Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rasio NPL BNI Turun 2% di Kuartal III 2018

Rasio NPL BNI Turun 2% di Kuartal III 2018 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI berhasil memperbaiki kualitas kreditnya. Tercatat, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/ NPL) gross BNI pada Kuartal III 2018 sebesar 2,0%, turun 0,8% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yang sebesar 2,8%.

"Perbaikan NPL tersebut berasal dari membaiknya kolektibilitas, penyelesaian kredit, dan penurunan pokok kredit bermasalah disertai dengan pengelolaan kualitas aset yang terus membaik, salah satunya dengan cara melakukan ekspansi yang selektif dan prudent dengan manajemen risiko kredit yang terukur," jelas Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Dia mengatakan, dengan perbaikan kualitas kredit tersebut, BNI mampu menurunkan credit cost dari 1,7% pada Kuartal III Tahun 2017 menjadi 1,4% pada Kuartal III Tahun 2018.

Sementara itu, coverage ratio juga mengalami peningkatan dari 147,4% pada Kuartal III Tahun 2017 menjadi 152,0% pada Kuartal III Tahun 2018 ini.

"Penetapan pencadangan ini merupakan langkah pre-emptive dan konservatif BNI yang dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan penurunan kualitas aset di masa-masa mendatang di tengah perkembangan ekonomi global dan domestik yang dinamis," tuturnya.

Adapun pada kuartal III 2018, BNI mencatat penyaluran kredit sebesar Rp487,04 triliun hingga Kuartal III Tahun 2018, meningkat Rp65,64 triliun atau 15,6% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp421,41 triliun.

Pertumbuhan tersebut dikontribusi oleh kredit pada Bisnis Korporasi yang meningkat 18,5% (yoy), terutama kontribusi dari industri Manufaktur, Perdagangan, Restoran & Hotel, serta Konstruksi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: