Portal Berita Ekonomi Rabu, 14 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:43 WIB. Jiwasraya - OJK menegaskan hingga saat ini Jiwasraya belum memiliki investor baru.
  • 21:24 WIB. BUMN - Kementrian BUMN bersama dengan beberapa BUMN melakukan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa 2018.
  • 19:39 WIB. Khashoggi - Rekaman pembunuhan Khashoggi indikasikan keterlibatan putra mahkota Saudi.
  • 19:39 WIB. Taliban - 25 Tewas akibat serangan Taliban di Afghanistan.
  • 19:38 WIB. Saudi - Saudi: Hukuman mati tak pengaruhi hubungan dengan Indonesia.
  • 19:36 WIB. Afghanistan - Rusia sebut konferensi Moskow tentang Afghanistan 'unik'.
  • 19:37 WIB. Palestina - Jalur Gaza memanas, Presiden Palestina persingkat kunjungan kerja.
  • 19:37 WIB. ASEAN - Malaysia: Kerja sama perdagangan bebas ASEAN harus adil.
  • 19:37 WIB. Ebola - Korban tewas akibat ebola di Kongo meningkat.
  • 19:36 WIB. Israel - Otoritas Gaza peringatkan militer Israel untuk tak serang warga sipil.
  • 19:35 WIB. PLO - PLO desak komunitas internasional lindungi Gaza.
  • 19:34 WIB. Rohingya - Indonesia dorong peran lebih ASEAN dalam isu Rohingya.
  • 19:25 WIB. PGN - PGN mengembangkan pipa gas bumi Muara Karang-Bekasi sepanjang 42 km.
  • 19:24 WIB. KAI - Pemprov DKI meminta KAI membuka akses dari stasiun Tanah Abang untuk jembatan penyeberangan multiguna.
  • 19:20 WIB. BTN - BTN cabang Gorontalo menawarkan kerja sama pemberian KPR bersubsidi untuk PNS ke Pemprov Gorontalo.

Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut

Foto Berita Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Banyak pelanggan lebih memilih untuk membeli produk dan layanan online saat ini. Mereka kebanyakan lebih memilih online karena lebih praktis.

Hanya menggunakan gawai dan dapat diakses di mana saja, dapat melakukan transaksi di mana saja, dan tidak perlu antre, menjadi keunggulan belanja online yang dimanfaatkan oleh pelanggan. Dengan begitu, menjalankan bisnis e-commerce yang sukses melampaui partisipasi dalam perang harga. Bahan rahasia dalam resep ini adalah untuk menarik pelanggan untuk datang lagi dan lagi.

Teknologi yang dibangun untuk komunikasi pasca-penjualan menciptakan pengalaman yang bermanfaat bagi para pengguna. Berdasarkan data yang didapat dari Entrepreneur.com berikut empat titik fokus yang digunakan untuk membangun e-commerce:

1. Memilih platform yang tepat untuk dijual: Portal sendiri vs. Marketplace

Penjual e-commerce sering ditinggalkan dalam dilema untuk memilih salah satu dari dua opsi - menjual pada platform sendiri atau menempatkan produk di pasar. Dalam pemilihan itu sama dengan antara memilih membuka ruang pameran di pusat kota atau mendapatkan ruang ritel di pusat perbelanjaan yang mapan.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai penjual e-commerce, Anda harus mengetahuinya dan dapat memutuskan mana yang paling cocok untuk menjual produk Anda.

2. Pilih teknologi Anda dengan benar

Perhatian utama untuk setiap pengusaha e-commerce seharusnya adalah memilih jenis teknologi yang tepat untuk menjual barang secara online sambil mempertimbangkan sasaran skala jangka panjang dan pendek. Dalam hal ini, seseorang harus mengambil keputusan apakah akan menggunakan aplikasi yang dibuat khusus atau mengintegrasikan SAAS seperti Shopify, dll.

Anda harus tahu bahwa memimpin SAAS portal akan mendapatkan bola bergulir dengan tata letak yang berjumlah besar, gateway pembayaran pra-terintegrasi, opsi pengiriman, dan opsi manajemen persediaan. Kadang-kadang, mereka mungkin kekurangan harapan Anda untuk menyesuaikan, dan biasanya ada biaya yang dikenakan per transaksi. Untuk proyek berskala besar, pengembangan aplikasi khusus berfungsi lebih baik untuk mengelola beban server dan menyertakan penyesuaian pada corong pembelian. Juga, Content Management System (CMS) seperti Magento dan Wordpress menawarkan tema dan kode backend yang sangat dioptimalkan dan membantu dengan SEO.

Jika Anda menjual di beberapa pasar dan di portal Anda sendiri, layanan seperti Browntape atau eSellerHub menawarkan inventaris pusat, pengiriman, dan manajemen faktur.

3. Lihat di mana pelanggan Anda berkumpul dan konten apa yang mereka minati

Sebagian besar e-commerce adalah tentang penjualan. Namun, untuk pengusaha e-commerce yang sukses bukan hanya sekadar menjual, namun juga mengetahui. Inilah saat Anda akan belajar lebih banyak tentang pelanggan Anda dan pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan Anda. Setelah Anda mengidentifikasi demografi grup target, keluar dan lihat di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di layar.

Apakah mereka menonton video? Blogging? Komentar forum? Apakah mereka memeriksa Instagram dan mengikuti tren tertentu? Mengenali pola konsumsi konten mereka membantu Anda menargetkan dan menjangkau pemirsa yang tepat; pada waktu dan tempat yang tepat.

4. Produk dan layanan Anda adalah teman terbaik Anda

Nah, di sini Anda bertugas untuk menjadikan produk dan layanan sebagai teman terbaik Anda. Investasi Anda pasti membuahkan hasil apabila Anda mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, menganalisis apa yang mereka katakan, dan berupaya untuk membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya.

Seorang pedagang e-commerce yang sukses akan lebih memilih untuk mengintegrasikan Net Promoter Score sebagai KPI penting dalam toolkitnya yang membantu memelihara bukan hanya bisnis tetapi juga dalam mendapatkan basis pelanggan yang setia. Anda harus mencari survei tanpa filter dari pelanggan terdaftar maupun tidak terdaftar. Dan begitu Anda mendapatkan skor dari survei tersebut, segera identifikasi para promotor, pasif, dan pengkritik untuk lebih lanjut menyusun strategi tindakan Anda.

Menjalankan bisnis e-commerce yang sukses tidak berbeda dengan menjalankan bisnis lain dalam banyak cara. Jika produk Anda adalah pahlawan Anda dan Anda memiliki rencana untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan Anda, tidak ada yang dapat menahan Anda.

Tag: E-commerce, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Kaleidico

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,990.56 3,951.00
British Pound GBP 1.00 19,257.62 19,065.73
China Yuan CNY 1.00 2,149.82 2,128.57
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,969.00 14,821.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,753.73 10,642.96
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,911.02 1,892.05
Dolar Singapura SGD 1.00 10,824.35 10,713.46
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,814.68 16,646.95
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,569.15 3,530.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,166.51 13,032.89

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5835.198 58.145 615
2 Agriculture 1443.790 -27.403 20
3 Mining 1861.322 11.301 47
4 Basic Industry and Chemicals 746.011 4.484 71
5 Miscellanous Industry 1341.419 17.562 45
6 Consumer Goods 2278.563 23.314 49
7 Cons., Property & Real Estate 414.177 3.741 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1059.066 3.668 71
9 Finance 1103.474 16.174 90
10 Trade & Service 799.263 8.563 150
No Code Prev Close Change %
1 SOSS 1,000 1,250 250 25.00
2 TCPI 7,550 8,925 1,375 18.21
3 IBFN 254 300 46 18.11
4 MYOH 970 1,100 130 13.40
5 DEAL 250 282 32 12.80
6 TIRA 140 157 17 12.14
7 TNCA 175 196 21 12.00
8 ABMM 2,020 2,260 240 11.88
9 DYAN 81 90 9 11.11
10 LPPS 86 95 9 10.47
No Code Prev Close Change %
1 BBLD 500 402 -98 -19.60
2 BAYU 2,210 1,950 -260 -11.76
3 GSMF 113 101 -12 -10.62
4 ALMI 350 318 -32 -9.14
5 HDFA 134 122 -12 -8.96
6 PGLI 214 195 -19 -8.88
7 SATU 137 125 -12 -8.76
8 KPAL 414 380 -34 -8.21
9 ERTX 139 128 -11 -7.91
10 SIMA 104 96 -8 -7.69
No Code Prev Close Change %
1 LPPS 86 95 9 10.47
2 HMSP 3,300 3,300 0 0.00
3 TLKM 3,860 3,830 -30 -0.78
4 PTBA 4,420 4,650 230 5.20
5 SMCB 1,905 1,985 80 4.20
6 KPAS 472 498 26 5.51
7 UNVR 39,375 39,950 575 1.46
8 BBCA 23,700 24,075 375 1.58
9 PGAS 2,070 2,070 0 0.00
10 ADRO 1,510 1,515 5 0.33