Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer

5 Strategi Pasarkan Bisnis dengan Manfaatkan Influencer Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Influencer marketing adalah salah satu strategi periklanan paling efektif di dunia yang berorientasi digital saat ini. Merek top dunia sedang mengembangkan kampanye pemasaran influencer canggih yang meningkatkan jangkauan dan mendorong penjualan. Berarti melakoni bisnis di bidang influencer marketing jadi begitu menarik bukan?

Pada akhir tahun ini, sekitar 30 persen dari semua pengguna internet akan menggunakan pemblokir iklan. Lebih lanjut, hampir 70 persen dari Generasi Z, yang saat ini terdiri dari remaja, mengambil tindakan aktif untuk menghindari iklan.

Angka-angka ini sangat penting mengingat bahwa pemasar telah mengandalkan iklan online selama beberapa decade. Jadi, jika iklan online tidak berfungsi, apa gunanya? Jawabannya, seperti yang Anda duga, adalah pemasaran influencer. Pemasar di balik merek seperti Nike, Apple, dan Coca-Cola sudah tahu bahwa pemasaran influencer adalah strategi penting yang harus digunakan jika merek akan berkembang di dunia digital baru ini.

Berikut ini adalah kumpulan dari lima strategi yang dipekerjakan para pemasar cerdas untuk memastikan kampanye pemasaran influencer mereka berhasil.

1. Berikan kebebasan kreatif kepada influencer Anda

Jangan pernah mencoba untuk membuat influencer Anda terlalu kuat. Setelah semua, banyak dari mereka telah mendapatkan pengikut mereka karena mereka selalu setia pada diri mereka sendiri.

Percayalah bahwa influencer Anda tahu apa yang diinginkan audiens mereka. Beri mereka ruang untuk mengekspresikan diri dan ikuti naluri mereka. Anda akan mendapatkan konten yang lebih menarik dan inovatif sebagai hasilnya.

2. Bereksperimenlah dengan jejaring sosial yang berbeda

Tidak semua jejaring sosial diciptakan sama, dan jaringan yang berbeda akan tampil berbeda tergantung pada influencer dan industri yang bersangkutan. Hanya karena Instagram adalah jejaring sosial yang panas bukan berarti itu adalah platform terbaik untuk merek Anda. Kembangkan eksperimen terukur untuk menentukan jaringan sosial mana yang paling sesuai untuk kampanye pemasaran influencer Anda.

3. Siapkan iklan pemasaran ulang khusus untuk pengunjung yang dirujuk dari influencer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberhasilan iklan online semakin berkurang karena orang-orang bosan dengan iklan tradisional. Tetapi itu tidak berarti iklan online benar-benar tidak efektif. Bahkan, iklan pemasaran ulang dapat efektif dan tidak mahal bila digunakan dengan benar.

Kembangkan kampanye iklan pemasaran ulang untuk menargetkan orang-orang yang mengunjungi situs web Anda dari tautan pelacakan yang dibagikan oleh influencer. Dengan cara itu Anda dapat mengembangkan iklan yang berbicara langsung kepada audiens ini dan akan dapat memperkuat hasil kampanye influencer Anda.

4. Pastikan Anda memiliki tujuan spesifik dan terukur sebelum diluncurkan

Sangat penting untuk membuat sasaran yang terukur dan realistis yang dibagikan dengan influencer sebelum kampanye Anda ditayangkan. Melakukan hal itu akan memberi influencer Anda suatu lapisan motivasi tambahan, dan bahkan dapat mengilhami dia untuk melakukan beberapa promosi tambahan untuk memastikan Anda mencapai sasaran kampanye Anda.

5. Pantau kompetitor untuk mempercepat kurva belajar Anda

Influencer marketing semakin populer. Pantau pesaing untuk melihat apakah mereka telah menggunakan strategi pemasaran influencer. Jika mereka punya, perhatikan dengan saksama untuk belajar dari keberhasilan atau kesalahan mereka.

Jika pesaing belum meluncurkan kampanye pemasaran influencer, itu juga penting. Anda mungkin memiliki keuntungan penggerak pertama yang dapat meningkatkan kinerja kampanye.

Terapkan kelima strategi tersebut untuk memastikan bisnis Anda dapat berkembang dengan menggunakan pemasaran influencer.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: