Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alibaba Siap Sukseskan 11.11 Global Shopping Festival Tahun 2018

Alibaba Siap Sukseskan 11.11 Global Shopping Festival Tahun 2018 Kredit Foto: AFP Photo/NICOLAS TUCAT
Warta Ekonomi, Beijing -

Alibaba Group hari ini meluncurkan acara 11.11 Global Shopping Festival 2018 di Tiongkok.

CEO Alibaba Group, Daniel Zhang, mengatakan, tahun ini Alibaba memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Di balik transformasi digital Tiongkok yang sangat eksplosif, pertumbuhan Festival ini selama dekade terakhir telah mendukung pertumbuhan kualitas konsumsi yang stabil dimana hal ini diidamkan oleh konsumen Tiongkok.

"Evolusi ini juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu, yang telah berkembang melampaui sekadar e-dagang,” ujar Daniel dalam keterangan rilisnya yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Zhang mencetuskan konsep 11.11 satu dekade yang lalu. Pada awalnya, 11.11 atau ‘Single’s Day’ merupakan hari perayaan untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau single di Tiongkok. Namun kemudian, ia mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

"Festival 11.11 pertama di tahun 2009 meraup Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$7,8 juta. Di tahun 2017, total GMV yang berhasil diraup sebesar US$25,3 miliar. Dalam beberapa dekade terakhir jumlah pengguna internet di Tiongkok telah meningkat menjadi 802 juta dan 98% di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam," ungkap Zhang.

Dalam dua tahun terakhir, lanjut Zhang, Alibaba telah menginisiasi konsep New Retail guna mempercepat transformasi digital dari bisnis luring.

"Kami akan terus menjadi kekuatan pendorong bagi para pedagang dan pelanggan dalam hal inovasi untuk beberapa dekade mendatang. Tujuan kami adalah menjadi mitra bisnis nomor satu untuk merek-merek dagang, serta destinasi utama konsumen untuk berbelanja,” tambah Daniel Zhang.

Tahun ini, 500.000 produk akan tersedia untuk pemesanan terlebih dahulu atau pre-order melalui Tmall dari tanggal 20 Oktober. Acara 11.11 Global Shopping Festival tahun ini akan secara khusus menampilkan beberapa fitur yang terwujud berkat adanya New Retail dan program interaktif lainnya.

Seluruh bisnis yang berada di ekosistem Alibaba akan bersama-sama menghadirkan pengalaman belanja bagi ratusan juta konsumen yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi, hiburan, serta pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan. Festival ini juga akan mendemonstrasikan antusiasme konsumen dan merek memanfaatkan strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan ritel daring (online) dan luring (offline) melalui teknologi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: