Portal Berita Ekonomi Sabtu, 17 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:01 WIB. KAI - KAI menegaskan tidak ada sengketa aset dalam proyek Skybridge Tanah Abang.
  • 22:00 WIB. KAI - KAI menyatakan pihaknya segera mencopot iklan rokok di areal stasiun.
  • 20:31 WIB. Himbara - Himpunan Bank Milik Negara berencana merilis produk QR code di awal tahun depan.
  • 20:30 WIB. TLKM - Telkom dikabarkan akan menyuntik Go-Jek senilai Rp4 triliun.
  • 20:30 WIB. TLKM - Merebaknya kabar akan menyuntik Go-Jek, berhasil melesatkan saham Telkom.
  • 20:29 WIB. BNI - BNI gelar forum bisnis bersama KJRI New York dengan tema Business Forum on TTI in Indonesia.
  • 20:29 WIB. BNI - BNI mencatatkan pertumbuhan transaksi trade finance di cabang New York sebesar 24,62% yoy pada kuartal III-2018.
  • 20:27 WIB. AXA - AXA Mandiri memperluas akses keuangan generasi milenial yang sejalan dengan program Insurance Day 2018.
  • 20:27 WIB. TLKM - Telkom tengah menjajaki pembelian sejumlah saham di Go-Jek.
  • 20:25 WIB. Mandiri - Mandiri: ke depan akan ada perubahan transaksi di merchant dari menggunakan mesin EDC digantikan mesin dan kode QR.
  • 20:22 WIB. Telkom - Telkom meraih penghargaan ASEAN Engineering Award dalam CAFEO-36.
  • 20:21 WIB. Soeta - Bandara Soekarno-Hatta masuk Top 10 Megahub dunia.

Bisnis Jual Beli Mobil Online Lebih Efektif

Foto Berita Bisnis Jual Beli Mobil Online Lebih Efektif
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Dunia otomotif perlahan-lahan mengambil langkah yang berbeda di dunia ritel dengan persepsi yang berubah dari milenial berkaitan dengan lanskap otomotif. Pembeli dan penjual saat ini lebih diperlengkapi dengan pengetahuan industri dengan booming internet dibandingkan dengan pembeli.

Mereka telah bergerak melampaui teknik pemasaran konvensional dan memaksa seluruh ekosistem penjualan otomotif untuk melakukan introspeksi mendalam terhadap proses perdagangan saat ini.

Teknologi menyapu seluruh pasar otomotif. Dengan demikian, menjadi tak terelakkan bagi para pembuat mobil untuk menghadapi perubahan ini. Sekarang, banyak pengusaha di bidang ini mencoba menyelaraskan dengan perubahan ini untuk menyelamatkan pelanggan mereka dari rasa sakit membeli dan menjual kendaraan dan membuat proses perdagangan mobil lebih mudah.

Pengaruh

Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk membeli mobil mungkin status sosial, ekspansi keluarga atau kemudahan pengangkutan. Langkah pertama dalam proses pembelian dimulai dengan riset online di berbagai situs web mobil yang memfasilitasi perbandingan kendaraan yang berbeda berdasarkan berbagai atribut.

Situs web ini adalah sumber yang paling diandalkan untuk riset online. Setelah pelanggan membuat preferensi, pelanggan harus menjalani lingkungan tekanan penjualan. Langkah selanjutnya termasuk beberapa kunjungan di berbagai dealer untuk mencari harga terbaik. Penderitaan terbesar yang dihadapi pelanggan dalam proses ini adalah perbedaan antara informasi harga yang tersedia secara online dan di dealer.

Pergeseran cara membeli produk

Ledakan internet dan e-commerce telah mengubah cara orang membeli produk mereka. Ini telah mengubah seluruh proses ritel. Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk membeli produk secara online. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan seribu tahun. Media sosial masih pada tahap awal ketika datang untuk mempengaruhi perdagangan mobil online. Namun, ada potensi besar untuk pertumbuhannya di masa depan.

Pola penjualan baru

Dengan cara yang sama, proses penjualan mobil mengambil giliran digital tajam. Mereka ingin menyelamatkan diri mereka dari kerepotan karena dikecewakan oleh perwakilan penjualan, kontradiksi pada pertandingan harga dan penelitian. Konsumen merasa nyaman membeli buku atau tiket pesawat online karena transparansi.

Menggunakan cara yang sama persis, mereka mencari transparansi seperti itu ketika membeli mobil. Dengan munculnya internet dan semakin populernya situs web mobil, atau lisensi untuk menampilkan dan menyiarkan inventaris dealer di situs web mereka sebagai bagian dari strategi pemasaran digital yang lebih besar, itulah arah yang sedang menuju perdagangan mobil.

Manfaat

Era digital menawarkan banyak manfaat bahkan bagi mereka yang ingin menjual mobil bekas mereka. Mengambil cara konvensional mengunjungi dealer tradisional berarti berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari penawaran terbaik untuk mobil. Kerugiannya tidak berakhir di sana. Membiarkan mobil dengan siapa pun penjualnya berarti mobil hanya akan terlihat oleh pembeli yang mengunjungi dealer tertentu. Dan ketika pemilik mobil akhirnya mendapat pembeli lalu berhasil menjual kendaraan, penjual masih harus membayar biaya agen, yang bisa cukup banyak.

Jika kita membandingkan situasi di atas dengan menjual mobil bekas secara online, kita dapat melihat menganalisis bahwa jika kita memiliki mobil yang ingin kita jual, kita dapat melakukannya bahkan tanpa meninggalkan rumah dan tanpa harus membayar biaya apa pun.

Tag: Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Asuransi Astra

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35