Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Promosi Produk Melalui Billboard Ternyata Masih Diminati, Kenapa ya?

Promosi Produk Melalui Billboard Ternyata Masih Diminati, Kenapa ya? Kredit Foto: Unsplash/Tobias
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anda pasti tahu apa itu baliho atau billboard? Papan iklan yang berada di pinggir jalan, yang memaparkan jelas tentang suatu brand dan menjadikan orang yang melintasi jalan tersebut sebagai target pasar mereka.

Zaman sekarang, masih banyak brand yang memanfaatkan baliho untuk promosi, meskipun sekarang zamannya sudah serba digital. Bagi mereka, baliho bukan hanya sekadar latar belakang di perjalanan. Sebagai salah satu contohnya adalah restoran Cracker Barrel, yakni sebuah rantai restoran gabungan Amerika dan toko-toko suvenir dengan tema negara Selatan.

Perusahaan ini didirikan oleh Dan Evins pada tahun 1969; toko pertamanya berada di Lebanon, Tennessee. Kantor perusahaan terletak di fasilitas yang berbeda di kota yang sama. Restoran itu telah menguasai seni mengubah iklan luar ruang menjadi pelanggan dalam ruangan.

Cracker Barrel menghabiskan 49 persen dari total anggaran iklannya untuk iklan di luar ruangan. Merek ini dengan hati-hati menempatkan restorannya di dekat pintu keluar dan antarnegara bagian untuk menargetkan penjelajah jalanan. Wisatawan yang melihat baliho iklan Cracker Barrel menjadi tertarik untuk mengunjunginya, bukan hanya untuk makan di sana, mereka juga pergi mengunjungi toko-toko dan area relaksasi di dalam restoran Cracker Barrel.

Integrasi iklan luar ruang dan penempatan restoran, bersama dengan sisa strategi pemasaran Cracker Barrel, tetap terus bekerja di era digital. Analis yang dikutip dalam  Fairfield Current  mengharapkan rantai untuk mencapai tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 10,4 persen. Sementara banyak pengamat menutup iklan luar ruang sebagai limbah yang sulit untuk di-track, Cracker Barrel dan merek-merek cerdas lainnya menentang itu dan membuktikannya.

Mengapa baliho tetap berfungsi?

Dengan spektrum luas media konsumsi merek untuk digunakan, iklan luar ruang tidak langsung muncul sebagai opsi teratas. Iklan digital dan kampanye email menawarkan penargetan yang jauh lebih baik. Iklan TV pun lebih dinamis. Apa yang dilakukan iklan luar ruang yang membuatnya begitu spesial?

Orang menghabiskan begitu banyak waktu di depan layar saat ini karena iklan kehidupan nyata memiliki kekuatan lebih dari biasanya. Peramban online adalah ahli dalam mengabaikan iklan pop-up dan spanduk, tetapi ketika mereka melihat papan iklan, tanda jalan atau objek yang menarik perhatian lainnya, mereka meluangkan waktu sejenak untuk melihatnya. Untuk merek, momen itu membuat perbedaan antara ketidakrelevanan dan minat.

Menurut Nielsen, iklan luar ruang adalah media nondigital paling efektif untuk menghasilkan aktivitas online. Cracker Barrel meminta orang untuk mengambil jalan keluar untuk mengambil makan malam, jadi mereka melakukannya. Merek lain menggunakan iklan luar ruang untuk mendorong penelusuran online, yang mengarah ke keterlibatan, pembelian, dan loyalitas.

Jalur dari iklan luar ruang ke peningkatan pendapatan sangatlah mudah, tetapi keberhasilan sepenuhnya bergantung pada eksekusi. Merek tidak hanya perlu memperluas kehadiran mereka di luar, tetapi juga untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan yang memaksimalkan anggaran iklan mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: