Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tax Amnesty Raih IPRA Golden World Award 2018

Tax Amnesty Raih IPRA Golden World Award 2018 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

International Public Relations Association (IPRA) memberikan penghargaan Golden World Award 2018 kategori Public Sector kepada Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diperoleh atas pencapaian program Amnesti Pajak yang berlangsung pada pertengahan 2016 hingga 2017 lalu.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, salah satu reformasi bidang fiskal yang telah dijalankan adalah pelaksanaan Amnesti Pajak sebagai salah satu bagian dari reformasi bidang perpajakan.

"Amnesti pajak tujuan utamanya untuk memperkuat database pajak juga akan didukung dengan pelaksanaan Automatic Exchange of Information (AEOI) yang bertujuan untuk menghindari base erosion dan profit shifting," ujar Sri dalam siaran pers, Sabtu (20/10/2018).

Dia menambahkan, Amnesti Pajak adalah satu-satunya kesempatan bagi Wajib Pajak Indonesia untuk mendapatkan pengampunan atas penghindaran pajak, sanksi administratif, dan sanksi lain akibat ketidakpatuhan dalam melaporkan aset yang dimiliki  pada 2015 atau tahun sebelumnya.

"Amnesti Pajak adalah bagian dari reformasi perpajakan yang dilakukan untuk mewujudkan sistem perpajakan yang adil dan berkelanjutan," ungkapnya.

Beberapa faktor sukses dalam program Amnesti Pajak adalah perencanaan program komunikasi, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program. Dengan waktu yang terbatas, mulai 1 Juli 2016 sampai dengan 31 Maret 2017, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak membuat serangkaian program komunikasi yang bisa mengubah cara pandang masyarakat tentang Amnesti Pajak dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Selama sembilan bulan pelaksanaan Amnesti Pajak, program berhasil diikuti oleh 956.000 wajib pajak, dengan deklarasi harta sebesar Rp4.855 triliun, uang tebusan sebesar Rp135 triliun, dan dana yang direpatriasi sebanyak Rp147,1 triliun.

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Nufransa Wira Sakti pada ajang Golden World Award for Excellent in Public Relations 2018 pada 19 Oktober 2018 di Hotel Catalonia Barcelona Plaza, Spanyol.

Golden World Award for Excellent in Public Relations 2018 merupakan ajang tahunan IPRA untuk memberikan penghargaan dan anugerah bagi program-program public relations di dunia yang terbaik, fenomenal, inspiratif, dan terutama telah memberikan dampak sosial yang luar biasa.

Ajang tahunan ini diikuti oleh korporasi, institusi, dan agensi komunikasi yang bekerja sama dengan korporasi, lembaga pemerintah, PBB, dan lembaga lain yang berasal dari lima benua, Afrika, Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Golden World Award sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang ditujukan bagi pengelola humas di level korporasi dan institusi global dari seluruh dunia. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rosmayanti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: