Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendagri Beberkan Tiga Provinsi Rawan Pemilu 2019

Kemendagri Beberkan Tiga Provinsi Rawan Pemilu 2019 Kredit Foto: Kemendagri.go.id
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komisi II DPR menggelar rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salah satu dalam agenda rapat tersebut ialah membahas persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, memaparkan sejumlah hal terkait persiapan Pemilu 2019. Menyebutkan tiga provinsi yang teridentifikasi memiliki tingkat kerawanan tertinggi di antaranya Papua Barat, Yogyakarta, dan Sumatera Barat.

"Provinsi dengan indeks kerawanan pemilu (IKP) tertinggi yang telah kita identifikasi adalah Provinsi Papua Barat dengan skor IKP 52,83%, DI Yogyakarta dengan skor IKP 52,14%, dan Sumatera Barat skor 51,21%," jelasnya di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Sementara untuk tiga provinsi dengan tingkat kerawanan terendah yakni Bangka Belitung, DKI Jakarta, dan Bali.

"Provinsi dengan indeks kerawanan pemilu terendah adalah Bangka Belitung dengan skor IKP 44,18%, DKI Jakarta 44,79%, dan Bali 46,71%," rincinya.

Seperti dirilis situs Bawaslu, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) merupakan suatu pendekatan untuk menyusun proyeksi potensi kerawanan pemilu berdasarkan data atau peristiwa yang sudah terjadi (post factum).

Dalam mengukur potensi tersebut, dilakukan analisis terhadap kondisi terkini dalam suatu daerah dengan memperhatikan tahapan pemilu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Irfan Mualim

Bagikan Artikel: