Portal Berita Ekonomi Jum'at, 16 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:10 WIB. Inflasi - Bank Indonesia memperkirakan inflasi di tahun 2018 masih terkendali di kisaran 3,2% (yoy).
  • 16:10 WIB. Inflasi - Per Oktober 2018, Bank Indonesia mencatat inflasi sebesar 0,28% (mtm) atau 3,16% (yoy). 
  • 15:27 WIB. Kimia Farma - Kimia Farma memberikan bantuan penyediaan sarana air bersih di Desa Girisuko, Yogyakarta.
  • 15:06 WIB. PLN - PLN menyatakan sistem kelistrikan di Sulbagsel berangsur pulih.
  • 14:48 WIB. Saham - Hari pertama perdagangan, saham POLA terangkat naik 68,88% ke level Rp228. 
  • 14:45 WIB. IHSG - Sejak perdagangan sesi II, IHSG menghijau 1,10% ke level Rp6.021.33.
  • 14:45 WIB. IPO - BEI optimis tahun ini ada 65 perusahaan lakukan IPO. 
  • 14:14 WIB. Sandiaga - Kita berencana mendapatkan donatur untuk dana kampanye.
  • 14:14 WIB. Sandiaga - Akan ada revisi kebutuhan dana kampanye.
  • 14:13 WIB. Sandiaga - Sekitar 2-3 bulan ini, hampir Rp30 habis terpakai kampanye.
  • 14:11 WIB. Sandiaga - Formula dipakai agar bukan Gerindra saja  yang diuntungkan, tapi partai pendukung lain.
  • 14:11 WIB. Sandiaga - Kita sudah menemukan formula untuk kampanye bersama Demokrat.
  • 14:10 WIB. Sandiaga - Kritik SBY ke Prabowo adalah masukan kami.
  • 14:08 WIB. Arief Puyono - AHY dapat diproyeksikan untuk 2024 jika Prabowo-Sandi terpilih.
  • 14:08 WIB. Arief Puyono - Jika Prabowo terpilih, AHY bakal disiapkan untuk posisi menteri.

5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer

Foto Berita 5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Influencer marketing adalah salah satu strategi periklanan paling efektif di dunia yang berorientasi digital saat ini. Merek top dunia sedang mengembangkan kampanye pemasaran influencer canggih yang meningkatkan jangkauan dan mendorong penjualan. Berarti melakoni bisnis di bidang influencer marketing jadi begitu menarik bukan?

Pada akhir tahun ini, sekitar 30 persen dari semua pengguna internet akan menggunakan pemblokir iklan. Lebih lanjut, hampir 70 persen dari Generasi Z, yang saat ini terdiri dari remaja, mengambil tindakan aktif untuk menghindari iklan.

Angka-angka ini sangat penting mengingat bahwa pemasar telah mengandalkan iklan online selama beberapa decade. Jadi, jika iklan online tidak berfungsi, apa gunanya? Jawabannya, seperti yang Anda duga, adalah pemasaran influencer. Pemasar di balik merek seperti Nike, Apple, dan Coca-Cola sudah tahu bahwa pemasaran influencer adalah strategi penting yang harus digunakan jika merek akan berkembang di dunia digital baru ini.

Berikut ini adalah kumpulan dari lima strategi yang dipekerjakan para pemasar cerdas untuk memastikan kampanye pemasaran influencer mereka berhasil.

1. Berikan kebebasan kreatif kepada influencer Anda

Jangan pernah mencoba untuk membuat influencer Anda terlalu kuat. Setelah semua, banyak dari mereka telah mendapatkan pengikut mereka karena mereka selalu setia pada diri mereka sendiri.

Percayalah bahwa influencer Anda tahu apa yang diinginkan audiens mereka. Beri mereka ruang untuk mengekspresikan diri dan ikuti naluri mereka. Anda akan mendapatkan konten yang lebih menarik dan inovatif sebagai hasilnya.

2. Bereksperimenlah dengan jejaring sosial yang berbeda

Tidak semua jejaring sosial diciptakan sama, dan jaringan yang berbeda akan tampil berbeda tergantung pada influencer dan industri yang bersangkutan. Hanya karena Instagram adalah jejaring sosial yang panas bukan berarti itu adalah platform terbaik untuk merek Anda. Kembangkan eksperimen terukur untuk menentukan jaringan sosial mana yang paling sesuai untuk kampanye pemasaran influencer Anda.

3. Siapkan iklan pemasaran ulang khusus untuk pengunjung yang dirujuk dari influencer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberhasilan iklan online semakin berkurang karena orang-orang bosan dengan iklan tradisional. Tetapi itu tidak berarti iklan online benar-benar tidak efektif. Bahkan, iklan pemasaran ulang dapat efektif dan tidak mahal bila digunakan dengan benar.

Kembangkan kampanye iklan pemasaran ulang untuk menargetkan orang-orang yang mengunjungi situs web Anda dari tautan pelacakan yang dibagikan oleh influencer. Dengan cara itu Anda dapat mengembangkan iklan yang berbicara langsung kepada audiens ini dan akan dapat memperkuat hasil kampanye influencer Anda.

4. Pastikan Anda memiliki tujuan spesifik dan terukur sebelum diluncurkan

Sangat penting untuk membuat sasaran yang terukur dan realistis yang dibagikan dengan influencer sebelum kampanye Anda ditayangkan. Melakukan hal itu akan memberi influencer Anda suatu lapisan motivasi tambahan, dan bahkan dapat mengilhami dia untuk melakukan beberapa promosi tambahan untuk memastikan Anda mencapai sasaran kampanye Anda.

5. Pantau kompetitor untuk mempercepat kurva belajar Anda

Influencer marketing semakin populer. Pantau pesaing untuk melihat apakah mereka telah menggunakan strategi pemasaran influencer. Jika mereka punya, perhatikan dengan saksama untuk belajar dari keberhasilan atau kesalahan mereka.

Jika pesaing belum meluncurkan kampanye pemasaran influencer, itu juga penting. Anda mungkin memiliki keuntungan penggerak pertama yang dapat meningkatkan kinerja kampanye.

Terapkan kelima strategi tersebut untuk memastikan bisnis Anda dapat berkembang dengan menggunakan pemasaran influencer.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5955.736 97.443 615
2 Agriculture 1423.963 12.836 20
3 Mining 1853.228 -3.981 47
4 Basic Industry and Chemicals 779.183 6.043 71
5 Miscellanous Industry 1415.509 50.792 45
6 Consumer Goods 2347.142 47.921 49
7 Cons., Property & Real Estate 416.915 6.341 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1070.072 28.920 71
9 Finance 1123.151 17.207 90
10 Trade & Service 806.748 7.155 150
No Code Prev Close Change %
1 SURE 1,885 2,350 465 24.67
2 KPAS 470 585 115 24.47
3 GIAA 200 238 38 19.00
4 HDTX 166 197 31 18.67
5 RODA 330 390 60 18.18
6 YPAS 595 690 95 15.97
7 GLOB 178 204 26 14.61
8 NUSA 222 254 32 14.41
9 LION 600 680 80 13.33
10 CTTH 98 110 12 12.24
No Code Prev Close Change %
1 AKSI 300 254 -46 -15.33
2 APEX 1,730 1,520 -210 -12.14
3 LPLI 116 102 -14 -12.07
4 UNIC 3,890 3,520 -370 -9.51
5 PRIM 935 855 -80 -8.56
6 KONI 156 143 -13 -8.33
7 LCKM 326 300 -26 -7.98
8 BMSR 155 144 -11 -7.10
9 ALMI 344 320 -24 -6.98
10 MTSM 136 127 -9 -6.62
No Code Prev Close Change %
1 LPPS 108 103 -5 -4.63
2 PTBA 4,880 4,700 -180 -3.69
3 KPAS 470 585 115 24.47
4 DEAL 352 352 0 0.00
5 TKIM 12,325 12,050 -275 -2.23
6 WSKT 1,420 1,500 80 5.63
7 TLKM 3,750 3,910 160 4.27
8 ASII 8,175 8,525 350 4.28
9 BBRI 3,350 3,410 60 1.79
10 SMGR 10,000 10,300 300 3.00