Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu

Berencana Perluas Jangkauan E-commerce Anda? Kenali Hal Ini Dulu Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berlawanan dengan kepercayaan populer, sumber daya yang paling berharga bagi pengusaha bukanlah uang melainkan informasi. Anda tidak akan melihat satu sen pun dari dana investasi atau pendapatan jika Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan. Dalam dunia e-commerce, memahami pasar Anda dan mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda sangatlah penting.

Mempekerjakan seorang analis atau mendanai penelitian utama Anda terdengar bagus dalam teori, tetapi biaya terkait dalam hal waktu dan uang mungkin tidak ada dalam kartu. Jika ini masalahnya, bagaimana Anda mendapatkan informasi ini untuk mendapatkan dukungan dari pesaing Anda? Satu sumber: studi EPIC, yang diterbitkan oleh SLI-Systems, Laporan EPIC didasarkan pada survei terhadap 276 profesional e-commerce. Studi ini melihat kepercayaan industri, pertumbuhan e-commerce dan indikator kinerja penting untuk setiap pengusaha e-commerce.

Keyakinan dalam e-niaga meningkat

Jika Anda seorang pemain di ruang e-commerce, Anda berada di pasar bullish. Laporan EPIC menunjukkan bahwa kepercayaan dalam industri ini tetap tinggi sejak kuartal pertama tahun 2017. Ini juga menunjukkan bahwa 93 persen dari pengecer memiliki rencana untuk ekspansi. Berikut adalah beberapa wawasan untuk memasukkan laporan EPIC ke dalam operasi e-niaga Anda:

Ekspansi adalah kunci

Untuk tahun keempat berturut-turut, lebih dari 90 persen responden survei melaporkan rencana untuk ekspansi. Langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperluas bergantung pada tren yang terjadi di industri Anda. Misalnya, ekspansi keseluruhan (menambahkan produk baru, mempekerjakan karyawan dan meningkatkan teknologi) harus menjadi prioritas jika Anda berada di industri pakaian/fashion. Jika Anda berada di industri peralatan rumah tangga dan perabot rumah tangga, menambah produk atau lini produk menjadi semakin penting.

Namun, meningkatkan lini produk untuk meningkatkan bisnis Anda harus menjadi prioritas untuk setiap industri. Anda mungkin ingin mendapatkan produk baru, merilis versi yang diperbarui atau menawarkan peningkatan.

Karena menerapkan dan membeli teknologi baru secara universal didukung oleh responden survei di seluruh industri e-commerce, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan teknologi permainan Anda. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan chatbot bertenaga AI untuk menyediakan layanan pelanggan atau fitur checkout sekali klik ke situs web Anda. Keduanya mudah diterapkan dan bisa sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan otoritas Anda.

Pengalaman pelanggan lebih dulu

Ini semua tentang pelanggan. Menurut responden EPIC, pengalaman pelanggan dipilih oleh 25 persen pengecer sebagai inisiatif utama mereka. Bahkan jika pendapatan online naik, Anda akhirnya akan tertinggal jika Anda tidak terus fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan.

Kabar baiknya adalah bahwa meningkatkan pengalaman pelanggan tidak perlu mahal, memakan waktu atau terlalu teknis. Pastikan situs web Anda cepat dan mudah dinavigasi, gunakan platform media sosial gratis seperti Twitter dan Facebook untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan. Tingkatkan layanan pelanggan dengan membuat informasi kontak perusahaan Anda menonjol di situs web Anda atau bahkan tambahkan di bagian FAQ dasar. Dengan kiat memudahkan tersebut, Anda akan menyadari pendapatan akan berjalan naik, dan pelanggan pun merasa lebih bahagia.

Langkah-langkah ini sederhana tetapi memiliki dampak besar. Kombinasi peningkatan transparansi, peningkatan navigasi, dan kehadiran media sosial yang menonjol dapat mengarah pada pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: