Portal Berita Ekonomi Minggu, 18 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:25 WIB. Asus - Asus ZenBook Pro 15, laptop 2 layar seharga Rp36 juta.
  • 16:22 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo siap blokir aplikasi fintech pinjaman online nakal.
  • 16:20 WIB. Facebook - Facebook akuI perintahkan karyawannya pakai Android, bukan iPhone.
  • 13:48 WIB. Firefox - Browser Firefox kembali tingkatkan keamanan data pengguna.
  • 13:47 WIB. Facebook - Investor kembali desak Zuckerberg mundur dari Facebook.
  • 13:45 WIB. AI - Artifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bisa palsukan sidik jari.
  • 13:43 WIB. Huawei - Lewati Apple, Huawei target kalahkan Samsung pada 2020. 
  • 13:41 WIB. PS5 - PS5 bikin Sony absen dari E3.
  • 13:40 WIB. Zuckerberg - Kekayaan Mark Zuckerberg anjlok Rp254 triliun.
  • 13:39 WIB. Sharp - Sharp Aquos R2 Compact disebut ponsel terburuk.
  • 13:38 WIB. Instagram - Bug Instagram bikin password pengguna bocor.
  • 13:36 WIB. NASA - Ingin ke Mars, NASA disebut hadapi risiko medis gravitasi nol.
  • 13:35 WIB. Facebook - Facebook bantah bayar konsultan berita palsu.
  • 13:16 WIB. PGN - PGN  meluncurkan sebanyak 32 unit Gaslink Truck.
  • 13:16 WIB. Pertamina - Pertamina menargetkan pembangunan lembaga penyalur BBM wilayah 3T di Maluku terealisasi tahun 2018.

Promosi Produk Melalui Billboard Ternyata Masih Diminati, Kenapa ya?

Foto Berita Promosi Produk Melalui Billboard Ternyata Masih Diminati, Kenapa ya?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Anda pasti tahu apa itu baliho atau billboard? Papan iklan yang berada di pinggir jalan, yang memaparkan jelas tentang suatu brand dan menjadikan orang yang melintasi jalan tersebut sebagai target pasar mereka.

Zaman sekarang, masih banyak brand yang memanfaatkan baliho untuk promosi, meskipun sekarang zamannya sudah serba digital. Bagi mereka, baliho bukan hanya sekadar latar belakang di perjalanan. Sebagai salah satu contohnya adalah restoran Cracker Barrel, yakni sebuah rantai restoran gabungan Amerika dan toko-toko suvenir dengan tema negara Selatan.

Perusahaan ini didirikan oleh Dan Evins pada tahun 1969; toko pertamanya berada di Lebanon, Tennessee. Kantor perusahaan terletak di fasilitas yang berbeda di kota yang sama. Restoran itu telah menguasai seni mengubah iklan luar ruang menjadi pelanggan dalam ruangan.

Cracker Barrel menghabiskan 49 persen dari total anggaran iklannya untuk iklan di luar ruangan. Merek ini dengan hati-hati menempatkan restorannya di dekat pintu keluar dan antarnegara bagian untuk menargetkan penjelajah jalanan. Wisatawan yang melihat baliho iklan Cracker Barrel menjadi tertarik untuk mengunjunginya, bukan hanya untuk makan di sana, mereka juga pergi mengunjungi toko-toko dan area relaksasi di dalam restoran Cracker Barrel.

Integrasi iklan luar ruang dan penempatan restoran, bersama dengan sisa strategi pemasaran Cracker Barrel, tetap terus bekerja di era digital. Analis yang dikutip dalam  Fairfield Current  mengharapkan rantai untuk mencapai tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 10,4 persen. Sementara banyak pengamat menutup iklan luar ruang sebagai limbah yang sulit untuk di-track, Cracker Barrel dan merek-merek cerdas lainnya menentang itu dan membuktikannya.

Mengapa baliho tetap berfungsi?

Dengan spektrum luas media konsumsi merek untuk digunakan, iklan luar ruang tidak langsung muncul sebagai opsi teratas. Iklan digital dan kampanye email menawarkan penargetan yang jauh lebih baik. Iklan TV pun lebih dinamis. Apa yang dilakukan iklan luar ruang yang membuatnya begitu spesial?

Orang menghabiskan begitu banyak waktu di depan layar saat ini karena iklan kehidupan nyata memiliki kekuatan lebih dari biasanya. Peramban online adalah ahli dalam mengabaikan iklan pop-up dan spanduk, tetapi ketika mereka melihat papan iklan, tanda jalan atau objek yang menarik perhatian lainnya, mereka meluangkan waktu sejenak untuk melihatnya. Untuk merek, momen itu membuat perbedaan antara ketidakrelevanan dan minat.

Menurut Nielsen, iklan luar ruang adalah media nondigital paling efektif untuk menghasilkan aktivitas online. Cracker Barrel meminta orang untuk mengambil jalan keluar untuk mengambil makan malam, jadi mereka melakukannya. Merek lain menggunakan iklan luar ruang untuk mendorong penelusuran online, yang mengarah ke keterlibatan, pembelian, dan loyalitas.

Jalur dari iklan luar ruang ke peningkatan pendapatan sangatlah mudah, tetapi keberhasilan sepenuhnya bergantung pada eksekusi. Merek tidak hanya perlu memperluas kehadiran mereka di luar, tetapi juga untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan yang memaksimalkan anggaran iklan mereka.

Tag: Billboard

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Tobias

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35