Portal Berita Ekonomi Sabtu, 17 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:01 WIB. KAI - KAI menegaskan tidak ada sengketa aset dalam proyek Skybridge Tanah Abang.
  • 22:00 WIB. KAI - KAI menyatakan pihaknya segera mencopot iklan rokok di areal stasiun.
  • 20:31 WIB. Himbara - Himpunan Bank Milik Negara berencana merilis produk QR code di awal tahun depan.
  • 20:30 WIB. TLKM - Telkom dikabarkan akan menyuntik Go-Jek senilai Rp4 triliun.
  • 20:30 WIB. TLKM - Merebaknya kabar akan menyuntik Go-Jek, berhasil melesatkan saham Telkom.
  • 20:29 WIB. BNI - BNI gelar forum bisnis bersama KJRI New York dengan tema Business Forum on TTI in Indonesia.
  • 20:29 WIB. BNI - BNI mencatatkan pertumbuhan transaksi trade finance di cabang New York sebesar 24,62% yoy pada kuartal III-2018.
  • 20:27 WIB. AXA - AXA Mandiri memperluas akses keuangan generasi milenial yang sejalan dengan program Insurance Day 2018.
  • 20:27 WIB. TLKM - Telkom tengah menjajaki pembelian sejumlah saham di Go-Jek.
  • 20:25 WIB. Mandiri - Mandiri: ke depan akan ada perubahan transaksi di merchant dari menggunakan mesin EDC digantikan mesin dan kode QR.
  • 20:22 WIB. Telkom - Telkom meraih penghargaan ASEAN Engineering Award dalam CAFEO-36.
  • 20:21 WIB. Soeta - Bandara Soekarno-Hatta masuk Top 10 Megahub dunia.

Masyarakat Diskusikan Kondisi Penerbangan Lion Air JT 610 Lewat Aplikasi FlightRadar24

Foto Berita Masyarakat Diskusikan Kondisi Penerbangan Lion Air JT 610 Lewat Aplikasi FlightRadar24
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Jatuhnya pesawat Lion Air JT610 menjadi topik yang ramai dibicarakan di media sosial Twitter. Bahkan, di trending topic Twitter Indonesia, tagar #LionAir dan #JT610 ada di urutan paling atas. Tak hanya berisikan ucapan bela sungkawa dan doa, beberapa pun membahas kondisi grafik Speed & Altitude pada penerbangan Lion Air JT 610 melalui aplikasi FlightRadar24.

Dalam akun dengan nama pengguna @benakribo, terdapat grafik berisi perbandingan antara penerbangan normal pesawat JT616 menuju Pangkal Pinang dengan penerbangan JT610 yang diperoleh dari aplikasi FlightRadar24. Aplikasi tersebut mengizinkan penggunanya untuk melihat pergerakan pesawat di seluruh dunia secara realtime.

"Revisi: perbedaan grafik Speed & Altitude pada penerbangan normal dan penerbangan #JT610 menuju Pangkal Pinang terlihat jelas, terutama di 11 menit pertama. (Pesawat hilang kontak di menit ke-12," tulis akun tersebut.

Ia kemudian menjelaskan di kicauannya yang lain, berdasarkan grafik dari aplikasi tersebut, pada 11 menit pertama, pesawat JT610 mengalami kesulitan untuk naik ke atas setelah berada di ketinggian sekitar 5.500 kaki. Sementara, di grafik pesawat JT616, pada 11 menit pertama penerbangan telah sampai di ketinggian sekitar 25.000 kaki.

"Jika kita perhatikan lebih detil lagi, pesawat JT616 tidak mengalami penurunan kecepatan di menit-menit awal penerbangan, meskipun saat menanjak tinggi. Namun, JT610 kecepatannya justru berkurang saat menanjak tinggi di menit ke-3 penerbangan," lanjutnya.

Berdasarkan grafik tersebut, Bena kembali menuliskan, meski kecepatan semakin menurun saat naik, pesawat berhasil sampai di ketinggian 5.500 kaki. Kemudian, pada menit ke-4 hingga ke-5, grafik menurun, menandakan pesawat sepertinya gagal untuk melanjutkan naik. Setelah itu, ketinggian dan kecepatan menjadi tidak stabil sampai menit ke-10, dan pesawat pun menukik ke bawah.

Pemilik akun @Bruny1kenobi pun menuliskan, "Sepertinya penumpang #JT610 telah mengalami ketidaknyamanan sejak pesawat lepas landas. Pada menit 1.20, altitude menurun hingga 575 kaki (selama 25 detik), kemudian kembali turun hingga 550 kaki (selama 15 detik), lalu turun lagi sampai 1.200 kaki (10 detik). Pilot meminta untuk kembali."

Pesawat yang dikomandoi Kapten Bhavye Suneja dengan kopilot Harvino itu memang sempat meminta kembali ke base, sebelum akhirnya hilang kontak di menit kedua belas penerbangan.

Sementara itu, pemilik akun Michael Subagyo menuliskan ucapan belasungkawa terhadap korban, disertai dengan sebuah ilustrasi mengenai perasaan keluarga korban yang ditinggalkan. Ia pun menyertakan tulisan 'Pray for JT 610' dalam ilustrasi tersebut.

"Saya haturkan belasungkawa dan doa untuk para korban jatuhnya Lion Air JT610, beserta keluarga mereka. Semoga Tuhan melindungi," tulisnya pada Senin (29/10/2018) pukul 10.57 WIB.

Tag: Lion Air

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Istimewa

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35