Portal Berita Ekonomi Jum'at, 18 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:14 WIB. KA- Jokowi diagendakan meninjau panel reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.
  • 09:00 WIB. IHSG - Akhir pekan, IHSG dibuka menguat 0,32% ke level 6.444,21. 
  • 08:54 WIB. WSBP - Waskita Beton Precast dan Wika Beton telah mengantongi pipeline sejumlah proyek baru.
  • 08:53 WIB. Pertamina - Produksi minyak dan gas dalam negeri tercatat mencapai 768 ribu MBOEPD.
  • 08:50 WIB. Pertamina - Pertamina resmi mengoperasikan DPPU KS Tubun di Maluku Tenggara.
  • 08:47 WIB. Pelindo IV - Pelindo IV dan Bea Cukai Sulawesi bersinergi di bidang pelabuhan.
  • 08:40 WIB. WSKT - Waskita memulai implementasi perencanaan sumber daya perusahaan dengan platform baru.
  • 08:39 WIB. WSKT - Tahun ini Waskita mengharapkan bisa menggenggam total kontrak senilai Rp116 triliun.
  • 08:35 WIB. Pelni - Pelni akan memangkas secara bertahap pendapatan dari kegiatan yang disubsidi pemerintah.
  • 08:20 WIB. SMF - SMF menetapkan target senilai Rp2,3 triliun untuk penyaluran KPR.
  • 08:08 WIB. SMF - SMF telah menyalurkan dana KPR FLPP, kepada 28.932 debitur dengan total penyaluran dana Rp948 miliar.
  • 08:07 WIB. SMF - SMF kembali melakukan penandatanganan PKO dengan bank penyalur KPR FLPP.
  • 08:04 WIB. Telkomsel - Telkomsel menggerakkan 15 karyawannya ikut program Employee Volunteering di Purwakarta.
  • 08:03 WIB. PLN - Dirut PLN, Sofyan Basir menjanjikan tarif listrik turun.
  • 08:03 WIB. Mandiri Inhealth - Mandiri Inhealth targetkan pertumbuhan premi 15%-20% sepanjang tahun 2019.

5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer

Foto Berita 5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Influencer marketing adalah salah satu strategi periklanan paling efektif di dunia yang berorientasi digital saat ini. Merek top dunia sedang mengembangkan kampanye pemasaran influencer canggih yang meningkatkan jangkauan dan mendorong penjualan. Berarti melakoni bisnis di bidang influencer marketing jadi begitu menarik bukan?

Pada akhir tahun ini, sekitar 30 persen dari semua pengguna internet akan menggunakan pemblokir iklan. Lebih lanjut, hampir 70 persen dari Generasi Z, yang saat ini terdiri dari remaja, mengambil tindakan aktif untuk menghindari iklan.

Angka-angka ini sangat penting mengingat bahwa pemasar telah mengandalkan iklan online selama beberapa decade. Jadi, jika iklan online tidak berfungsi, apa gunanya? Jawabannya, seperti yang Anda duga, adalah pemasaran influencer. Pemasar di balik merek seperti Nike, Apple, dan Coca-Cola sudah tahu bahwa pemasaran influencer adalah strategi penting yang harus digunakan jika merek akan berkembang di dunia digital baru ini.

Berikut ini adalah kumpulan dari lima strategi yang dipekerjakan para pemasar cerdas untuk memastikan kampanye pemasaran influencer mereka berhasil.

1. Berikan kebebasan kreatif kepada influencer Anda

Jangan pernah mencoba untuk membuat influencer Anda terlalu kuat. Setelah semua, banyak dari mereka telah mendapatkan pengikut mereka karena mereka selalu setia pada diri mereka sendiri.

Percayalah bahwa influencer Anda tahu apa yang diinginkan audiens mereka. Beri mereka ruang untuk mengekspresikan diri dan ikuti naluri mereka. Anda akan mendapatkan konten yang lebih menarik dan inovatif sebagai hasilnya.

2. Bereksperimenlah dengan jejaring sosial yang berbeda

Tidak semua jejaring sosial diciptakan sama, dan jaringan yang berbeda akan tampil berbeda tergantung pada influencer dan industri yang bersangkutan. Hanya karena Instagram adalah jejaring sosial yang panas bukan berarti itu adalah platform terbaik untuk merek Anda. Kembangkan eksperimen terukur untuk menentukan jaringan sosial mana yang paling sesuai untuk kampanye pemasaran influencer Anda.

3. Siapkan iklan pemasaran ulang khusus untuk pengunjung yang dirujuk dari influencer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberhasilan iklan online semakin berkurang karena orang-orang bosan dengan iklan tradisional. Tetapi itu tidak berarti iklan online benar-benar tidak efektif. Bahkan, iklan pemasaran ulang dapat efektif dan tidak mahal bila digunakan dengan benar.

Kembangkan kampanye iklan pemasaran ulang untuk menargetkan orang-orang yang mengunjungi situs web Anda dari tautan pelacakan yang dibagikan oleh influencer. Dengan cara itu Anda dapat mengembangkan iklan yang berbicara langsung kepada audiens ini dan akan dapat memperkuat hasil kampanye influencer Anda.

4. Pastikan Anda memiliki tujuan spesifik dan terukur sebelum diluncurkan

Sangat penting untuk membuat sasaran yang terukur dan realistis yang dibagikan dengan influencer sebelum kampanye Anda ditayangkan. Melakukan hal itu akan memberi influencer Anda suatu lapisan motivasi tambahan, dan bahkan dapat mengilhami dia untuk melakukan beberapa promosi tambahan untuk memastikan Anda mencapai sasaran kampanye Anda.

5. Pantau kompetitor untuk mempercepat kurva belajar Anda

Influencer marketing semakin populer. Pantau pesaing untuk melihat apakah mereka telah menggunakan strategi pemasaran influencer. Jika mereka punya, perhatikan dengan saksama untuk belajar dari keberhasilan atau kesalahan mereka.

Jika pesaing belum meluncurkan kampanye pemasaran influencer, itu juga penting. Anda mungkin memiliki keuntungan penggerak pertama yang dapat meningkatkan kinerja kampanye.

Terapkan kelima strategi tersebut untuk memastikan bisnis Anda dapat berkembang dengan menggunakan pemasaran influencer.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6423.780 10.420 625
2 Agriculture 1585.056 4.391 21
3 Mining 1869.559 5.276 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.324 6.713 71
5 Miscellanous Industry 1416.122 3.773 46
6 Consumer Goods 2620.437 -2.533 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.732 -7.343 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1142.331 -2.336 71
9 Finance 1224.233 5.952 91
10 Trade & Service 792.311 2.820 153
No Code Prev Close Change %
1 PSDN 200 270 70 35.00
2 HOME 108 145 37 34.26
3 AGRS 374 466 92 24.60
4 SQMI 246 306 60 24.39
5 CANI 210 254 44 20.95
6 ASBI 252 300 48 19.05
7 PADI 780 920 140 17.95
8 TIRT 66 75 9 13.64
9 TNCA 183 206 23 12.57
10 CNTX 478 535 57 11.92
No Code Prev Close Change %
1 ABDA 4,480 3,360 -1,120 -25.00
2 NOBU 1,000 840 -160 -16.00
3 INCF 350 296 -54 -15.43
4 TIRA 312 270 -42 -13.46
5 BGTG 110 97 -13 -11.82
6 GLOB 545 482 -63 -11.56
7 VICO 119 107 -12 -10.08
8 SAFE 208 190 -18 -8.65
9 NIPS 398 364 -34 -8.54
10 APEX 1,295 1,190 -105 -8.11
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 VICO 119 107 -12 -10.08
3 INDY 1,935 2,090 155 8.01
4 UNTR 26,050 26,850 800 3.07
5 KPAS 224 210 -14 -6.25
6 ERAA 2,450 2,310 -140 -5.71
7 BBRI 3,780 3,810 30 0.79
8 ADRO 1,460 1,460 0 0.00
9 TLKM 3,990 3,990 0 0.00
10 BUMI 159 164 5 3.14