Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:00 WIB. WeChat - WeChat butuh 7 tahun untuk jadi aplikasi super.
  • 20:58 WIB. Huawei - Huawei bikin asisten pintar penantang Amazon dan Google.
  • 20:49 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo resmi cabut izin frekuensi First Media, Bolt, dan Jasnita.
  • 16:25 WIB. Asus - Asus ZenBook Pro 15, laptop 2 layar seharga Rp36 juta.

Penting! 3 Faktor Ini Pengaruhi Konsumen dalam Memilih Hotel

Foto Berita Penting! 3 Faktor Ini Pengaruhi Konsumen dalam Memilih Hotel
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan aplikasi smartphone ataupun situs web di berbagai industri pun semakin bervariasi. Salah satunya terjadi di industri pariwisata. Pencarian ulasan secara online sebelum memesan kamar hotel untuk dijadikan referensi adalah salah satu tren yang kini terjadi.

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, di era digital ini, tren tersebut mempengaruhi inisiatif dari para pengelola hotel. Dengan ulasan-ulasan dari konsumen, pihak manajemen hotel dapat memperbaiki pelayanannya, bahkan menciptakan sesuatu yang out of the box untuk para konsumen.

“Ini merupakan perkembangan yang menarik. Hotel yang tidak membaca ulasan dari konsumen itu akan berada dalam bahaya karena tidak dapat memperbaiki pelayanannya, sedangkan sekarang persaingan semakin ketat,” ujar Hariyadi di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Sejalan dengan Hariyadi, Senior Manager Product Traveloka, Deo Wijaya, pun memaparkan, sebanyak 90% konsumen akan membaca ulasan hotel sebelum memutuskan untuk memesan. Kemudian, 70% lain konsumen menganggap ulasan dari traveller lain bermanfaatt untuknya. Oleh karena itu, ulasan dianggap penting bagi para konsumen dalam memilih hotel ketika sedang bepergian.

“Ulasan memiliki dampak positif untuk mitra hotel kami. Dari aplikasi, kami tahu kalau hotel dengan ulasan yang positif dan rating tinggi memiliki produktivitas lebih tinggi dibanding yang tidak,” jelas Deo kepada pers.

Selain ulasan, faktor penting yang memengaruhi konsumen dalam memilih hotel lainnya adalah harga. Selanjutnya ada foto dan juga maksud serta tujuan dari konsumen sendiri.

Menurut Country Market Manager Traveloka, John Safenson, konsumen akan mempertimbangkan harga menurut rating dari hotel tersebut. Bila kualittas dan ulasannya memang baik, harga mahal tak akan jadi masalah.

“Kalau untuk berdasarkan lokasi dan maksud serta tujuan, itu disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Bila untuk perjalanan dinas, konsumen akan memikirkan jarak antara hotel dan tempat dinasnya. Sementara kalau untuk berlibur, yang mereka pertimbangkan adalah keindahan di sekitar hotel, apakah menarik atau tidak,” jelas John lebih lanjut.

Dengan 3 faktor tersebut, pihak penyedia akomodasi perjalanan diharapkan dapat selalu menemukan cara untuk membua hotelnya dipilih oleh konsumen. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki layanan berdasarkan ulasan para konsumen.

Tag: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Gran Melia Jakarta

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35