Portal Berita Ekonomi Rabu, 23 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:35 WIB. Rupiah - Pukul 11.35 WIB, rupiah makin tekan dolar AS 0,30% ke level Rp14.173. 
  • 11:32 WIB. SPAM - SPAM Dumai ditargetkan akan tersambung ke 20.300 sambungan rumah di tahun 2024 mendatang. 
  • 11:31 WIB. SPAM - PT Adhi Karya dan PT Adaro Tirta Mandiri menangkan proyek investasi sistem penyediaan air minum (SPAM) Dumai. 
  • 11:02 WIB. Investasi - Aktif merevitalisasi aset, HITS alokasikan US$62 juta untuk investasi kapal di tahun 2019. 
  • 10:37 WIB. Kapal - Anak usaha HITS, PT Hutama Trans Kontinental jual kapal MT Griya Flores. 
  • 10:35 WIB. Ritel - Michelin juga akan akuisisi 20% saham perusahaan ritel Indonesia, PT Penta Artha Impressi.  
  • 10:34 WIB. Michelin - Perusahaan Prancis, Michelin, akuisisi 80% saham Multistrada senilai US4700 juta. 
  • 09:57 WIB. Dolar AS - Pukul 09.56 WIB, dolar AS tumbang 0,18% di hadapan rupiah ke level Rp14.190. 
  • 09:23 WIB. ADHI - ADHI dinyatakan sebagai pemenang proyek investasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Dumai.
  • 09:23 WIB. ADHI - Total investasi yang dikucurkan untuk proyek SPAM di Dumai diperkirakan sebesar Rp489 miliar.
  • 09:23 WIB. WTON - Wika Beton berharap bisa lebih banyak membukukan kontrak baru dari pasar non-mainstream.
  • 09:22 WIB. BNI Syariah - Bank BNI Syariah membidik pertumbuhan dana masyarakat sebesar 16% pada tahun ini.
  • 09:22 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah akan menyasar dana kelolaan dan nasabah payroll.
  • 09:22 WIB. WIKA - Sepanjang 2019, laju saham WIKA berhasil mencatatkan kinerja positif 11,78%.
  • 08:59 WIB. IHSG - IHSG dibuka melemah 0,24% ke level 6.542,91 di awal sesi I, Rabu (23/01/2019).

Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut

Foto Berita Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Banyak pelanggan lebih memilih untuk membeli produk dan layanan online saat ini. Mereka kebanyakan lebih memilih online karena lebih praktis.

Hanya menggunakan gawai dan dapat diakses di mana saja, dapat melakukan transaksi di mana saja, dan tidak perlu antre, menjadi keunggulan belanja online yang dimanfaatkan oleh pelanggan. Dengan begitu, menjalankan bisnis e-commerce yang sukses melampaui partisipasi dalam perang harga. Bahan rahasia dalam resep ini adalah untuk menarik pelanggan untuk datang lagi dan lagi.

Teknologi yang dibangun untuk komunikasi pasca-penjualan menciptakan pengalaman yang bermanfaat bagi para pengguna. Berdasarkan data yang didapat dari Entrepreneur.com berikut empat titik fokus yang digunakan untuk membangun e-commerce:

1. Memilih platform yang tepat untuk dijual: Portal sendiri vs. Marketplace

Penjual e-commerce sering ditinggalkan dalam dilema untuk memilih salah satu dari dua opsi - menjual pada platform sendiri atau menempatkan produk di pasar. Dalam pemilihan itu sama dengan antara memilih membuka ruang pameran di pusat kota atau mendapatkan ruang ritel di pusat perbelanjaan yang mapan.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai penjual e-commerce, Anda harus mengetahuinya dan dapat memutuskan mana yang paling cocok untuk menjual produk Anda.

2. Pilih teknologi Anda dengan benar

Perhatian utama untuk setiap pengusaha e-commerce seharusnya adalah memilih jenis teknologi yang tepat untuk menjual barang secara online sambil mempertimbangkan sasaran skala jangka panjang dan pendek. Dalam hal ini, seseorang harus mengambil keputusan apakah akan menggunakan aplikasi yang dibuat khusus atau mengintegrasikan SAAS seperti Shopify, dll.

Anda harus tahu bahwa memimpin SAAS portal akan mendapatkan bola bergulir dengan tata letak yang berjumlah besar, gateway pembayaran pra-terintegrasi, opsi pengiriman, dan opsi manajemen persediaan. Kadang-kadang, mereka mungkin kekurangan harapan Anda untuk menyesuaikan, dan biasanya ada biaya yang dikenakan per transaksi. Untuk proyek berskala besar, pengembangan aplikasi khusus berfungsi lebih baik untuk mengelola beban server dan menyertakan penyesuaian pada corong pembelian. Juga, Content Management System (CMS) seperti Magento dan Wordpress menawarkan tema dan kode backend yang sangat dioptimalkan dan membantu dengan SEO.

Jika Anda menjual di beberapa pasar dan di portal Anda sendiri, layanan seperti Browntape atau eSellerHub menawarkan inventaris pusat, pengiriman, dan manajemen faktur.

3. Lihat di mana pelanggan Anda berkumpul dan konten apa yang mereka minati

Sebagian besar e-commerce adalah tentang penjualan. Namun, untuk pengusaha e-commerce yang sukses bukan hanya sekadar menjual, namun juga mengetahui. Inilah saat Anda akan belajar lebih banyak tentang pelanggan Anda dan pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan Anda. Setelah Anda mengidentifikasi demografi grup target, keluar dan lihat di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di layar.

Apakah mereka menonton video? Blogging? Komentar forum? Apakah mereka memeriksa Instagram dan mengikuti tren tertentu? Mengenali pola konsumsi konten mereka membantu Anda menargetkan dan menjangkau pemirsa yang tepat; pada waktu dan tempat yang tepat.

4. Produk dan layanan Anda adalah teman terbaik Anda

Nah, di sini Anda bertugas untuk menjadikan produk dan layanan sebagai teman terbaik Anda. Investasi Anda pasti membuahkan hasil apabila Anda mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, menganalisis apa yang mereka katakan, dan berupaya untuk membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya.

Seorang pedagang e-commerce yang sukses akan lebih memilih untuk mengintegrasikan Net Promoter Score sebagai KPI penting dalam toolkitnya yang membantu memelihara bukan hanya bisnis tetapi juga dalam mendapatkan basis pelanggan yang setia. Anda harus mencari survei tanpa filter dari pelanggan terdaftar maupun tidak terdaftar. Dan begitu Anda mendapatkan skor dari survei tersebut, segera identifikasi para promotor, pasif, dan pengkritik untuk lebih lanjut menyusun strategi tindakan Anda.

Menjalankan bisnis e-commerce yang sukses tidak berbeda dengan menjalankan bisnis lain dalam banyak cara. Jika produk Anda adalah pahlawan Anda dan Anda memiliki rencana untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan Anda, tidak ada yang dapat menahan Anda.

Tag: E-commerce, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Kaleidico

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6468.562 17.728 627
2 Agriculture 1647.872 5.750 21
3 Mining 1863.738 -32.436 47
4 Basic Industry and Chemicals 902.800 12.599 71
5 Miscellanous Industry 1405.622 -17.950 46
6 Consumer Goods 2618.712 19.207 51
7 Cons., Property & Real Estate 468.741 3.232 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1153.740 -1.055 71
9 Finance 1244.267 5.060 91
10 Trade & Service 795.018 0.193 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 382 476 94 24.61
2 OCAP 212 264 52 24.53
3 MLPT 850 1,030 180 21.18
4 DART 272 328 56 20.59
5 MREI 5,800 6,800 1,000 17.24
6 TIRA 260 300 40 15.38
7 PLIN 3,040 3,500 460 15.13
8 APEX 1,215 1,395 180 14.81
9 ISAT 2,090 2,380 290 13.88
10 SIMA 240 270 30 12.50
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 476 358 -118 -24.79
2 INCF 328 264 -64 -19.51
3 PADI 920 760 -160 -17.39
4 HEXA 3,600 3,100 -500 -13.89
5 SDMU 61 53 -8 -13.11
6 HDTX 146 127 -19 -13.01
7 KIOS 1,790 1,580 -210 -11.73
8 CINT 280 250 -30 -10.71
9 KBLI 340 306 -34 -10.00
10 YPAS 710 645 -65 -9.15
No Code Prev Close Change %
1 HOME 144 142 -2 -1.39
2 ERAA 2,240 2,410 170 7.59
3 BBRI 3,800 3,770 -30 -0.79
4 ISAT 2,090 2,380 290 13.88
5 UNTR 26,850 26,100 -750 -2.79
6 TLKM 4,030 4,000 -30 -0.74
7 BNLI 855 900 45 5.26
8 KPAS 200 185 -15 -7.50
9 ADRO 1,470 1,410 -60 -4.08
10 ESTI 91 89 -2 -2.20