Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukalapak: BukaCicilan Bisa Tingkatkan Inklusi Finansial di Indonesia

Bukalapak: BukaCicilan Bisa Tingkatkan Inklusi Finansial di Indonesia Kredit Foto: Bukalapak
Warta Ekonomi, Jakarta -

Fitur BukaCicilan dari kerja sama Bukalapak dan Akulaku tak hanya ditujukan untuk memudahkan pengajuan kredit, tetapi juga untuk meningkatkan inklusi finansial di Indonesia. Itu lah yang dikatakan Head of Payment and Financial Services Bukalapak, Destya Danang Pradityo kepada Warta Ekonomi, Rabu (24/10/2018). 

Menurutnya, berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik dan Bank Indonesia, masih banyak masyarakat yang berstatus unbank (belum memiliki rekening di bank). Bagi Bukalapak, itu artinya mereka memiliki potensi untuk menjadi pelanggan di industri digital secara keseluruhan.

"Jadi, orang yang tadinya belum tersentuh produk keuangan bisa menggunakan fitur BukaCicilan yang bekerja sama dengan Akulaku. Secara tidak langsung, kami pun ikut membantu pemerintah untuk meningkatkan financial inclusion di Indonesia," jelas Destya. 

Ia menambahkan, langkah Bukalapak dalam menjalin kerja sama dengan partner bank dan fintech, seperti Akulaku adalah salah satu pemicu pemerataan inklusi finansial di Indonesia. Di sisi lain, perusahaannya pun dapat memperluas jaringan pelanggan dan meningkatkan pertumbuhannya.

"Untuk saat ini, kami masih fokus meningkatkan pertumbuhan agar masyarakat mau melakukan transaksi melalui platform e-commerce. Bukan hanya pembeli, tetapi juga penjual," kata Destya lagi.

Berdasarkan data dari pemerintah, total konsumsi dalam negeri yang bersumber dari e-commerce masih di bawah 5%. Oleh karena itu, Bukalapak bekerja sama dengan Akulaku, berinisiatif untuk menyediakan pasar baru yang dapat memicu pertumbuhan konsumsi di e-commerce.

"Di akhir 2019, kami menargetkan untuk mendapatkan GMV (Gross Merchandise Value) 4x hingga 6x lipat dari GMV per bulan saat ini (Rp4 triliun)," tutur Destya.

Salah satu strategi untuk meningkatkan GMV adalah dengan menjalin kerja sama dengan partner-partner baru yang memiliki potensi. Sebab, Destya percaya setiap perusahaan yang bekerja sama dengan Bukalapak memiliki ekosistem masing-masing yang dapat memicu pertumbuhan perusahaan. 

"Kami selalu mencari partner yang potensial, seperti Akulaku yang termasuk perusahaan fintech yang memiliki ekosistem yang baik," tambahnya.

Terakhir, ia juga mengungkapkan kalau Bukalapak akan selalu mengembangkan layanannya untuk menghadirkan yang terbaik untuk pengguna, termasuk dalam fitur BukaCicilan. Ke depannya, Bukalapak akan mengembangkan fitur tersebut supaya pengguna dapat membayarkan cicilan kepada Akulaku melalui aplikasi Bukalapak.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: