Portal Berita Ekonomi Sabtu, 20 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 00:05 WIB. GM - Saic Motor Corp, partner GM di China, mengalami penurunan penjualan.
  • 23:23 WIB. Mobil listrik - Toyota berpartner dengan BYD (China) untuk mobil listrik.
  • 22:59 WIB. Asahi - Asahi membeli AB InBev unit Australia senilai US$11,3 miliar.
  • 21:44 WIB. WIKA - WIKA tertarik untuk berinvestasi pada jalan tol yang siap dilelang.
  • 21:22 WIB. Oil - Brent crude futures were up 37 cents, or 0.6%, at $62.30 a barrel by 1356 GMT, having risen as high as $63.32.
  • 21:21 WIB. Oil - Brent fell 2.7% on Thursday, its fourth straight session of losses, and was set for a weekly drop of around 6%.
  • 20:32 WIB. IPCC - Jumlah penumpukan kendaraan di terminal IPCC sepanjang semester I/2019 tumbuh 7,93 persen.
  • 19:20 WIB. Filipina - Neraca pembayaran Filipina surplus US$4,79 miliar pada Q1
  • 19:06 WIB. Pertamina - Pertamina bekerja sama dengan 5 PTN untuk mengembangkan kilang nasional.
  • 18:37 WIB. Sri Lanka - Proyek lokasi wisata di Kolombo akan digarap Melcher Group dengan investasi sebesar US$4 juta
  • 18:35 WIB. PLN - PLN menargetkan rasio desa berlistrik Maluku pada 2020 sebesar 94,6 persen.
  • 18:33 WIB. Pariwisata - Badan Investasi Sri Lanka akan membangun taman hiburan di Ibukota Kolombo untuk tarik wisatawan
  • 18:18 WIB. JSMR - Jasa Marga akan mengembangkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.
  • 18:13 WIB. Brexit - Inggris menghapus target implementasi broadband karena Brexit.

Bisnis Jual Beli Mobil Online Lebih Efektif

Bisnis Jual Beli Mobil Online Lebih Efektif - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dunia otomotif perlahan-lahan mengambil langkah yang berbeda di dunia ritel dengan persepsi yang berubah dari milenial berkaitan dengan lanskap otomotif. Pembeli dan penjual saat ini lebih diperlengkapi dengan pengetahuan industri dengan booming internet dibandingkan dengan pembeli.

Mereka telah bergerak melampaui teknik pemasaran konvensional dan memaksa seluruh ekosistem penjualan otomotif untuk melakukan introspeksi mendalam terhadap proses perdagangan saat ini.

Teknologi menyapu seluruh pasar otomotif. Dengan demikian, menjadi tak terelakkan bagi para pembuat mobil untuk menghadapi perubahan ini. Sekarang, banyak pengusaha di bidang ini mencoba menyelaraskan dengan perubahan ini untuk menyelamatkan pelanggan mereka dari rasa sakit membeli dan menjual kendaraan dan membuat proses perdagangan mobil lebih mudah.

Pengaruh

Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk membeli mobil mungkin status sosial, ekspansi keluarga atau kemudahan pengangkutan. Langkah pertama dalam proses pembelian dimulai dengan riset online di berbagai situs web mobil yang memfasilitasi perbandingan kendaraan yang berbeda berdasarkan berbagai atribut.

Situs web ini adalah sumber yang paling diandalkan untuk riset online. Setelah pelanggan membuat preferensi, pelanggan harus menjalani lingkungan tekanan penjualan. Langkah selanjutnya termasuk beberapa kunjungan di berbagai dealer untuk mencari harga terbaik. Penderitaan terbesar yang dihadapi pelanggan dalam proses ini adalah perbedaan antara informasi harga yang tersedia secara online dan di dealer.

Pergeseran cara membeli produk

Ledakan internet dan e-commerce telah mengubah cara orang membeli produk mereka. Ini telah mengubah seluruh proses ritel. Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk membeli produk secara online. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan seribu tahun. Media sosial masih pada tahap awal ketika datang untuk mempengaruhi perdagangan mobil online. Namun, ada potensi besar untuk pertumbuhannya di masa depan.

Pola penjualan baru

Dengan cara yang sama, proses penjualan mobil mengambil giliran digital tajam. Mereka ingin menyelamatkan diri mereka dari kerepotan karena dikecewakan oleh perwakilan penjualan, kontradiksi pada pertandingan harga dan penelitian. Konsumen merasa nyaman membeli buku atau tiket pesawat online karena transparansi.

Menggunakan cara yang sama persis, mereka mencari transparansi seperti itu ketika membeli mobil. Dengan munculnya internet dan semakin populernya situs web mobil, atau lisensi untuk menampilkan dan menyiarkan inventaris dealer di situs web mereka sebagai bagian dari strategi pemasaran digital yang lebih besar, itulah arah yang sedang menuju perdagangan mobil.

Manfaat

Era digital menawarkan banyak manfaat bahkan bagi mereka yang ingin menjual mobil bekas mereka. Mengambil cara konvensional mengunjungi dealer tradisional berarti berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari penawaran terbaik untuk mobil. Kerugiannya tidak berakhir di sana. Membiarkan mobil dengan siapa pun penjualnya berarti mobil hanya akan terlihat oleh pembeli yang mengunjungi dealer tertentu. Dan ketika pemilik mobil akhirnya mendapat pembeli lalu berhasil menjual kendaraan, penjual masih harus membayar biaya agen, yang bisa cukup banyak.

Jika kita membandingkan situasi di atas dengan menjual mobil bekas secara online, kita dapat melihat menganalisis bahwa jika kita memiliki mobil yang ingin kita jual, kita dapat melakukannya bahkan tanpa meninggalkan rumah dan tanpa harus membayar biaya apa pun.

Tag: Bisnis Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Asuransi Astra

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67