Portal Berita Ekonomi Kamis, 15 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 07:24 WIB. Facebook - Riset ungkap Facebook bikin pengguna kesepian dan depresi.
  • 07:23 WIB. IMOS - Perputaran duit IMOS 2018 tembus Rp50 miliar.
  • 07:23 WIB. WhatsApp - Berantas hoaks, WhatsApp gelontorkan Rp745 juta.
  • 07:23 WIB. Grab - Grab dan UOB jalin kerja sama untuk garap pasar Asean. 
  • 07:22 WIB. Indosat - Indosat klaim tak ada kerja sama soal SMS scam pinjam online.
  • 07:22 WIB. Hyundai - Hyundai bangun jalur tes lurus terpanjang di Korea Selatan.
  • 07:20 WIB. Grab - Grab bantah telah blokir sepihak akun mitra.
  • 07:12 WIB. Indosat - Indosat bungkam saat ditanya soal akuisisi XL.
  • 07:12 WIB. Apple - Pendiri Apple, Steve Wozniak kini tak yakin mobil otonom akan jadi kenyataan.
  • 07:11 WIB. Spotify - Spotify rilis aplikasi resmi buat Apple Watch.
  • 07:03 WIB. Telkomsel - Telkomsel bikin T-Perpus untuk tingkatkan minat baca masyarakat.
  • 07:02 WIB. Indosat - Indosat tegaskan tak cuma fokus ke layanan jaringan, tapi juga perkuat sektor TIK.
  • 07:00 WIB. Uber - Uber umumkan telan kerugian Rp15 triliun.
  • 23:05 WIB. BRI - BRI salurkan kredit senilai Rp1,2 triliun kepada PLN.
  • 23:03 WIB. PPRO - PP Properti yakin bukukan marketing sales Rp3,8 triliun tahun ini.

Hadapi Perubahan Tren Belanja Konsumen di Era Digital, GoToMalls Terapkan Omnichannel

Foto Berita Hadapi Perubahan Tren Belanja Konsumen di Era Digital, GoToMalls Terapkan Omnichannel
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Meski tingkat penjualan ritel di Indonesia masih didominasi physical store (toko ritel offline), tetap saja terjadi pergeseran tren yang membuat perilaku konsumen berubah. Berdasarkan riset yang dirilis McKinsey pada 2018, sebesar 94% konsumen di dunia sudah melibatkan internet dalam berbelanja. Kini, mayoritas konsumen di dunia menggunakan internet dalam kegiatan berbelanjanya.

Pendiri dan CEO GoToMalls Bruno Zysman berpendapat, sekitar 20% konsumen melakukan riset secara online lebih dulu sebelum membeli suatu produk pada ritel offline, sedangkan 30% lainnya melihat dan mencoba produk di toko offline dan membelinya melalui saluran online. Hal tersebut didukung pula dengan penetrasi pengguna internet di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 50% penduduknya, yakni sekitar 132,7 juta (per Januari 2018).

"Hal ini memang menjadi gambaran dari pembeli generasi baru dengan kebiasaan berbelanja yang telah berubah, di mana Gen X tidak hanya datang ke toko fisik untuk melihat harga, namun lebih dari itu mereka mencari pengalaman (berbelanja), di sisi lain, milenial cenderung lebih menyukai pembelian secara instan," kata Bruno dalam pernyataan tertulis, Selasa (30/10/2018).

Oleh karena itu, untuk menarik daya beli konsumen di toko ritel fisik, pemilik ritel harus mampu melakukan perubahan pada toko fisik agar pengalaman berbelanja konsumen meningkat. Perubahan tersebut dapat diwujudkan lewat inovasi teknologi atau pun nonteknologi. Contoh inovasi tersebut telah dilakukan oleh beberapa brand ternama di dunia, seperti Nike yang menyediakan arena jogging di dalam toko agar konsumen bisa mencoba sepatunya lebih dulu. Ada pula Nespresso yang memberikan kesempatan pada konsumen untuk mencicipi secangkir kopi sebelum membelinya.

"Kami melihat pergeseran tren tersebut sebagai potensi besar untuk industri ritel Indonesia. Untuk itu, kami sebagai startup retail tech yang terus melahirkan inovasi untuk menjadi jembatan antara potensi tersebut dengan pengalaman berbelanja secara langsung di toko ritel fisik," kata Bruno lagi.

Menurutnya, dengan begitu, industri ritel konvensional dapat terus mengikuti perkembangan teknologi. Caranya, dengan memanfaatkan Omnichannel sebagai saluran pemasaran. Omnichannel menitikberatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja, baik dengan menggunakan saluran offline maupun online.

Bruno berpendapat, "Menghadirkan pengalaman berbelanja bagi konsumen di toko fisik merupakan tantangan tersendiri untuk para peritel, sebab hal itu lah yang mampu membedakan mereka dengan e-commerce. Omnichannel adalah jawaban untuk tantangan itu."

Dengan pengalaman berbelanja di toko ritel fisik yang akan diberikan Omnichannel kepada konsumen, pemasarannya menjadi peluang yang harus dimanfaatkan para peritel. Karena lewat hal tersebut, akan ada penawaran pengalaman yang berbeda ketika konsumen belanja di toko fisik. Hal itu akan menjadi daya tarik agar konsumen datang ke toko peritel.

Tag: GoToMalls.com

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,953.45 3,913.79
British Pound GBP 1.00 19,296.98 19,098.51
China Yuan CNY 1.00 2,136.68 2,115.36
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,829.00 14,681.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,703.57 10,595.28
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,893.36 1,874.39
Dolar Singapura SGD 1.00 10,740.98 10,632.24
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,759.74 16,589.53
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.14 3,499.64
Yen Jepang JPY 100.00 13,025.03 12,891.64

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5858.293 23.095 615
2 Agriculture 1411.127 -32.663 20
3 Mining 1857.209 -4.113 47
4 Basic Industry and Chemicals 773.140 27.129 71
5 Miscellanous Industry 1364.717 23.298 45
6 Consumer Goods 2299.221 20.658 49
7 Cons., Property & Real Estate 410.574 -3.603 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1041.152 -17.914 71
9 Finance 1105.944 2.470 90
10 Trade & Service 799.593 0.330 150
No Code Prev Close Change %
1 SURE 1,510 1,885 375 24.83
2 DEAL 282 352 70 24.82
3 SOSS 1,250 1,560 310 24.80
4 YPAS 492 595 103 20.93
5 BBLD 402 482 80 19.90
6 GLOB 150 178 28 18.67
7 PSDN 180 210 30 16.67
8 RIGS 206 238 32 15.53
9 LPPS 95 108 13 13.68
10 KKGI 350 394 44 12.57
No Code Prev Close Change %
1 HDTX 216 166 -50 -23.15
2 DUTI 5,350 4,280 -1,070 -20.00
3 GMTD 15,900 12,725 -3,175 -19.97
4 IBST 9,800 8,000 -1,800 -18.37
5 TAMU 2,750 2,430 -320 -11.64
6 ATIC 905 805 -100 -11.05
7 TIRA 157 142 -15 -9.55
8 KONI 172 156 -16 -9.30
9 MYTX 121 110 -11 -9.09
10 LSIP 1,120 1,025 -95 -8.48
No Code Prev Close Change %
1 TKIM 11,150 12,325 1,175 10.54
2 PTBA 4,650 4,880 230 4.95
3 SRIL 366 366 0 0.00
4 WSKT 1,515 1,420 -95 -6.27
5 LPPF 4,790 4,550 -240 -5.01
6 HMSP 3,300 3,370 70 2.12
7 DEAL 282 352 70 24.82
8 TLKM 3,830 3,750 -80 -2.09
9 INKP 11,025 11,700 675 6.12
10 BHIT 78 78 0 0.00