Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Catatkan Rekor Defisit Tertinggi Sejak 2012

AS Catatkan Rekor Defisit Tertinggi Sejak 2012 Kredit Foto: Unsplash/Patrick Hendry
Warta Ekonomi, Washington -

Pemerintah AS menutup tahun fiskal 2018 sebesar $779 miliar dalam signal merah, defisit tertinggi dalam enam tahun, karena pemotongan pajak yang dipimpin oleh partai Republik yang menekan pendapatan dan pengeluaran meningkat pada utang nasional yang sedang tumbuh, menurut data yang dirilis pada hari Senin (15/10/2018) oleh Departemen Keuangan AS.

Pengeluaran pemerintah baru juga memperluas defisit federal selama 12 bulan hingga September, anggaran tahunan penuh pertama di bawah kepemimpinan Presiden AS Donald Trump. Itu adalah defisit terbesar sejak 2012.

Data juga menunjukkan surplus anggaran $119 miliar pada bulan September, yang lebih besar dari yang diharapkan dan rekor untuk bulan tersebut. Seorang pejabat senior Treasury mengatakan surplus bulanan lebih kecil ketika disesuaikan dengan pergeseran kalender.

Para ekonom umumnya melihat pemotongan pajak perusahaan dan individu yang disahkan oleh Kongres AS yang dikuasai partai Republik akhir tahun lalu, dan peningkatan belanja pemerintah yang disepakati pada awal Februari berimbas kepada membengkaknya defisit negara.

Trump dan rekan Republikannya telah memuji pemotongan pajak sebagai dorongan untuk pertumbuhan dan pekerjaan.

"Ekonomi booming Amerika akan menciptakan peningkatan pendapatan pemerintah, sebuah langkah penting menuju keberlanjutan fiskal jangka panjang," Direktur Manajemen dan Direktur Anggaran Mick Mulvaney mengatakan dalam sebuah pernyataan yang menyertai data tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (16/10/2018).

Defisit dalam 12 bulan hingga September adalah $113 milyar, atau 17 persen, lebih besar dari pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Menyesuaikan untuk efek kalender, kesenjangannya bahkan lebih besar, kata pejabat Departemen Keuangan.

Pusat Kebijakan Bipartisan menyebut laporan itu sebagai peringatan bagi pembuat kebijakan untuk membalikkan keadaan.

“Fakta bahwa pemerintah kita mendekati defisit triliunan dolar di tengah ekspansi ekonomi harus menjadi masalah serius bagi pemilih dan kandidat,” William Hoagland penantang Trump dalam pemilu AS pada November.

Sebagian besar pelebaran defisit berasal dari lebih banyak pengeluaran untuk pembayaran bunga pada utang nasional. Pinjaman telah meningkat selama setahun terakhir, sebagian untuk menutupi pertumbuhan lebih lambat dalam pendapatan pajak karena pemotongan pajak, sementara pengeluaran militer juga meningkat.

Departemen AS menambahkan biaya pembayaran utang, Federal Reserve AS yang menaikkan suku bunga sekitar sekali per kuartal dalam menghadapi pasar tenaga kerja yang panas, dan beberapa tanda-tanda inflasi. Beberapa pejabat Fed telah memperingatkan bahwa meningkatnya defisit AS dapat menghambat respon fiskal AS terhadap tren penurunan.

Trump pada gilirannya mengkritik pengetatan moneter The Fed, dengan mengatakan pekan lalu bahwa bank sentral AS tersebut telah "gila."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: