.56
5 KBLV 372 450 78 20.97
6 LPLI 107 124 17 15.89
7 MPRO 770 860 90 11.69
8 IMAS 1,960 2,150 190 9.69
9 TIRA 138 150 12 8.70
10 INRU 640 690 50 7.81
No Code Prev Close Change %
1 AMAG 338 272 -66 -19.53
2 GMTD 14,800 12,100 -2,700 -18.24
3 NIPS 400 350 -50 -12.50
4 RODA 388 340 -48 -12.37
5 ABMM 2,150 1,885 -265 -12.33
6 PYFA 191 171 -20 -10.47
7 PRIM 815 730 -85 -10.43
8 TRIS 250 228 -22 -8.80
9 AKSI 280 260 -20 -7.14
10 INCI 535 500 -35 -6.54
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,840 1,980 140 7.61
2 TLKM 4,050 3,950 -100 -2.47
3 TRUK 151 202 51 33.77
4 BBCA 24,825 25,100 275 1.11
5 BBRI 3,490 3,520 30 0.86
6 ADRO 1,545 1,485 -60 -3.88
7 INKP 11,900 11,250 -650 -5.46
8 WSKT 1,530 1,630 100 6.54
9 PGAS 2,070 2,030 -40 -1.93
10 PTBA 4,740 4,660 -80 -1.69