Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Didominasi Sigra, Daihatsu Kuasai 17% Pasar

Didominasi Sigra, Daihatsu Kuasai 17% Pasar Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan pertumbuhan penjualan melalui kendaraan merek Daihatsu. Sepanjang Januari hingga September 2018, penjualan ritel Daihatsu terrcatat sebanyak 144.716 unit atau naik 8%. Sedangkan untuk total penjualan mencapai 147.513 unit atau naik 5% dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra mengungkapkan bahwa di tengah minimnya pertumbuhan beberapa pemain besar otomotif nasional, Daihatsu berhasil merawat kepercayaan masyarakat.

"Kami sangat bersyukur dengan capaian ini. Kami terus berupaya menyeimbangkan volume demand and supply, serta berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan Daihatsu," ujar Amelia di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Lebih rinci, dijelaskannya, untuk penjualan ritel tetap didominasi Sigra dengan 35.685 unit atau berkontribusi sebesar 25%. Diikuti oleh Gran Max (PU) 30.445 unit (21%), Xenia 23.809 unit (16%), dan Terios mencapai 21.135 unit (15%), atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara Ayla berkontribusi sebanyak 17.812 unit (12%) dan Gran Max (MB) 11.662 unit (8%). Sedangkan line-up Daihatsu lain yang meliputi Luxio, Sirion, dan Hi-Max mencapai 4.168 unit (3%). Total penjualan ritel Daihatsu mencapai 144.716 unit.

"Dengan volume pasar ritel nasional mencapai 851.430 unit, atau tumbuh sekitar 10% dibanding periode yang sama pada 2017, Daihatsu meraih pangsa pasar (market share) 17%," ucapnya.

Tak jauh berbeda, perolehan total penjualan Daihatsu pun dipimpin oleh Sigra sebanyak 37.365 unit (25%), diikuti Gran Max (PU) sebesar 30.845 unit (21%), dan Xenia 22.053 unit (15%).

Kemudian Terios dengan raihan sebesar 21.497 unit (15%), Ayla 20.104 unit (14%), dan Gran Max (MB) sebanyak 11.683 unit (8%). Untuk kelompok lain yakni Luxio, Sirion, dan Hi-Max hanya berkontribusi 3.966 unit (3%). Sehingga, total penjualan Daihatsu mencapai 147.513 unit.

"Dengan volume pasar wholesales nasional mencapai 856.439 unit, atau tumbuh sekitar 7% dibanding periode yang sama tahun 2017, maka Daihatsu meraih pangsa pasar 17,2%," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: